uefau17.com

Aksi Pilot Bagi-Bagi THR Lebaran Idul Fitri ke Penumpang Pesawat - Lifestyle

, Jakarta - Seorang pilot Malaysia dipuji warganet karena mengucapkan selamat tinggal pada semua penumpangnya dan memberikan THR Lebaran Idul Fitri pada anak-anak di pesawat saat mereka hendak turun. Pada 12 April 2023, pilot, yang dikenal sebagai Kapten JFK di TikTok, mengunggah video dirinya mengucapkan selamat tinggal pada para penumpang pesawat.

Video berdurasi satu setengah menit tersebut memperlihatkan pilot AirAsia itu meletakkan tangan di dadanya dan memberi sedikit anggukan pada penumpang saat mereka meninggalkan pesawat. Ia juga terlihat berlutut saat memberi uang Lebaran pada para penumpang anak.

Tampaknya, sebagaimana dirangkum Mothership, Minggu, 23 April 2023, ia juga memulai percakapan singkat dengan beberapa anak sebelum mengucapkan selamat tinggal pada mereka. Dalam keterangan video, yang saat artikel ini ditulis sudah mencapai 120 ribu penayangan, ia menulis, "Kami berangkat lebih awal dan mendarat lebih awal."

"Selalu merupakan berkah ketika kami bertemu dengan tamu 'lebih muda' kami yang #FlyAirAsia. Terima kasih atas senyuman anak-anak," sambungnya.

Di kolom komentar, banyak warganet memuji pilot tersebut, dan sebagai tanggapan atas banyak komentar seperti itu, ia secara bergiliran memberi pujian pada timnya. "Ini selalu tentang kerja tim, selalu. Terima kasih sudah terbang bersama AirAsia. Sampai bertemu kembali," tulisnya.

Sementara, seorang komentator mengungkap betapa "mengharukan" saat pilot itu berlutut saat memberi THR Lebaran Idul Fitri pada anak-anak guna menatap langsung ke mata mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tidak Hanya Bekerja Sebagai Pilot

Rupanya, pilot ini lebih dari sekadar menerbangkan pesawat. Beberapa telah mengenalinya sebagai DJ radio. "Saya masih (siaran) setiap hari Sabtu," balasnya.

Di cerita berbeda, cobaan mudik Idul Fitri justru harus dihadapi penumpang pesawat yang merupakan TikToker bernama Abby. Lewat unggahan di akun TikTok-nya, beberapa waktu lalu, ia berbagi pengalaman mengecewakan tentang penerbangan delay yang membuatnya terpaksa mengeluarkan uang ekstra.

Melansir Says, 19 April 2023, dalam sebuah video berdurasi satu menit, Abby menyebut terpaksa mengambil penerbangan transit di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) dalam perjalanan pulang ke kampung halamannya di Kota Kinabalu (KK), Sabah. Wanita yang terbang dari Penang ini menambahkan bahwa ia tidak keberatan membayar 800 ringgit (sekitar Rp2,7 juta) untuk penerbangan tersebut.

Tapi, ia terkejut karena dengan harga tiket pesawat itu, ia belum mendapat penerbangan langsung. Ia berbagi, "Biasanya saya terbang dari Penang langsung ke KK. Tapi karena libur lebaran, semua tiket sudah ludes, dan saya harus transit ke Kuala Lumpur (KL)."

3 dari 4 halaman

Bayar Biaya Ekstra

Lebih buruk lagi, penerbangan Abby dari Penang ke KL terlambat, menyebabkan ia ketinggalan penerbangan lanjutan dari KL ke KK. Abby mengatakan bahwa ia dengan cemas menatap arlojinya sepanjang penerbangan ke KL dan mulai menangis ketika menyadari ia akan ketinggalan penerbangan selanjutnya.

"Ketika saya tiba di KL, saya mengecek waktu dan tahu bahwa saya sudah ketinggalan pesawat," kata si penumpang pesawat.

Mahasiswa itu kemudian menelepon ibunya untuk melihat apakah ada penerbangan lain yang bisa ia ambil. Namun, semua penerbangan lainnya mahal, dengan yang termurah berharga 641 ringgit (sekitar Rp2,1 juta) untuk tiket sekali jalan.

Ia juga melampirkan tangkapan layar dari percakapannya dengan ibunya, yang mengatakan bahwa ia bersedia membayar ekstra 641 ringgit untuk pulang dengan selamat. "Apakah kalian tahu betapa sulitnya jadi orang Sabah di sini?" ia bertanya sambil menangis dalam video tersebut.

Videonya yang mengharukan jadi viral, memicu perdebatan sengit di kalangan warganet yang juga percaya bahwa tiket pesawat ke Sabah selalu dibanderol dengan harga selangit. Seorang pengguna berkomentar bahwa jadi orang Sabah di Semenanjung Malaysia sangatlah sulit.

"Saya tidak mengerti mengapa penerbangan ke Sabah begitu mahal meski berada di Malaysia. Kasihan semua orang Sabah dan Sarawak," komentar seorang pengguna.

Yang lain berkomentar bahwa mereka menangis menonton video tersebut karena memahami perjuangan jadi mahasiswa Sabah yang belajar di Semenanjung Malaysia. "Tiap tahun tiket pesawatnya seperti ke luar negeri," tulis mereka.

4 dari 4 halaman

Mudik Lebaran Idul Fitri 2023 di Indonesia

Di Indonesia, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat, sebanyak 1.207.698 kendaraan sudah meninggalkan wilayah Jabotabek via jalan tol selama enam hari mudik Lebaran 2023, lapor kanal Bisnis . Perhitungannya, yakni pada H-7 sampai H-2 Hari Raya Idul Fitri 1444 H, atau  Sabtu--Selasa, 15--20 April 2023.

Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas dari empat Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama: GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), GT Cikampek Utama (arah Trans Jawa), dan GT Kalihurip Utama (arah Bandung). Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana, menyebut, total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek meningkat 50,7 persen jika dibandingkan lalin normal, yakni 801.220 kendaraan.

"Jika dibandingkan dengan periode Lebaran 2022, total volume lalin ini naik sebesar 3,6 persen (dari 1.165.991 kendaraan)," katanya dalam keterangan tertulis, Sabtu, 22 April 2023.

Distribusi lalu lintas meninggalkan Jabotabek menuju ketiga arah, mayoritas sebanyak 711.089 kendaraan (58,9 persen) menuju arah timur (Trans Jawa dan Bandung). Kemudian, 286.581 kendaraan (23,7 persen) menuju arah barat (Merak) dan 210.028 kendaraan (17,4 persen) menuju arah selatan (Puncak).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat