uefau17.com

10 Pulau Terbaik di Asia Tenggara versi Travel and Leisure, Ada 2 dari Indonesia - Lifestyle

, Jakarta - Ada banyak tempat wisata menarik di Asia Tenggara terutama wisata alam. Negara-negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, memiiki berbagai pulau yang indah dan banyak dikunjungi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Dua pulau di Indonesia bahkan berhasil masuk dalam daftar 10 pulau terbaik di Asia Tenggara 2022 versi Travel and Leisure. Keduanya, adalah Bali dan Lombok.

Predikat tersebut diberikan melalui penghargaan Travel and Leisure Asia’s Best Awards 2022: Top 10 Islands in Southeast Asia. Penghargaan tersebut pertama kalinya digelar oleh Travel and Leisure yang merupakan majalah perjalanan dan gaya hidup global berbasis di New York, Amerika Serikat (AS).

 

"Peluncuran Asia’s Best Awards, bertujuan agar kami bisa melakukan lebih banyak dari hal terbaik yang dapat kami lakukan dan menjelaskan kepada orang-orang tentang tempat-tempat pada suatu wilayah tidak boleh dilewatkan," tulis Travel and Leisure dikutip dari laman resminya, Minggu (28/8/2022).  Sementara itu, Phuket, Thailand dinobatkan menjadi pulau terbaik di Asia Tenggara 2022 versi Travel and Leisure.

Sedangkan Pulau Bali berada di tempat ketiga. Bali merupakan pulau sekaligus provinsi di Indonesia. Pulau yang dijuluki Pulau Dewata ini tak pernah berhenti memikat wisatawan lokal maupun mancanegara.

Menurut Travel and Leisure, daya tarik Bali adalah gugusan pantai yang menawan seperti Pantai Melasti, Pantai Seminyak, Pantai Kelingking, Pantai Nusa Dua, Blue Lagoon, dan masih banyak lagi.  Lombok sendiri menempati peringkat keenam.

Letak Pulau pun tak jauh dari Bali. Tak diragukan lagi, pulau yang terletak di Indonesia bagian timur ini dinilai menyimpan banyak keindahan alam. Pantai di Lombok merupakan surga bagi para peselancar serta wisatawan. Sebut saja, Pantai Kuta Mandalika, Pantai Tanjung Aan, Pantai Senggigi, Pantai Seger, Pantai Gili Trawangan, Pantai Pink, dan lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pulau dan Provinsi di Thailand

Selain pantai, Lombok yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) ini punya Gunung Rinjani yang merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Rinjani termasuk gunung favorit para pendaki karena menawarkan pemandangan yang indah. Wisatawan yang berkunjung ke Pulau Lombok juga bisa menikmati budaya asli Lombok di Desa Wisata Sade, Desa Wisata Sukarasa, dan Desa Wisata Ende.

Phuket yang menempati posisi teratas merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Thailand. Phuket merupakan pulau sekaligus salah satu provinsi di Thailand.

Bagi Travel and Leisure, daya tarik Phuket adalah pantai dengan air laut berwarna biru jenih serta hamparan pasir bersih. Sejumlah pantai di Pulau Phuket antara lain Pantai Patong, Bang Tao Beach, Pantai Kata Noi, Mai Khao Beach, dan lainnya. Phuket juga menawarkan beragam fasilitas bagi wisatawan, mulai dari penginapan, restoran, spa, yoga, sampai aneka atraksi.

Urutan kedua ditempati pulau lainnya di Thailand yaitu Pulau Koh Samui merupakan pulau terbesar kedua di Thailand, melansir dari Holidify. Pulau ini terletak di Teluk Thailand dan terkenal dengan keindahan pantainya. Dulunya, pulau ini ibarat surga tersembunyi di Thailand, tapi sekarang berubah menjadi salah satu destinasi wisata favorit.

3 dari 4 halaman

Kota Terbaik

Berikut 10 Pulai Terbaik di Asia Tenggara 2022 versi Travel and Leisure.

1. Phuket, Thailand

2. Koh Samui, Thailand

3. Bali, Indonesia

4. Phu Quoc, Vietnam

5. Langkawi, Malaysia

6. Lombok, Indonesia

7. Palawan, Filipina

8. Penang, Malaysia

9. Koh Phi Phi, Thailand

10. Con Dao, Vietnam.

 

Selain pulau terbaik, pada Juli lalu Travel and Leisure telah merilis daftar kota terbaik se-Asia Tenggara di 2022.  Bangkok berhasil meraih posisi puncak mengungguli sederet kota lain di Asia Tenggara.

Bangkok dikenal dengan suguhan sajian yang khas hingga wisatawan dapat berkeliling kota dengan sepeda motor atau tuk-tuk. Wisatawan juga dapat menghabiskan malam dalam perjalanan ke pulau-pulau yang cantik. Indonesia diwakili oleh Jakarta yang menempati peringkat ke-10.

Lantas, mana saja kota terbaik se-Asia Tenggara? Berikut daftar 10 Kota Terbaik di Asia Teggara 2022.

1. Bangkok, Thailand

2. Singapura, Singapura

3. Danang, Vietnam

4. Kuala Lumpur, Malaysia

5. Hanoi, Vietnam

6. Chiang Mai, Thailand

7. Hong Kong, Hong Kong

8. Saigon, Vietnam

9. Phnom Penh, Kamboja

10. Jakarta, Indonesia.

4 dari 4 halaman

Pulau Dewata

Yang menarik, pada bulan lalu Travel and Leisure juga merilis daftar tahunan World's Best Awards 2022, termasuk dalam kategori kota,. Mengutip situs webnya, Sabtu, 16 Juli 2022, Indonesia diwakili Ubud, Bali yang bertengger di posisi ke-3 dalam kategori Kota Terbaik di Dunia Tahun 2022.

Wilayah di bagian tengah Pulau Dewata itu mencatat skor 91,73, hanya kalah dari San Miguel de Allende di Meksiko yang menempati peringkat ke-2, disusul juara tahun ini: Oaxaca, juga di Meksiko. Masing-masing kota itu mencatat skor 91,77 dan 92,96.

Dalam mendeklarasikan kota-kota terbaik di dunia, pembaca Travel and Leisure mempertimbangkan hotel, restoran berperingkat Michelin, kekayaan warisan budaya, atraksi utama dan, dalam beberapa tahun terakhir, protokol COVID-19. Suara dihitung, nomor diurutkan, dan akhirnya sampai pada skor untuk setiap kota.

Setiap tahun untuk survei World's Best Awards, Travel and Leisure telah meminta pembaca mempertimbangkan pengalaman perjalanan di seluruh dunia. Mereka diminta berbagi pendapat tentang kota, pulau, kapal pesiar, spa, maskapai penerbangan, dan banyak lagi.

Pembaca menilai kota berdasarkan pemandangan dan landmark, budaya, makanan, keramahan, wisata belanja, serta nilai keseluruhannya. Membandingkan daftar kota terbaik di dunia 2022 dengan peringkat tahun lalu menghasilkan beberapa pengamatan yang menarik, publikasi itu mencatat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat