uefau17.com

Kisah 2 Brand Lokal Indonesia Ikut Meriahkan Pekan Mode Dunia - Lifestyle

, Jakarta - Prestasi demi prestasi terus ditorehkan sederet brand lokal Indonesia di pekan mode dunia. Memperpanjang daftarnya, Heaven Lights dan BLP Beauty ikut memeriahkan masing-masing New York Fashion Week (NYFW) dan Paris Fashion Week (PFW) tahun ini.

Kendati berbeda negara, keduanya sepakat bahwa pengalaman itu jadi catatan penting bagi perjalanan jenama mereka. Head of Marketing Heaven Lights, Anastasia Gretti Schender, bercerita bahwa pihaknya menggagas dua agenda besar setiap tahunnya.

"Pertama, annual show. Kemudian, kami juga bermimpi punya pertunjukan internasional. Dimulai dari mimpi itu, kami berdandan, menyiapkan banyak hal sampai akhirnya bisa melenggang di New York Fashion Week," katanya di acara media gathering "Tokopedia Dukung Pegiat Usaha Lokal Bangun Bisnis Setara Brand Kelas Dunia" di bilangan Jakarta Selatan, Senin, 17 Oktober 2022.

Ini bukan kali pertama mereka mencicipi runway di pekan mode internasional. Tahun lalu, Heaven Lights sudah unjuk gigi di runway Dubai Fashion Week.

"Berbicara koleksi show (di pekan mode dunia), tantangannya selalu bagaimana kami yang daily wear brand membuat koleksi yang extraordinary. Namun setelahnya, kami juga harus memikirkan bagaimana itu bisa tetap dijual dengan 'diturunkan' jadi ready-to-wear," ia mengatakan.

Gretti mengaku tidak menyangka bahwa banyak pihak yang akan terkesima atas presentasi mereka di NYFW. "Tapi, Alhamdulillah responsnya semua positif. Mereka ternyata suka dengan warna-warna dan motif yang kami bawa," ia bercerita.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tetap Rangkul Pasar dalam Negeri

Dengan catatan prestasi di pangung mode dunia, Gretti mengatakan, pihaknya tidak lantas akan mengendurkan rangkulan pada pasar dalam negeri. Salah satunya dengan tidak mengubah harga yang selama ini sudah ditetapkan pihaknya.

"Scarf Heaven Lights masih akan berharga di bawah Rp300 ribu. Beberapa koleksi bahkan ada yang Rp100 ribu. Kami memang mengejar kuantitas, supaya biaya produksi murah, dan itu tidak akan diubah," katanya.

Namun demikian, melihat minat pada koleksi runway mereka, Gretti bercerita bahwa pihaknya memiliki mimpi lain: membuat premium line dari Heaven Lights. "One day semoga bisa terwujud," ia menyambung.

Pengalaman tidak kalah seru juga dialami tim BLP Beauty. Founder, sekaligus CMO-nya, Lizzie Parra, mengungkap bahwa kebahagiaan itu kian menjadi karena mereka jadi satu-satunya merek kecantikan yang memeriahkan rangkaian acara dalam agenda PFW, awal bulan ini.

"Jujur, saat presentasi ke agensinya (L'Adresse Paris Agency), kami merasa dipandang sebelah mata, karena citra brand Asia, terutama Asia Tenggara, itu masih tentang produk whitening. Tapi, saat diperlihatkan produk dan kampanye kami, mereka mengaku langsung takjub," ia bercerita.

3 dari 4 halaman

Produk Paling Banyak Dilirik

Lizzie, yang juga dikenal sebagai makeup artist, mengatakan bahwa eyeshadow palette jadi produk yang paling banyak dilirik. "Mungkin karena paling nyentrik," tuturnya. "Terutama yang ada warna birunya."

"Lalu, complexion. Mereka (agensi di Paris) cukup syok karena kami ternyata punya 12 warna foundie dan sembilan cushion. Kayak, 'Oh ternyata brand ini beragam banget warnanya.' Itu yang membuat mereka tertarik. Kuncinya diversity," imbuhnya.

Sejalan dengan itu, Lizzie bercerita bahwa dirinya juga mengadaptasi tren kecantikan dari landasan pacu pekan mode dunia. "Satu hal yang aku aplikasikan langsung adalah saat develop power liner. Itu eyeliner warna-warni," tuturnya.

Ia berkata, "Itu sebenarnya sudah cukup happening, tapi sudah didapatkan di sini. Akhirnya kami saja yang buat, bawa tren dari luar. Orang Indonesia ternyata berani-berani saja pakai (eyeliner) warna cokelat, merah, dan biru."

Rencananya, BLP Beauty akan kembali memeriahkan agenda PFW, Maret tahun depan. "Makanya aku berterima kasih banget sama Tokopedia yang mendukung BLP tidak hanya sekali, tapi sampai dua kali gelaran PFW," katanya.

4 dari 4 halaman

Dikawal Tokopedia

Keikutsertaan Heaven Lights dan BLP Beauty di pekan mode dunia merupakan hasil dukungan Tokopedia. Selain dua jenama tersebut, mereka juga telah mengawal Wearing Klamby, Erigo, dan Jewel Rocks melenggang ke pekan mode dunia.

Pada September 2022, koleksi Heaven Lights dan Erigo sukses disorot dalam perhelatan NYFW, sedangkan Wearing Klamby memamerkan koleksinya di London Fashion Week (LFW). Disusul Jewel Rocks dan BLP Beauty yang unjuk gigi di Paris PFW trade show di awal Oktober 2022.

"Koleksi yang ditampilkan para brand lokal di sejumlah ajang dunia tersebut juga bisa secara eksklusif ditemukan dan dibeli melalui Tokopedia," External Communications Senior Lead Tokopedia, Rizky Juanita Azuz, mengatakan.

Di sisi lain, pihaknya mempermudah pengguna menemukan dan memakai berbagai produk lokal fesyen dan kecantikan demi mendukung gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI). Ini termasuk melalui widget khusus di halaman pertama Tokopedia, Bangga Lokal yang berisi produk dari pegiat usaha lokal.

"Dengan begitu, kami ingin mengajak lebih banyak masyarakat membeli dan memakai produk dari pegiat usaha lokal," tutur Rizky.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat