uefau17.com

Kulit Gatal karena Gigitan Nyamuk? Atasi Saja dengan Cara Berikut Ini, Dijamin Ampuh - Lifestyle

, Jakarta Nyamuk merupakan salah satu hewan yang dianggap mengganggu bagi kebanyakan manusia. Pasalnya, hewan tersebut hidup dengan mengambil darah, baik pada hewan maupun manusia. Parahnya lagi, bila sudah digigit oleh seekor nyamuk, maka akan ada sensasi gatal dan panas yang muncul secara bertahap.

Bagi sebagian orang, mungkin ada yang berusaha menggaruk area yang terkena gigitan nyamuk tersebut agar rasa gatal yang timbul bisa hilang. Namun, hal tersebut faktanya nggak dianjurkan, karena akan memperparah kondisi pada kulit. Meski begitu, permasalahan seperti bisa saja diselesaikan secara mudah dengan beberapa cara berikut. Penasaran?

1. Menggunakan Es Batu

Solusi pertama yang bisa dilakukan sebagai penghilang rasa gatal akibat gigitan nyamuk adalah dengan menggunakan es batu. Es batu bisa membantu mematikan rasa di sekitar area yang digigit nyamuk. Namun, penggunaan bahan ini tentunya harus diperhatikan. Pasalnya, menempelkan es batu pada kulit terlalu lama sangat nggak disarankan, sebab bisa membuatnya menjadi iritasi.

Jika ingin menggunakan cara ini, cukup aplikasikan es batu selama 10 menit saja. Setelahnya, istirahatkan kulit selama beberapa waktu dan gunakan kembali sesuai kebutuhan. Dengan solusi ini, rasa gatal yang muncul akan perlahan-lahan mereda dan akhirnya nggak akan terasa lagi sensasinya.

2. Manfaatkan Teh Celup

Cara selanjutnya yang bisa diterapkan adalah dengan memanfaatkan teh celup. Kantong teh yang dicelup ke dalam air dingin, faktanya memiliki kegunaan yang hampir sama dengan es batu. Yup, barang ini bisa banget bila dipakai untuk meredakan rasa gatal akibat nyamuk yang menggigit.

Selain itu, teh sendiri mengandung zat tanin yang bersifat anti-inflamasi. Senyawa  tersebut tentu memberikan manfaat yang baik, terutama bagi kesehatan kulit. Pastinya bagi kamu yang penasaran seberapa ampuhnya cara ini, maka bisa banget untuk langsung mencobanya. Cukup tempelkan saja kantung teh yang sudah direndam tadi pada permukaan kulit yang gata. Tunggu beberapa menit hingga sensasi tersebut perlahan menghilang.

3. Gel dari Lidah Buaya

Alternatif terakhir yang bisa dicoba adalah menggunakan gel dari lidah buaya atau aloevera. Selain dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan produk kecantikan, nyatanya lidah buaya sendiri bisa pula digunakan sebagai obat pereda rasa gatal. Ini karena bahan alam ini mempunyai sifat anti radang yang bantu ringankan radang dan infeksi pada kulit. 

Cara mengatasi rasa gatal dalam kasus ini tentu sangat mudah. Kamu hanya perlu memotong beberapa bagian dari lidah buaya, lalu ambil getahnya sesuai yang diperlukan. Setelahnya, oles ke area yang terkena gigitan nyamuk dan tunggu hingga gel tersebut bekerja. 

Siapapun pastinya pernah merasakan betapa nggak enaknya permukaan kulit bila digigit oleh nyamuk. Namun, hal tersebut sudah bukan masalah besar lagi karena adanya beberapa solusi di atas. Selain bisa ditemui secara mudah, harganya pun terjangkau pula. Sehingga, kamu nggak perlu keluar banyak uang untuk mengatasi permasalahan ini. Semoga bermanfaat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat