uefau17.com

Banjir di Auckland, 270 Penumpang Air New Zealand Terdampar di Bandara Changi Singapura - Lifestyle

, Jakarta - Ratusan penumpang Air New Zealand terdampar di Bandara Changi, Singapura, setelah jadwal penerbangan mereka menuju Auckland, Selandia Baru, dibatalkan tanpa pemberitahuan sebelumnya.  Insiden terjadi ketika kota terbesar di Selandia Baru itu dilanda banjir besar minggu lalu yang juga menggenangi bandara. Hal itu menyebabkan landasan pacu semua pesawat ditutup selama hampir dua hari.

Menurut laporan New Zealand Herald, yang dikutip dari AsiaOne, Rabu (1/2/2023), ratusan penumpang yang terjebak di Singapura diberi tahu bahwa "tidak ada penerbangan (ke Auckland) hingga Maret". Perwakilan maskapai dilaporkan diberitahu di bandara bahwa penerbangan sangat penuh, dan mereka melakukan yang terbaik untuk membantu memesankan ulang perjalanan.

"Bahkan sebelum semua ini terjadi, semua penerbangan sudah penuh dipesan setidaknya hingga Maret," kata seorang perwakilan kepada penumpang.

Richard, seorang calon penumpang mengatakan kepada surat kabar tersebut bahwa dia dan keluarganya telah berusaha mencari penerbangan pulang selama tiga hari terakhir sambil menghitung klaim asuransi perjalanan yang terus meningkat. Dia termasuk di antara 270 penumpang yang seharusnya berada di penerbangan NZ283 yang dilaporkan dibatalkan pada Jumat, 27 Januari 2023.  

Penumpang lain, Jamini Patel, mengatakan kepada Newshub, seharusnya memulai pekerjaan baru di Auckland pada 1 Februari 2023.  Akibat pembatalan itu, dia tidak akan bisa melakukannya tepat waktu sekarang. Wanita berusia 20 tahun itu merasa frustrasi dengan Air New Zealand, mengklaim bahwa staf terus menutup teleponnya dan mengatakan tidak ada yang bisa mereka lakukan. 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mencari Penerbangan Alternatif

Momen ini adalah pertama kalinya ia bepergian sendirian dalam penerbangan jarak jauh, sehinga gugup dan cukup cemas dengan kejadian yang harus dialaminya. "Ketika berita banjir dan pembatalan penerbangan datang, itu bahkan lebih mengkhawatirkan karena saya hanya datang ke Singapura dengan cukup uang untuk singgah (yang cukup) untuk makan sekitar dua kali makan," kata Patel.

Dia seharusnya terbang ke Auckland pada 27 Januari 2023, tetapi diberi tahu bahwa penerbangannya dibatalkan setelah duduk di pesawat selama kurang lebih satu jam. Saat Newshub berbicara dengannya pada Senin lalu, dia mengaku terdampar di bandara sepanjang akhir pekan.

"Itu sangat emosional bagi keluarga saya karena mereka tidak bisa berbuat apa-apa untuk membantu dan saya juga mengalami beberapa gangguan karena berada di negara yang berbeda sendirian, sangat membuat kewalahan," kata Patel.

"Kebanyakan orang pergi dan tempat lain yang lebih murah untuk menginap. Kami harus mencari makanan sendiri. (Air New Zealand) sangat sulit dihadapi saat kami mencoba memesan ulang penerbangan juga," sambungnya lagi. 

Patel akhirnya menemukan penerbangan lain ke Brisbane. Baik Richard dan Patel mengatakan kepada media bahwa mereka menerima surat dari maskapai, mereka diberitahu bahwa penerbangan mereka akan dipesan ulang setelah 48 jam. 

3 dari 4 halaman

Ingin Segera Pulang

Berbicara kepada AsiaOne pada Selasa, 31 Januari 2023, Patel mengatakan bahwa dia "sangat kewalahan" dan "ingin pulang secepat mungkin". Dia kembali dari perjalanan ke India untuk menghadiri pernikahan keluarga dan seharusnya transit selama 11 jam di Singapura. Sebaliknya, dia justru menghabiskan 53 jam di tempat itu. 

Dia saat ini masih berada di Brisbane dan berhasil memesan penerbangan kembali ke Auckland pada Kamis pagi, 2 Februari 2023. Air New Zealand juga menawarkan untuk membayar akomodasi mereka "sebagai isyarat niat baik" dalam surat tersebut. Namun, biaya untuk malam berikutnya tidak ditanggung oleh maskapai.

"Saya diberi akomodasi untuk satu malam di M Hotel dan harus membayar 260 dolar New Zealand (setara Rp2,5 juta) untuk malam kedua dan seterusnya," konfirmasi Patel.

Meskipun demikian, Patel mengatakan bahwa dia bertemu dengan beberapa "orang baik" yang menawarkan untuk pergi jalan-jalan bersama mereka pada hari pertama dia terdampar di pedesaan. "Ketika saya kesal karena (tidak) kembali, mereka ada di sana untuk menghibur dan meyakinkan saya bahwa kami akan menemukan jalan pulang," kenangnya.

4 dari 4 halaman

Konfirmasi Maskapai

Menanggapi pertanyaan media oleh Newshub, juru bicara Air New Zealand mengatakan, "Kami berharap untuk segera mendapatkan pembaruan tentang Singapura untuk Anda."

Beberapa kursi sekarang tersedia, dalam sebuah unggahan di Facebook pada Selasa, 31 Januari 2023, maskapai berterima kasih kepada para penumpang "atas kesabaran mereka" dan meyakinkan pelanggan bahwa mereka sedang berusaha untuk membawa lebih dari 9.000 penumpang kembali ke negara itu dengan selamat.

Menurut Straits Times, para penumpang Air New Zealand bisa mengalihkan penerbangan mereka dengan Singapore Airlines pada Rabu malam, 1 Februari 2023, pukul 22.25, waktu setempat, ke Auckland, dengan 100 kursi kosong tersedia. Maskapai mengatakan saat ini sedang bekerja dengan Singapore Airlines, mitra Star Alliance-nya untuk pesawat yang lebih besar ke kota.

Kepala pelanggan dan petugas penjualan Air New Zealand Leanne Geraghty mengatakan kepada surat kabar, "Layanan ini (pada hari Selasa) berangkat pukul 22.25 waktu setempat dan menyediakan kursi bagi pelanggan yang perlu keluar dari Singapura malam ini."

"Pelanggan diminta untuk mengirim email ke resasia@airnz.co.nz dengan referensi pemesanan Anda sesegera mungkin dan maskapai akan melakukan yang terbaik untuk mendapatkan penumpang sebanyak mungkin pada layanan itu".

Maskapai ini juga sedang mengerjakan pemesanan ulang untuk sekitar 1.200 penumpang. Tidak jelas berapa banyak orang yang terkena dampak pembatalan penerbangan, kata juru bicara maskapai.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat