uefau17.com

Pakar Etiket Inggris Makan Nasi Pakai Garpu dan Pisau, Uncle Roger: Anda Bakal Mati Kelaparan - Lifestyle

, Jakarta - Di Indonesia, nasi umumnya dimakan menggunakan sendok, bahkan langsung dengan tangan. Sementara di beberapa negara Asia lain, makanan pokok ini kedapatan dikonsumsi menggunakan sumpit. Tapi, pakar etiket Inggris punya cara berbeda.

Dalam video TikTok yang telah dihapus, Lucy Challenger mengungkap bahwa seseorang harus menghindari menyendok nasi dengan garpu. Karena ada sendok tepat di depannya, untuk sesaat, warganet berpikir ia akan mengambil alat makan itu dan menggunakannya untuk menyendok nasi.

Alih-alih sendok, Lucy malah mengambil pisau makan dan menjelaskan cara makan nasi dengan garpu dan pisau. "Cukup dorong nasi ke atas garpu (yang terbalik menggunakan pisau makan), lalu masukkan ke dalam mulut dengan rapi," ia mengatakan.

Ia menambahkan bahwa hidangan lain sering disajikan bersama nasi dan orang yang memakannya bisa mendorong hidangan bersama dengan nasi ke atas garpu. "Ini membuatnya lebih mudah untuk makan," klaim Lucy.

Kendati sudah dihapus, klip itu telah diunggah ulang banyak pengguna media sosial, dan menimbulkan komentar. Sebagian besar warganet, terutama dari Asia Tenggara, mengaku "tidah habis pikir" dengan cara tersebut.

"Syukurlah saya lahir di Asia Tenggara," yang lain berkelakar perihal cara makan nasi secara umum. Salah satu yang juga vokal menyuarakan pendapatnya adalah komedian Malaysia Nigel Ng atau lebih dikenal sebagai Uncle Roger.

Mengomentari cara makan nasi pakai pisau dan gardu, ia menulis di akun Twitter-nya, Selasa, 22 Maret 2022, "Siapa yang makan nasi seperti ini? Anda akan mati kelaparan." Narasi itu juga disepakati warganet.

"Sendok di sana bergumam, 'Notice me, senpai,'" salah satunya menimpali kicauan Uncle Roger. Ada juga yang berkomentar, "Ibu mertua saya makan nasi dengan garpu (ia orang Skotlandia), tapi saya tidak berpikir saya harus makan nasi seperti itu. Btw, nasi jarang disajikan di jamuan formal Barat, jadi kenapa repot-repot? Apalagi nasi yang terlihat sangat kering dan tidak menggugah selera (seperti di video Lucy)."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Lebih Efisien

"Mata saya benar-benar berkedut mengapa ia membalik garpu untuk menggunakan sisi cembung ketika punya sendok di sana garpu dimaksudkan untuk menusuk makanan. Ia telah benar-benar menghancurkan tujuan garpu dan ia memiliki sendok TEPAT DI SANA!" tulis seorang pengguna Twitter.

Beberapa bahkan tidak segan membagikan video yang memperlihatkan bagaimana memakan nasi langsung pakai tangan justru lebih efisien. Ada pula yang memperlihatkan kombinasi sendok dan gardu yang "lebih mudah" untuk menyendok nasi, salah satu metode yang juga familiar bagi orang Indonesia.

3 dari 5 halaman

Uncle Roger dan Nasi

Bahasan nasi dan Uncle Roger sendiri bukanlah kombinasi topik yang asing bagi warganet. Ini bermula ketika Uncle Rofer viral karena menyoroti cara sebuah program makanan BCC mengolah nasi pada Juli 2020.

Ia menjalaskan, video pembuatan nasi tersebut dikirimkan salah seorang penggemar. Rekam gambar yang dimaksud bertajuk "Hersha's Easiest Ever: Egg Fried Rice". Video ini berawal dari proses memasak nasi. Tampak di sana, beras dimasukkan ke dalam wadah dan air untuk memasaknya ditambahkan dengan cangkir.

"Mengapa Anda mengukur kadar air menggunakan cangkir? Gunakan saja ruas jari pertama di jari. Tahap pertama sudah salah. Saya tak percaya video ini bakal bagus," ucap Uncle Roger.

Kedua, ia memprotes beras yang hendak dimasak tak lebih dulu dicuci. Selama menunggu nasi matang, langkah selanjutnya adalah membuat telur orak-arik yang kemudian ditiriskan. Tak banyak komentar yang diberikan Uncle Roger di tahap ini.

"Nasi tak terlihat bagus. Basah sekali, Anda berbohong pada orang-orang," ucapnya menjawab komentar nasi terlihat bagus di program tersebut. Tahap selanjutnya kian mengagetkan dan mendapat komentar cukup pedas.

4 dari 5 halaman

Resep dari BBC

"Apa yang Anda lakukan? Apa yang ia lakukan," ucap Uncle Roger. Komentar ini muncul karena di program tersebut, nasi disebut sudah matang bermaksud dikeringkan dengan cara disaring. "Anda membunuh saya perempuan. Keringkan nasi?" imbuhnya seolah tak percaya.

"Saya tak pernah melihat orang lain melakukan ini. Bila nasi basah (lembek), berarti Anda gagal. Sudah itu saja. Tak mungkin menyelamatkan nasi yang basah," ucap Uncle Roger.

Tahap berikutnya makin mengejutkan. Karena nasi yang berada di saringan kemudian dibasahkan kembali dengan air. "Apa-apaan ini? Mengapa Anda menyiramkan air ke nasi? Siapa sih yang masak nasi seperti ini? Bagaimana bisa perempuan ini ada di BBC Food?" katanya.

Namun demikian, Star melaporkan, Uncle Roger telah bertemu BBC Food Hersha Patel yang sesi memasak nasi goreng telurnya viral. Dijelaskan bahwa keduanya tengah membuat konten kolaborasi.

Ia pun meminta publik untuk tak merundung Patel. "Baik. Saya akan membuat pernyataan singkat. Saya melakukan pekerjaan untuk BBC, merepresentasi resep mereka. Saya tahu bagaimana memasak nasi. Hanya itu yang bisa saya katakan," ucap Patel mengklarifikasi.

5 dari 5 halaman

Infografis 7 Penyebab Sampah Makanan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat