uefau17.com

Petisi Tolak Donnie Yen Sebagai Presenter Oscar 2023 Raup Lebih dari 105.000 Tanda Tangan, Dianggap Pendukung Pelanggaran HAM - Lifestyle

, Jakarta - Sebuah petisi publik beredar. Isinya memohon Academy Awards pencopotan aktor Hong Kong Donnie Yen sebagai salah satu presenter Oscar 2023, karena hubungannya dengan Partai Komunis Tiongkok yang berkuasa. Petisi itu berhasil meraup lebih dari 105.000 tanda tangan.

Dikutip dari CNN pada Minggu, 12 Maret 2023, aktor berusia 59 tahun yang terkenal karena perannya dalam 'Rogue One: A Star Wars Story' dan franchise 'Ip Man' yang sangat populer, telah lama menjadi sosok kontroversial di kalangan sebagian masyarakat Hong Kong. Donnie Yen kerap mengkritik gerakan pro-demokrasi di kota tersebut. 

Dalam petisi daring yang diadakan di Change.org tersebut, Yen dinyatakan sebagai "pendukung rezim Komunis Tiongkok” yang merepresi hak asasi manusia. Hal ini membuat sebagian besar orang berpendapat Yen seharusnya tidak dilibatkan dalam Academy Awards ke-95, yang akan diadakan pada 12 Maret malam di Los Angeles. 

Yen pernah membahas demonstrasi pro-demokrasi besar-besaran yang melanda Hong Kong sepanjang 2019. "Ini bukan protes, oke, ini adalah kerusuhan," kata Yen kepada media GQ tentang demonstrasi tersebut, yang pada akhirnya dibubarkan oleh penangkapan massal dan pengenalan undang-undang keamanan nasional oleh Beijing.

Pemerintah dan polisi Hong Kong, serta otoritas dan media negara bagian di Tiongkok daratan, juga merujuk pada demonstrasi tersebut sebagai "kerusuhan," sebuah frasa yang ditolak oleh para pendukung pro-demokrasi.

Petisi tersebut mengklaim bahwa pernyataan Yen di GQ, "tidak hanya melanggar semangat kebebasan berbicara tetapi juga menyangkal hak rakyat Hong Kong untuk berjuang untuk kebebasan dan demokrasi mereka."

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dinilai Akan Merusak Reputasi Oscar

Pemerintah Hong Kong telah berulang kali membantah tuduhan bahwa undang-undang keamanan nasional membungkam oposisi politik dan menjadikan penentangan pemerintah sebagai tindakan kriminal. Sebaliknya, pemerintah mengatakan bahwa undang-undang tersebut telah mengembalikan stabilitas ke kota setelah kerusuhan dalam demonstrasi pada 2019.

Petisi ini dibuat pada Sabtu, 4 Maret 2023, oleh "sekelompok orang dari Hong Kong," menurut keterangan yang diberikan, dan kini telah mendapatkan 106.847 tanda tangan dari target 150.000 tanda tangan.

"Jika Komite Oscar terus mengundang orang seperti ini sebagai presenter, hal itu akan merusak citra dan reputasi industri film dan menyebabkan kehancuran serius pada hak asasi manusia dan nilai moral," demikian penggalan kalimat dari petisi itu.

Pada akhir pekan lalu, Yen terlihat menghadiri pertemuan Partai Komunis China yang penting di Beijing sebagai bagian dari badan penasehat tentang seni dan budaya. Berbicara kepada pers pada acara tersebut, Yen mengatakan bahwa dibutuhkan lebih banyak film aksi Tiongkok supaya dapat "menjadi kebanggaan China" dan "menceritakan kisah China," menurut Global Times.

3 dari 4 halaman

Film Donnie Yen Diboikot

Oscar belum memberikan komentar secara publik tentang petisi tersebut. CNN telah mencoba menghubungi Oscar untuk berkomentar. Ketika dihubungi oleh CNN, perwakilan Yen juga menolak untuk memberikan pernyataan.

Ini bukan kali pertama Donnie Yen menuai kontroversi di kalangan pro-demokrasi di Hong Kong. Dia sebelumnya dikritik setelah tampil di samping Presiden Tiongkok Xi Jinping pada 2017, sebuah acara yang disebut oleh Yen sebagai "kehormatan besar”. Ia juga merayakan "kembalinya Hong Kong ke Tiongkok daratan" pada 2020 pada ulang tahun penyerahan kota tersebut.

Insiden-insiden ini memicu banyak orang di Hong Kong memboikot film-film terbarunya, "Ip Man 4" pada 2019, dan "Mulan" pada 2020. Yen tampaknya mengakui kritik yang diterimanya dalam wawancara GQ, dengan mengatakan, "Banyak orang mungkin tidak senang dengan apa yang saya katakan, tapi saya berbicara berdasarkan pengalaman saya sendiri."

Donnie Yen diberitakan akan menjadi presenter dalam acara Oscar bersama aktor dan selebriti terkenal lainnya seperti Riz Ahmed, Emily Blunt, Ariana DeBose, Samuel L. Jackson, dan Dwayne Johnson.

4 dari 4 halaman

Pro-pemerintah China

Donnie Yen adalah aktor dan seniman bela diri yang terkenal, lahir di Guangzhou, China dan dibesarkan di Hong Kong. Pada usia 11 tahun, ia pindah ke Amerika Serikat dan menjadi warga negara Amerika, namun kemudian melepaskan kewarganegaraannya.

Selain sebagai aktor, Yen juga merupakan anggota dari Konferensi Konsultatif Politik Rakyat Tiongkok (CPPCC), sebuah organisasi yang tidak memiliki kekuatan legislatif dan anggotanya berasal dari berbagai sektor masyarakat. Meskipun begitu, keanggotaannya dalam organisasi ini menunjukkan dukungannya pada pemerintah Tiongkok.

Namun, Yen lebih dikenal sebagai bintang dalam film seri Ip Man yang berhasil meningkatkan popularitas seni bela diri Wing Chun di Tiongkok. Kariernya semakin melejit setelah membintangi film-film seperti “Rogue One”, “XXX: The Return of Xander Cage”, dan remake live-action “Mulan” pada 2020. Meskipun kontroversial, kariernya yang sukses dalam dunia hiburan telah membuatnya menjadi salah satu aktor terkenal di seluruh dunia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat