uefau17.com

Pemprov Jawa Tengah Gelar Mudik Gratis dengan Bus dan Kereta, Simak Persyaratannya - Lifestyle

, Jakarta - Kebijakan pemerintah Indonesia yang kembali membolehkan mudik lebaran disambut antusias berbagai pihak. Sejumlah pemerintah daerah seperti Jawa Tengah atau Jateng membuat program mudik gratis di lebaran tahun ini.

Ada kabar baik bagi para perantau asal Jawa Tengah yang bekerja di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Tahun ini, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo juga kembali menyelenggarakan mudik lebaran gratis untuk warganya yang bekerja Jabodetabek.

Kabar itu disampaikan Ganjar melalui media sosial instagram. Dalam unggahannya, Ganjar mengatakan mudik lebaran gratis akan digelar pada Kamis, 28 April 2022.

"Halo warga Jateng yang berada di Jabodetabek, ada kabar bahagia nih. Akhirnya yang ditunggu-tunggu hadir kembali. Mudik lebaran gratis bantuan Gubernur Jawa Tengah, Bupati/Wali Kota se-Jateng, dan Bank Jateng tahun 2022," tulis Ganjar dalam unggahannya pada 20 April 2022.

Mudik gratis ini, lanjut Ganjar, akan dihelat serentak pada 28 April 2022. Lokasi keberangkatan adalah Museum Purna Bhakti Pertiwi TMII Jakarta Timur.

Adapun syarat mengikuti mudik adalah ber-KTP Jawa Tengah, sudah vaksin booster.  Sementara kriteria pekerjaan yang boleh ikut serta adalah Asisten Rumah Tangga (ART), pengemudi online, buruh bangunan, pedagang kecil atau asongan.

Ditambahkan, pendaftaran dibuka secara online mulai 13 April 2022. Peserta bisa mendaftar dengan cara mengakses dan mengisi link https://bit.ly/mudikgratisbantuangubjateng2022.“ "Ayo segera daftar, karena kuota terbatas. Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi nomor 021-7395238," tulisnya lagi.

Program mudik gratis dari Gubernur Jateng Ganjar Pranowo itu disambut antusias oleh warga Jateng di Jabodetabek. Mereka sudah lama menantikan adanya program tersebut.

"Antusias warga Jateng di sini sangat luar biasa. Bagaimana tidak, sudah dua tahun warga tidak pulang kampung," kata Ketua Paguyuban Jawa Tengah, Leles Sudarmanto, dilansir dari portal resmi pemerintah provinsi Jawa Tengah, 14 April 2022.  "Terima kasih kami sampaikan pada Pak Ganjar, karena sangat peduli pada masyarakat Jawa di mana pun berada," sambungnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Patuh Protokol Kesehatan

Leles menambahkan, meski mudik gratis yang digelar tahun ini tak seperti sebelum pandemi, tapi hal itu sudah sangat membantu. Ia berharap program mudik gratis nantinya bisa digelar kembali dengan meriah.

"Harapannya pada sedulur-sedulurku, ayo ramaikan program mudik gratis ini. Jangan lupa syarat dan ketentuannya, seperti vaksin booster, antigen, dan lain-lain, harus dipenuhi," tutur Leles.

"Karena ini masih pandemi, kita semua harus menjaga diri dan tetap patuh protokol kesehatan. Jangan sampai lengah, karena sekarang Corona masih berkeliaran," tutupnya.

Sementara itu, Kepala Subbid Pelayanan dan Hubungan Antarlembaga Badan Penghubung Provinsi Jawa Tengah Risturino menambahkan, untuk angkutan bantuan provinsi hanya tersedia 10 bus.  Namun, masih ada tambahan puluhan bus bantuan dari kabupaten/ kota, yang pendaftarannya manual melalui Paguyuban Jawa Tengah di Jakarta. "Untuk bus bantuan dari Bank Jateng, pendaftarannya juga manual langsung ke Bank Jateng Cabang Jakarta," jelasnya.

Sebelum pandemi Covid-19, mudik gratis jadi program tahunan Ganjar Pranowo warganya di perantauan, yang hendak pulang kampung di masa lebaran. Pada 2019, Ganjar yang menggandeng pemkab/pemkot melepas sekitar 20 ribu pemudik dari Jabodetabek. Ada tiga modal transportasi yang digunakan, bus, kapal dan kereta api.

3 dari 4 halaman

118 Bus

Sementara itu, Kantor Penghubung Jawa Tengah di Jakarta mulai ramai didatangi masyarakat, Rabu, 20 April 2022. Mereka warga Jateng yang bekerja di Jabodetabek, mulai berbondong-bondong datang mendaftar program mudik gratis.

Lebaran tahun ini, Pemprov Jateng kembali menggelar program mudik lebaran gratis bagi para perantau di Jabodetabek. Selain menyediakan 118 bus bantuan gubernur, bupati/wali kota dan Bank Jateng, Pemprov Jateng juga akan menyelenggarakan mudik lebaran gratis via kereta api.

Mudik lebaran gratis melalui kereta api akan digelar pada 29 April. Empat gerbong Kereta Api Tawang Jaya dengan kapasitas lebih dari 300 tempat duduk, disiapkan untuk program mudik yang akan diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen. Pendaftaran mudik gratis kereta api dimulai pada 20 April 2022 sampai kuota terpenuhi.

"Ya senang banget, mau pulang ke Banjarnegara ada mudik gratis ini. Program ini bagus ya, bisa membantu kami yang bekerja di Jakarta," kata Teguh Suroso, salah satu driver online asal Jateng di Jakarta, mengutip portal resmi pemerintah provinsi Jawa Tengah, 20 April 2022.

4 dari 4 halaman

Stasiun Pasar Senen

Hal senada disampaikan Ruswanti (50), warga asli Banyumas. Ruswanti begitu senang saat mengetahui ada program mudik gratis dari Pemprov Jateng.Ruswanti mengatakan, untuk biaya mudik lebaran ke Banyumas, membutuhkan uang Rp300 ribu untuk satu orang. Padahal, ia biasa mudik bersama dua anaknya.

"Jadi sekali jalan bisa habis Rp900 ribu. Itu untuk tiketnya saja. Sekarang ada mudik gratis ini, uangnya bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penghubung Provinsi Jateng, Emy Dyah Margiarekta mengatakan, masyarakat Jateng di Jabodetabek begitu antusias terhadap mudik gratis ini. Mereka bahkan sudah mendaftar jauh-jauh hari untuk bisa ikut program itu. "Mangga yang belum mendaftar segera mendaftar. Bisa datang ke kantor badan penghubung Jateng atau menghubungi nomor WA di 081318712523," kata Emy.

Dia menerangkan, untuk pendaftaran mudik gratis via kereta api sudah dibuka pada Rabu, 20 April 2022. Sedangkan untuk mudik gratis menggunakan bus, pendaftaran sudah dibuka sejak 13 April lalu. "Silakan mendaftar, dengan syarat KTP Jawa Tengah atau lahir di Jawa Tengah," ujarnya,

Mudik gratis via bus akan digelar pada 28 April 2022. Pemudik rencananya akan dilepas langsung oleh Ganjar dari Museum Purna Bhakti Pertiwi TMII. Sementara mudik gratis via kereta api akan diberangkatkan sehari setelahnya, yaitu 29 April 2022 melalui Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat