uefau17.com

Miss Universe 2022 R’Bonney Gabriel Pakai Tenun Lombok, Warganet Singgung Kebaya di Puteri Indonesia - Lifestyle

, Jakarta - Miss Universe 2022, R'Bonney Nola Gabriel baru saja menyambangi Indonesia . Ia mengunjungi Desa Adat Sade di Desa Rambutan, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk keperluan syuting sebuah produk minuman. Hal itu diketahui dari beberapa unggahan di akun Instagram miliknya dan laman Pageant Circle.

"Ini jadi pengalaman yang menyenangkan bisa berada dan menjalani syuting di Desa Sade, Lombok. Saya akan selalu mengingat memakai kain tenun bersama para gadis manis ini dan menlihat proses pembuatan kain tenun ini," tulis Miss Universe 2022 ini dalam keterangan unggahannya pada 11 Februari 2023.

Dalam salah satu foto unggahannya, ia terlihat mengenakan atasan dan bawahan kain tenun khas Lombok. Gabriel juga menggunakan hiasan kepala khas Lombok dengan sanggul modern. Ia melengkapi penampilannya dengan mengenakan anting model subeng dari brand lokal Tulola dan bros keemasan.

R’Bonney Gabriel pun berfoto dengan gadis-gadis setempat yang sama-sama memakai kain tenun. Dalam foto lainnya di Desa Sade Lombok, Gabriel bertemu perajin tenun. Ia tampil elegan dengan busana putih dan mengikat ekor kuda rambutnya.

Ia terlihat sangat menikmati keindahan daerah tersebut. Dalam salah satu foto, Gabriel memamerkan pemandangan indah dengan memakai tank top hitam dan riasan minimalis.

Sebelumnya, saat tiba di Lombok ia terlihat mengenakan crop top cokelat, celana denim dan aksesori kalung mutiara, sedangkan rambut panjang hitamnya dibiarkan tergerai. Unggahan R'Bonney Gabriel selama di Lombok mendapat banyak pujian dari warganet. Tak sedikit yang berharap Bonney bisa mengenakan kebaya di ajang Puteri Indonesia yang mendadak diputus kontrak lisensinya oleh organsasi Miss Universe.

"Queen, we Indonesians really want you to wear kebaya on the final night of Puteri Indonesia 2023, but now it's just wishful thinking. (Ratu, kami orang Indonesia sangat ingin Anda mengenakan kebaya di malam final Puteri Indonesia 2023, tapi sekarang hanya harapan saja)," komentar seorang warganet.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Desa Sade

"Mbak Bonney sebagai seorang fashion disainer semoga memiliki keinginan untuk bisa memperkenalkan kain tenun Lombok dan menjadi sebuah karyamu yang indah," komentar seorang warganet.  "Terimakasih mbak Rbonney atas sikap rendah hati anda selama di Indonesia, saya mengagumi personality anda. 🙏❤," komentar warganet lainnya.

Sementara itu, masyarakat di Desa Sade masih memegang teguh adat dan tradisi Sasak tempo dulu. Hal ini bisa dilihat dari bangunan rumah di sini, yaitu rumah khas yang disebut Bale Tani.

Suku Sasak percaya ada aturan-aturan yang harus dipatuhi untuk membangun rumah, seperti kapan waktu yang tepat untuk mendirikan rumah. Kalau aturan tersebut dilanggar, diyakini akan ada petaka saat rumah tersebut mulai ditempati.

Melansir kanal Hot , 24 November 2022, Bale Tani terbuat dari kayu dengan dinding dari anyaman bambu. Atapnya terbuat dari daun rumbia atau daun alang-alang yang dikeringkan. Uniknya lagi, lantainya dibuat dari campuran tanah, getah pohon serta abu jerami yang diolesi kotoran kerbau.

3 dari 4 halaman

Wisata Budaya

Desa Sade menjadi objek wisata Lombok yang terkenal dikalangan wisatawan lokal maupun mancanegara, terutama sejak penyelenggaraan Moto GP di Sirkuit Mandalika Lombok pada Maret 2022 lalu. Desa Sade menjadi tempat wisata budaya yang sangat menarik untuk dikunjungi sembari mempelajari budaya khas suku Sasak.

Kemenangan R'Bonney Gabriel di ajang 'Miss Universe 2022' pun digadang-gadang telah menciptakan sejarah baru. Seperti diberitakan The Sun pada Minggu, 15 Januari 2022, Miss Amerika Serikat (USA) yang mewakili negara bagian Texas ini adalah keturunan Filipina (ayah) dan AS (ibu).

Di gelaran Miss Universe 2022 yang berlangsung di New Orleans Ernest N Morial Convention Center, Louisiana, Amerika Serikat, Gabriel berhasil mengalahkan Miss Venezuela, Amanda Dudamel Newman, dan Miss Republik Dominika, Andreina Martinez.

Saat berada di babak Top 3, Gabriel, Amanda, dan Andreina ditanya tentang apa yang bakal mereka lakukan sebagai Miss Universe untuk pemberdayaan perempuan yang progresif.  Begitu tiba gilirannya untuk menjawab, dengan lantang Gabriel mengatakan bahwa dia akan menggunakan fesyen sebagai kekuatan untuk kebaikan.

 

4 dari 4 halaman

Dunia Fesyen

"Di industri fashion, kami menurunkan polusi dengan menggunakan materi daur ulang, dan mengadvokasi para perempuan penyintas kekerasan dalam rumah tangga dan perdagangan manusia," kata Miss Universe 2022 R'Bonney Gabriel. Menengok latar belakang R'Bonney Gabriel yang sudah terjun ke dunia fesyen sejak berumur 15 tahun, pertanyaan dianggap hal mudah oleh segelintir orang.

Namun, siapa sangka di balik parasnya yang cantik, Gabriel memiliki kepedulian yang tinggi terhadap sesama perempuan lewat kemampuan yang dimilikinya, yaitu menjahit. R'Bonney Gabriel juga secara khusus mengajar menjahit untuk penyintas kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dan korban perdagangan manusia.

"Sangat penting untuk berinvestasi pada orang lain, berinvestasi pada komunitas kita, dan menggunakan bakat untuk yang Anda punya untuk membuat sebuah perbedaan," begitu katanya menjawab pertanyaan tersebut dikutip dari Channel News Asia.

Menurut informasi yang tertera di situs Miss Universe, Gabriel adalah mantan pemain bola voli di SMA dan lulusan University of North Texas.  Selain itu, Gabriel juga menjabat sebagai CEO dari lini fesyen yang didirikannya dan fokus pada penggunaan bahan daur ulang.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat