uefau17.com

Resep Rahasia Ayam KFC Bocor, Bikin Heboh karena Pakai Bumbu Kontroversial - Lifestyle

, Jakarta - Seorang pelanggan KFC terkejut menemukan salah satu bahan rahasia rantai makanan cepat saji itu, mengklaim bahwa ia mengira bumbu tersebut telah dilarang. Wanita asal Selandia Baru itu membagikan gambar paket bumbu berlabel "COLONEL SANDERS' Resep Bumbu Kentucky Fried Chicken."

Melansir Daily Mail, Jumat (16/9/2022), label menunjukkan bahan-bahan tersebut mengandung lebih dari sekedar "herbal dan rempah-rempah rahasia." Itu juga disebut berisi bumbu kontroversial monosodium glutamat (MSG).

Pelanggan itu marah dan mengunggah ketidaksenangannya di media sosial, memicu diskusi panas tentang bumbu populer tersebut. "Ini seperti garam di atas retakan," tulisnya di Facebook.

Tanggapan warganet pun beragam. Beberapa berbagi keterkejutan mereka bahwa MSG adalah bumbu ayam rahasia di resep asli KFC, sementara yang lain mengatakan tidak masalah asal penggunaannya dalam jumlah sedang.

"Saya telah membaca beberapa artikel tentang MSG atau sindrom restoran Cina. Itu terutama serangan terhadap komunitas etnis oleh beberapa orang yang hanya bersikap rasis! Tidak apa-apa (menggunakan MSG) dalam jumlah sedang! Bumbu umaminya juga sama," tulis seorang pengguna.

"Saya yakin MSG tidak pernah dilarang, dan semua mitos yang melingkupinya buruk bagi Anda telah terbantahkan," kata yang lain. Orang lain yang bergabung dalam debat khawatir tentang aditif yang jadi bahan penting dalam ayam KFC. "Yuck, tidak heran saya selalu merasa mual setelah memakannya," tulis seorang warganet.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelitian tentang MSG

Ada penelitian ekstensif tentang MSG dalam 40 tahun terakhir. Tapi, tidak ada badan medis yang menemukan bukti meyakinkan bahwa MSG terkait dengan penyakit serius atau kematian pada manusia.

Banyak orang yang mengaku mengalami efek buruk dari mengonsumsi makanan yang mengandung MSG, termasuk sakit kepala, berkeringat, detak jantung berdebar, dan mual. Akibatnya, negara-negara di seluruh dunia memastikan bumbu aditif harus disetujui untuk digunakan sebelum benar-benar dimasukkan dalam produk.

Juga, keberadaan dan jumlahnya harus diberi label dengan jelas. Seorang pria di Mahad, India utara, dilaporkan pada 2017 kehilangan suara dan kemampuan menelannya setelah makan MSG. Menurut sebuah laporan di Indian Journal of Critical Care Medicine, pria berusia 23 tahun itu pergi ke rumah sakit dengan kesulitan berbicara dan tidak dapat menelan air liurnya.

Dokter menemukan mulutnya membengkak dan menyalahkan MSG dalam nasi goreng Cina yang ia makan untuk makan malam sebelumnya. Pria itu mengeluh pusing, berkeringat, dan gatal-gatal di sekujur tubuhnya, tapi pulih dalam beberapa hari.

3 dari 4 halaman

Konfirmasi Bumbu Ayam KFC

KFC sendiri telah mengonfirmasi bahwa mereka menggunakan MSG. "Beberapa makanan kami memang mengandung MSG tapi yakinlah, itu hanya ada pada tingkat yang aman untuk populasi umum," kata rantai makanan cepat saji itu di situs webnya.

Mereka menyambung, "Ini adalah penambah rasa yang diakui, yang juga terjadi secara alami dalam makanan, seperti daging, ikan, susu, sayuran, buah-buahan dan keju."

Standar Makanan Australia Selandia Baru mengatakan telah melakukan penelitian tentang MSG selama empat dekade dan menganggapnya aman. "Standar Makanan Australia Selandia Baru (FSANZ) meninjau keamanan MSG pada 2003 menyimpulkan 'tidak ada bukti yang meyakinkan bahwa MSG merupakan faktor signifikan dalam menyebabkan reaksi sistemik yang mengakibatkan penyakit parah atau kematian,'" kata kelompok itu di situsnya.

"Di Australia dan Selandia Baru, tidak ada bahan tambahan makanan, termasuk MSG, yang disetujui untuk digunakan dalam makanan sampai keamanannya ditetapkan oleh FSANZ," mereka menambahkan. "MSG dan glutamat lain termasuk dalam kelompok bahan tambahan makanan yang umumnya diizinkan dalam makanan, karena keamanannya."

4 dari 4 halaman

Resep Asli Ayam KFC

Rahasia resep asli ayam KFC telah diklasifikasikan lebih tinggi daripada sebagian besar rahasia negara sejak tahun 1940-an. Namun pada tahun 2016, Chicago Tribune menerbitkan apa yang diyakini salah satu kerabat KFC Kolonel Harland Sanders sebagai resepnya, yang telah disimpan dengan aman di scrapbook keluarga selama bertahun-tahun.

Campuran 11 bumbu dan rempah-rempah disimpan di lemari besi, kata perusahaan, dan tidak seorang pun, kecuali pihak perusahaan, tahu apa itu. Faktanya, Sanders membuat dua perusahaan berbeda untuk menciptakan resep, jadi tidak ada satu perusahaan yang akan memiliki semuanya.

Tapi Joe Ledington, keponakan sang kolonel karena pernikahan, memiliki scrapbook yang pernah dimiliki Claudia Sanders, istri kedua sang kolonel. Di dalam lembar memo itu mungkin ada rahasia terbesar dunia ayam.

Di dalam lembar memo itu ada resep tulisan tangan yang diselipkan di dalam amplop yang juga berisi surat wasiat Claudia. Claudia meninggal pada 1997. Ledington mengatakan, ia telah memiliki lembar memo selama sekitar empat tahun, karena diturunkan melalui anggota keluarga.

Apakah ia pikir itu resep asli ayam KFC? "Ya, saya tahu," katanya. "Saya tidak ingin berdebat dengan (perusahaan induk]) Yum! Brands tentang itu, tapi saya cukup yakin itu cukup dekat dengan aslinya."

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat