uefau17.com

Seberapa Perlu Punya Pemanas Air Instan? - Lifestyle

, Jakarta - Bagi negara empat musim, penggunaan pemanas ruangan dan pemanas air instan sudah menjadi satu kebutuhan di kala memasuki musim dingin. Lalu, apakah Indonesia yang beriklim tropis memerlukan pemanas air instan?

Marketing and E-Commerce Director Ariston Indonesia David Karlowee menyampaikan di Indonesia, air panas menjadi satu hal yang sangat dibutuhkan. Pihaknya juga menjalankan survei untuk mengetahui target yang butuh air panas tersebut.

"Setelah dilakukan survei dengan Nielsen, yang paling membutuhkan air panas adalah bayi dan juga orang tua," kata David saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta, Selasa, 14 Maret 2023.

David melanjutkan orang tua yang sudah berusia 65 tahun ke atas sudah tak bisa lagi mandi dengan air dingin. Untuk memenuhi kebutuhan itu, yang dilakukan adalah dengan memasak air.

"Sadar tidak sadar, orang Indonesia itu sebenarnya butuh, hanya saja mereka tidak berpikir lebih daripada itu untuk memiliki water heater karena water heater bisa memberikan kemudahan lain," terangnya.

David melanjutkan, "Penting bagi kita untuk memberikan edukasi kepada konsumen sehingga water heater bisa menyediakan kebutuhan mereka dengan lebih baik, nyaman, dan dengan kualitas yang lebih baik."

Bicara soal pasar yang terbatas hanya untuk untuk bayi baru lahir dan orang tua, David menyebut bahwa masyarakat lainnya pun butuh mandi air hangat. "Mungkin kita tidak sebutuh mereka (bayi dan orang tua) tapi kita butuh yang namanya comfort untuk orang-orang sekarang," jelasnya.

"Setelah kita berolahraga, sangat nyaman sekali mandi menggunakan air panas karena akan bikin rileks, pulang kerja nikmat sekali (mandi air panas)," kata David.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa Kelebihan Pemanas Air Instan?

Selain itu, David juga menyebutkan beberapa kelebihan utama memasang pemanas air instan. Pertama, instalasi yang sangat mudah.

"Kedua, electric instant water heater sebenarnya cukup hemat karena dia memanaskan hanya pada saat pemakaian, perbedaan dengan storage yang harus ada penyimpanan jadi harus memanaskan beberapa kali. Kita punya study dari tim technical kita mencoba menghitung biayanya itu hanya sekitar Rp500 sekali kita mandi," ungkap David.

Dalam penggunaan pemanas air instan sendiri, dikatakan David, ada pula hal-hal yang harus diperhatikan. "Tekanan air, walaupun kita memiliki kemampuan untuk memiliki tekanan air yang paling rendah dibandingkan dengan water heater instant lainnya, tapi tetap ada batas minimum yang perlu diperhatikan," katanya. "Mungkin tetap keluar airnya tapi andaikan airnya sendiri tidak memancar itu kenyamanan kita terganggu," lanjut David.

"Kedua yang harus diperhatikan, listriknya karena instan itu pemanasan langsung jadi listrik awal pasti cukup tinggi saat pemakaian, tapi kalau dibilang dari sisi biayanya kita hanya memakai saat kita memakai saja," jelasnya.

3 dari 4 halaman

Manfaat Mandi Air Panas

Dikutip dari WebMD, setelah seharian bekerja, Anda sangat ingin untuk bergegas pulang dan mandi air panas. Semua orang suka berendam di bak mandi atau mandi air hangat yang panjang.

Anda mungkin tidak tahu bahwa setiap kali mandi air panas, Anda juga menikmati beberapa manfaat kesehatan. Berikut beberapa manfaat mandi air panas bagi pikiran, tubuh, dan kulit.

Bakar beberapa kalori

Saat Anda berendam di bak mandi air panas, Anda membuang beberapa kalori sambil menikmati semua manfaat mandi air hangat yang menenangkan. Mandi air panas dan shower tidak boleh digunakan sebagai pengganti olahraga, dan Anda harus membatasi waktu Anda di kamar mandi saat menggunakan air panas karena dapat meningkatkan risiko luka bakar atau stroke panas.

Jaga agar kulit Anda bersih dan sehat

Mandi air panas dapat membantu membuka pori-pori dan mengeluarkan racun yang terperangkap di kulit sepanjang hari. Air hangat dapat menghasilkan kulit yang lebih segar yang terasa lebih terhidrasi.

4 dari 4 halaman

Tidur lebih baik

Otot-otot di tubuh Anda mungkin terasa tegang setelah hari yang panjang dan mandi air hangat atau mandi air panas dapat membantu Anda rileks, menenangkan tubuh sekaligus menenangkan pikiran. Mandi beberapa jam sebelum tidur benar-benar dapat membantu Anda mencapai tidur yang lebih baik.

Selain itu, membersihkan diri sebelum tidur akan mengurangi penumpukan kuman, kotoran, keringat, dan minyak tubuh yang lama kelamaan dapat menumpuk di tempat tidur Anda. Menjadikan mandi malam sebagai bagian rutin dari rutinitas Anda dapat meningkatkan kualitas tidur dan membantu mengurangi stres.

Namun, Anda harus berhati-hati untuk tidak berendam di bak air hangat terlalu lama sebelum tidur, dan batasi mandi atau shower Anda sekitar 20 menit. Rasakan juga semua manfaat mandi sebelum tidur dengan menghindari mandi terlalu panas atau dingin.

Suhu Terbaik untuk Mandi

Ada beberapa manfaat kesehatan yang dapat Anda peroleh dari mandi air dingin yang dapat membantu mengurangi peradangan, meredakan nyeri, meningkatkan sirkulasi, menurunkan tingkat stres, serta mengurangi nyeri otot dan kelelahan. Sementara itu, mandi air panas dapat meningkatkan kesehatan jantung, menenangkan sendi yang kaku, dan meningkatkan kualitas tidur.

Memahami kapan harus mandi air panas atau dingin sangat penting. Keduanya memberikan manfaat kesehatan potensial yang luar biasa dan dapat memengaruhi tubuh Anda secara berbeda.

Orang dengan radang sendi, misalnya, mungkin mendapat manfaat lebih banyak dari mandi air hangat di pagi hari daripada mandi air dingin karena air lebih mudah di tulang mereka dan memungkinkan mereka mengalami peningkatan mobilitas. Namun, seorang atlet yang menderita cedera olahraga mungkin mendapat manfaat dari mandi air dingin yang dapat membantu mengurangi peradangan.

Hindari mandi yang terlalu dingin atau terlalu panas, yang dapat membahayakan kesehatan Anda. Penting untuk mengetahui jenis efek yang ingin Anda capai atau manfaat yang ingin Anda peroleh dari mandi sebelum memutuskan ke mana harus memutar nozel shower.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat