uefau17.com

BPOM Pastikan Indomie Rasa Ayam Spesial Aman Dikonsumsi, Ini Penjelasannya! - Lifestyle

, Jakarta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memastikan bahwa mi instan merek Indomie Rasa Ayam Spesial yang diproduksi oleh PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk di Indonesia aman dikonsumsi masyarakat.

"Di Indonesia produk mi instan tersebut aman dikonsumsi, karena telah memenuhi persyaratan keamanan dan mutu produk sebelum beredar," bunyi keterangan tertulis yang disiarkan BPOM, Kamis (27/4/2023).

Pernyataan tersebut dikeluarkan guna merespons temuan Otoritas Kesehatan di Taiwan terkait dengan senyawa Etilen Oksida (EtO) pada produk mi instan yang berasal dari Indonesia. Pasalnya, Taiwan tidak memperbolehkan EtO pada pangan.

Indofood Telah Lakukan Mitigasi Risiko

BPOM juga telah melakukan audit investigatif sebagai tindak lanjut terhadap hasil pengawasan Otoritas Kesehatan Kota Taipei.

"Industri termasuk Indofood pun telah melakukan langkah-langkah mitigasi risiko untuk memastikan residu EtO memenuhi ketentuan," tulis keterangan BPOM.

BPOM menyatakan bahwa mitigasi tersebut dilakukan dengan mengidentifikasi bahan baku yang potensial mengandung residu EtO, menetapkan persyaratan CoA residu EtO pada bahan baku impor, menetapkan persyaratan evaluasi pemasok tidak menggunakan EtO untuk bahan baku lokal, dan melakukan pengujian residu EtO di laboratorium internal yang terakreditasi.

"Itu dilakukan sebagai bagian dari monitoring rutin kesesuaian spesifikasi bahan baku di sarana produksi maupun untuk rilis produk ekspor," bunyi BPOM dalam keterangan tertulis.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Upaya yang Dilakukan BPOM

Berbagai upaya dilakukan BPOM guna melindungi kesehatan masyarakat dan mencegah terjadinya temuan serupa terulang terhadap produk sejenis yang berpotensi merusak reputasi produk Indonesia.

BPOM telah menerbitkan Keputusan Kepala BPOM Nomor 229 Tahun 2022 tentang Pedoman Mitigasi Risiko Kesehatan Senyawa Etilen Oksida sebagai upaya proaktif pemerintah memberikan perlindungan masyarakat dan acuan bagi pelaku usaha untuk segera melakukan mitigasi risiko.

BPOM juga melakukan sosialisasi atau pelatihan secara berkala kepada asosiasi pelaku usaha dan eksportir produk pangan termasuk eksportir ke Taiwan, terkait dengan peraturan terbaru yang berlaku di negara tujuan ekspor.

Maka dari itu dapat dipastikan bahwa produk Indomie Ayam Spesial yang di produksi oleh PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk di Indonesia aman dikonsumsi masyarakat.

 

(*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat