uefau17.com

Gaya Istri Pejabat Kemenhub yang Dinonaktifkan Sementara, Pamer Tas Chanel di Pesawat Kelas Bisnis - Lifestyle

, Jakarta - Gaya hidup mewah pejabat belakangan ini semakin dikulik publik. Yang terbaru dan banyak dibahas warganet Indonesia adalah istri pejabat Kementerian Perhubungan atau Kemenhub, Muhammad Rizky Alamsyah.

Akun Twitter PartaiSocmed berbagi potret istri Muhammad Rizky Alamsyah saat sedang melakukan penerbangan dengan business class atau kelas bisnis. Dirinya tampak berfoto sambil menyesap minuman dan menatap ke kamera.

Di sampingnya terlihat sebuah tas mewah dari rumah mode asal Prancis, Chanel. Saat itu, ia diduga membawa Chanel Boy Bag berwarna hitam.

Saat ditelusuri di laman remi Chanel, tas tersebut dibanderol dengan harga yang cukup fantastis. Satu tas Chanel Boy Bag harganya mencapai 7.000 dolar AS atau sekitar Rp105 juta.  Akun Twitter tersebut kemudian mengungkapkan harta yang dimiliki oleh Muhammad Rizky Alamsyah terbilang sedikit. Pada pengumuman laporan harta kekayaan penyelenggara negara, harta pejabat Kemenhub itu tertulis Rp1,4 miliar.

"Tapi dengan jabatan dan posisi yang begitu basah hartanya terbilang sangat sedikit. Setidaknya yang dilaporkan dalam LHKPN," cuit akun tersebut.

Selain tas mewah, terlihat pula sang istri pernah menggunakan mobil BMW dan Pajero. Padahal, kendaraan yang dilaporkan hanya mobil Honda Freed dan motor Honda Vario. Unggahan ini lantas menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan ini.

"Yak, satu lagi istri pejabat doyan flexing diungkap. Halal nggak tuh hartanya?" komentar seorang warganet.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Traveling dan Barang Mewah Pejabat Kemenhub

"Another day another istri pejabat," komentar warganet lainnya.

"Wahai ASN berpenampilan sederhanalah kalian agar tak dicurigai korupsi oleh memed,” tulis warganet lainnya.

Muhammad Rizky Alatas merupakan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Ia dan sang istri yang dinilai warganet suka pamer kemewahan.

Rizky, khususnya sang istri kerap mengunggah foto travelling keliling dunia, juga pamer barang dari brand-brand mewah. Temuan itu dikonfirmasi langsung oleh Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati. Ia pun membenarkan unggahan viral yang beredar dilakukan oleh sang istri.

"Terkait dengan unggahan gaya hidup mewah yang disinyalir dilakukan oleh istri pegawai Kemenhub, kami konfirmasi bahwa yang bersangkutan memang istri pegawai Kemenhub. Pegawai tersebut bernama Muhammad Rizky Alamsyah," ujar Adita kepada tim Bisnis , Minggu (26/3/2023).

Adita menambahkan, Kemenhub juga akan memanggil langsung Rizky dan sang istri atas tindak viralnya. "Saat ini kami tengah memanggil pegawai yang bersangkutan bersama istri untuk dimintai keterangan terkait dengan unggahan tersebut," imbuh dia.

 

3 dari 4 halaman

Kemenhub Menonaktifkan Sementara Muhammad Rizky Alamsyah

Di sisi lain, Adita mengatakan, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi telah berkali-kali menekankan kepada seluruh pegawainya untuk selalu menjaga integritas, berperilaku hidup sederhana, dan tidak memamerkan gaya hidup mewah dalam bentuk apapun, termasuk di media sosial.

"Jika ada pegawai yang terbukti tidak mematuhi hal tersebut tentu akan diambil tindakan sesuai ketentuan yang berlaku," terang Adita.

Kabar terbarunya, Kemenhub menonaktifkan sementara Muhammad Rizky Alamsyah buntut istrinya pamer kekayaan di media sosial.

"Saudara Muhammad Rizky Alamsyah saat ini telah dinonaktifkan sementara dari jabatannya untuk memudahkan dilakukan pemeriksaan lanjutan," kata Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati dalam keterangannya di Jakarta pada Senin (27/3/2023), dikutip dari Antara.

Sebelumnya, kata Adita, Kemenhub pada Minggu malam, 26 Maret 2023 telah meminta keterangan awal terhadap Muhammad Rizky Alamsyah dan istrinya terkait dengan unggahan gaya hidup mewah oleh istri yang bersangkutan.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil, akan segera dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh tim internal yang terdiri dari unsur atasan, unsur pengawasan, dan unsur kepegawaian. 

4 dari 4 halaman

Kemenhub Meminta Maaf

"Jika memang terbukti adanya pelanggaran disiplin tentunya akan diberikan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku," ucap Adita.

Ia menyatakan Kemenhub memohon maaf atas ketidaknyamanan yang timbul akibat permasalahan tersebut. "Kami terus berkomitmen untuk menerapkan nilai-nilai integritas dan pola hidup sederhana," tuturnya.

Sebelumnya, Ditjen Perhubungan Laut juga telah mengeluarkan surat tertanggal 1 Maret 2023 yang ditandatangani oleh Plh Direktur Jenderal Perhubungan Laut Antoni Arif Priadi perihal arahan pelaksanaan pola hidup sederhana kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Ditjen Perhubungan Laut.

Poin-poin yang tercantum dalam surat tersebut, di antaranya berkomitmen menjadi penyelenggara negara yang bersih dan menjaga integritas serta nama baik instansi. Kemudian, berperilaku pola hidup sederhana, tidak memperlihatkan kemewahan dan/atau sikap hidup yang berlebihan serta memperhatikan prinsip-prinsip kepatuhan dan kepantasan.

Lalu, berperilaku bijak dalam menggunakan media sosial untuk hal yang bersifat positif serta tidak menunjukkan gaya hidup mewah ataupun perilaku yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat