uefau17.com

Bandara Changi Singapura Kembali ke Posisi 1 Bandara Terbaik di Dunia 2023 Setelah 2 Tahun Tergelincir - Lifestyle

, Jakarta- Pada 2023, Skytrax - situs pengkaji dan pemeringkat bandara dan maskapai yang berbasis di Inggris - kembali menempatkan bandara satu-satunya di Singapura itu di peringkat 1. Posisi Bandara Changi Singapura sebagai bandara terbaik di dunia kembali tak tergoyahkan. 

Skytrax mengompilasi daftarnya lewat survei kepada para pelancong di seluruh dunia. Mereka meminta responden menilai pengalaman mereka di bandara secara menyeluruh, mulai dari check in hingga keberangkatan dan di antaranya.

Bandara Changi Singapura sempat memegang posisi pertama di daftar yang disusun Skytrax selama delapan tahun berturut-turut. Namun, posisinya tergelincir pada 2021--2022 seiring penurunan jumlah penumpang yang melewati bandara itu selama pandemi. Pemenangnya dalam dua tahun terakhir adalah Bandara Internasional Hamad di Doha, Qatar.

"Bandara Changi Singapura selalu menjadi favorit abadi para pelancong, dan tentu tergelincir selama Covid-19 ketika operasional mereka dikurangi secara drastis," kata Peter Miller dari Skytrax kepada CNN Travel, dikutip Kamis (16/3/2023).

Miller mengatakan Bandara Changi 'menawarkan sesuatu untuk semua orang' dan dinilai itu sebagai 'kunci pendorong' popularitasnya yang terus berkelanjutan. Beberapa di antara daya tarik Changi adalah air terjun dalam ruang setinggi 40 meter, taman kupu-kupu, dan bioskop IMAX. Belum lagi ada lebih dari 280 toko dan tempat makan yang menjadikannya tempat yang tepat untuk mengisi waktu sembari menunggu penerbangan.

"Changi Singapura awalnya adalah bandara transit, dan dari masukan pelanggan, bandara berkinerja baik sehingga menawarkan fasilitas yang sangat beragam dan kebutuhan untuk semua jenis pelanggan – keluarga, pelancong bisnis, dan rekreasi semuanya dilayani dengan baik," kata Miller.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Posisi Kedua Bandara Terbaik di Dunia 2023

Menyusul Changi adalah Bandara Internasional Hamad di Doha, Qatar. Bandara ini juga menawarkan fasilitas terbaik yang didesain untuk para pelancong transit. Salah satunya tur kota untuk mereka yang harus menunggu lebih dari delapan jam menunggu penerbangan lanjutan.

Skytrax juga menyerahkan penghargaan lain, termasuk hadiah untuk tingkat regional kepada Bandara Changi. Bandara itu menjadi Bandara Terbaik di Asia, Bandara dengan Tempat Makan Terbaik di Dunia, dan Bandara dengan Fasilitas Kenyamanan Terbaik di Dunia.

Tak hanya itu, Crowne Plaza Changi Airport yang menjadi hotel bandara juga dianugerahi sebagai hotel bandara terbaik di dunia dalam delapan tahun berturut-tururt. Sementara, Bandara Internasional Hamad memenangkan Bandara dengan Tempat Belanja Terbaik di Dunia, Bandara Terbaik di Kawasan Timur Tengah, dan Bandara Terbersih di Timur Tengah.

Bandara Haneda di Tokyo juga memperoleh penghargaan sebagai bandara terbersih di dunia. Lalu, Bandara Internasional Bahrain memenangkan Pengiriman Bagasi Bandara Terbaik Dunia. Sedangkan, Bandara Incheon di Korea Selatan merupakan bandara dengan staf dan pemrosesan imigrasi terbaik.

3 dari 4 halaman

Para Bandara Pemenang dari Beragam Kategori

Sementara itu, Bandara New York LaGuardia yang pernah dicela melanjutkan upaya rehabilitasinya yang sukses, dengan Terminal B barunya dianugerahi Terminal Bandara Baru Terbaik Dunia. Bandara Internasional Seattle-Tacoma adalah bandara AS dengan peringkat tertinggi, berada di urutan 18 dalam daftar Skytrax dan dianugerahi Bandara Terbaik di Amerika Utara.

Bandara Internasional Cape Town adalah bandara terbaik di Afrika. Bandara Delhi adalah bandara terbaik di India dan Asia Selatan. Bandara Internasional El Dorado Bogota juga memenangkan penghargaan karena dinilai sebagai Bandara Terbaik di Amerika Selatan.

Tahun ini, tim Skytrax juga menayangkan kategori baru yang merayakan seni bandara, dinilai oleh panel terpisah dan bukan melalui survei pelanggan. The Houston Airport System, yang menawarkan salah satu koleksi seni publik terbesar di negara bagian Texas, memenangkan penghargaan ini atas nama Bandara William P. Hobby dan Bandara George Bush Intercontinental Houston.

 

Sayang, tidak ada satu pun bandara di Indonesia yang meraih penghargaan dalam beragam kategori. Bandara Soekarno Hatta yang berada di Tangerang sempat tercatat sebagai bandara tersibuk ke-8 di dunia menurut survei FlightsFrom.com yang berbasis di Swedia. Situs itu merilis daftar 100 bandara tersibuk di dunia berdasarkan jadwal keberangkatan penerbangan, menggunakan data terbaru per 21 Oktober 2022. 

 

4 dari 4 halaman

Daftar 20 Bandara Terbaik di Dunia Versi Skytrax

Berikut adalah daftar lengkap 20 Bandara Terbaik di Dunia 2023 versi Skytrax:

1. Bandara Changi Singapura

2. Bandara Internasional Hamad

3. Bandara Internasional Tokyo (Haneda)

4. Bandara Internasional Incheon

5. Bandara Charles de Gaulle Paris

6. Bandara Istanbul

7. Bandara Munich

8. Bandara Zurich

9. Bandara Internasional Narita

10. Bandara Barajas Madrid

11. Bandara Internasional Wina

12. Bandara Helsinki-Vantaa

13. Bandara Fiumicino Roma

14. Bandara Kopenhagen

15. Bandara Internasional Kansai

16. Bandara Internasional Chubu Centrair

17. Bandara Internasional Dubai

18. Bandara Internasional Tacoma Seattle

19. Bandara Melbourne

20. Bandara Internasional Vancouver

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat