uefau17.com

Restoran Thailand di AS Buat Menu Sup Anti-COVID-19 - Lifestyle

, Jakarta - Sebuah restoran Thailand di Amerika Serikat memasak hidangan lezat untuk memberi makan pelanggannya yang lapar dan pada saat yang sama menemukan obat untuk mencegah mereka terkena flu dan COVID-19. Menu bernama Flu-Shot Soup itu dibuat oleh Taste of Thailand yang merupakan milik keluarga. 

Mengutip dari The Thaiger, Rabu, (4/1/2023), restoran Thailand milik keluarga di Denver, Colorado, mengembangkan resep khusus sekitar 20 tahun yang lalu. Namun menu ini baru menjadi perhatian publik ketika pelanggan restoran mengungkapkan resep itu melawan flu dan COVID-19.

Pemilik restoran Noy Farrell mengungkapkan bahwa dia mengembangkan "Flu-Shot Soup" menggunakan resep herbal dan rempah-rempah buatan sendiri yang dikembangkan secara khusus. Ia juga menambahkan sup itu adalah ramuan yang sempurna untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan Anda tanpa perlu mengunjungi rumah sakit.

Pembawa berita CBS News Colorado, Mekialaya White mengunjungi restoran di luar South Broadway itu untuk melihat bagaimana sup anti-COVID dibuat. Sang pemilik, Farrell berbicara proses pembuatannya saat difilmkan.

Dia berkata, "Serai jahe, cabai Thailand, lebih banyak serai, bawang putih goreng, bawang merah, lada hitam, banyak daun ketumbar, bok choy, seledri, wortel," 

Lalu ia menambahkan untuk pangsit isiannya di restoran memakai bahan ayam, bawang putih, jahe, dan lada hitam yang digiling dan bungkus dengan kertas pangsit. "Semuanya masuk ke dalam panci mendidih. Kami masak seharian, jadi kalau datang jam 8, sup sudah siap sekali,” kata Farrell.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ungkap Resep

Noy mengatakan kepada saluran berita tersebut bahwa hidangan didasarkan pada pengobatan tradisional di Thailand, yang ingin dia dan suaminya Rick perkenalkan di Denver. "Restoran kami dulu berada di depan Rumah Sakit Swedia. Dan satu tahun, kami mengalami flu yang parah di seluruh negeri. Jadi, adikku, kami datang dengan membuat sup pedas," ungkap Farrell.

Ia berbaik hati membagikan resepnya kepada pemirsa CBS News Colorado. Mengapa tidak mencoba membuatnya di rumah dan mencegah Covid dan Flu?

Bahan:

6 cangkir kaldu ayam atau sayuran berkualitas baik

1-2 dada ayam, iris atau tahu potong dadu

1 batang serai atau 3 sdm serai siap beku

4 daun jeruk purut (segar atau beku)

1 cangkir jamur shiitake, iris

1 ruas jahe sebesar ibu jari, parut

1-3 cabe merah segar, cincang (secukupnya), atau ganti 1/2 sampai 3/4 sdt. cabai rawit kering

1/2 kaleng santan kualitas baik2 sdm. jus jeruk nipis 

Langkah Pembuatan:

1. Iris dan cincang bagian bawah batang serai. Pertahankan batang atas untuk panci sup. Tempatkan kaldu ayam dalam panci sup besar di atas api sedang-tinggi. Tambahkan ayam dan jamur. Tambahkan juga serai yang sudah disiapkan (termasuk potongan batang atas), ditambah daun jeruk purut dan cabai segar.

2. Rebus selama lima sampai delapan menit, atau sampai ayam matang. Kecilkan api menjadi sedang tambahkan jahe, 1/2 kaleng santan, Didihkan perlahan selama satu sampai dua menit.

3. Kecilkan api seminimal mungkin, lalu tambahkan air jeruk nipis dan aduk. Jika diinginkan, Anda juga bisa menambahkan sayuran seperti brokoli.

3 dari 4 halaman

Khasiat Sup Tomat

Selain dimakan langsung, tomat juga dapat dengan mudah ditemukan di berbagai hidangan. Buah kecil berwarna merah ini memiliki banyak manfaat kesehatan, di samping juga bisa merawat kesehatan kulit, rambut, mata, dan bagian tubuh lainnya.

Melansir Dr Health Benefits, Selasa, 30 November 2021, tomat begitu kaya akan likopen, zat yang membuat warna merah pada tomat. Makanan ini sangat bermanfaat untuk kesehatan, terutama kulit dan rambut. Oleh karena itu, tak heran jika beberapa produk perawatan rambut menggunakan tomat sebagai salah satu kandungan bahannya. 

Tomat mengandung antioksidan dan likopen yang membantu mencegah kerontokan serta kerusakan rambut. Tomat juga kaya akan vitamin, seperti vitamin A, B, C dan E yang mampu menggantikan rambut kering serta merangsang pertumbuhan rambut.

Anda bisa mencoba mengonsumsi tomat dengan cara dimasak jadi sup apabila sulit atau bosan memakannya dalam bentuk utuh. Berikut adalah manfaat sup tomat untuk pertumbuhan rambut. 

4 dari 4 halaman

Buat Rambut Berkilau

1. Membuat Rambut Berkilau

Dengan mengkonsumsi sup tomat, Anda dapat memiliki rambut berkilau. Tomat akan membantu memperbaiki penampilan rambut, membuatnya halus dan berkilau dengan cara mengembalikan vitalitas rambut.

2. Tidak Ada Lagi Rambut Rontok

Tomat kaya begitu akan vitamin yang membantu melawan kerontokan rambut.

3. Mengatasi Ketombe

Tomat bisa membantu menghilangkan ketombe pada rambut. Tak hanya mengoleskan jus tomat di kulit kepala, Anda pun bisa menikmati sup tomat untuk efek yang sama.

4. Menjadi Kondisioner

Tomat dapat bermanfaat sebagai kondisioner alami untuk rambut Anda. Tidak ada lagi rambut keriting dan selamat datang rambut lembut, halus, dan berkilau.

Bahan-bahan sup tomat:

- 30 ons kaldu ayam

- 1 buah tomat yang dihancurkan

- 1 cangkir krim kental

- Segenggam kemangi, cincang

- Secukupnya garam dan merica

Cara Membuat:

1. Masukkan bahan tomat dan kaldu ayam ke dalam panci besar, dan masak dengan api sedang sampai muncul gelembung.

2. Kecilkan api kompor dan masukkan krim ke dalam panci. Bumbui dengan garam dan merica. Biarkan mendidih dalam 15 menit.

3. Haluskan tomat menggunakan blender tangan. Masukkan setengah kemangi dan aduk rata.

4. Matikan api dan tuangkan sup ke dalam mangkuk. Hiasi sajian dengan taburan beberapa daun kemangi cincang di atasnya. Nikmati supnya selagi hangat. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat