uefau17.com

Pangeran Hisahito Daftar ke SMA Negeri, Tak Ikut Tradisi Keluarga Kekaisaran Jepang - Lifestyle

, Jakarta - Pangeran Hisahito datang membawa kabar baru. Keponakan Kaisar Jepang Naruhito sekaligus pewaris takhta kedua itu baru saja mendaftarkan diri ke SMA yang terafiliasi dengan Universitas Tsukuba.

SMA itu dikenal sebagai sekolah negeri dengan tingkat persaingan akademis yang ketat di Tokyo. Kabar tersebut disampaikan Badan Rumah Tangga Kekaisaran pada Rabu, 16 Februari 2022.

 

Pilihan pangeran berusia 15 tahun itu melenceng dari tradisi kerajaan. Ia menjadi anggota Kekaisaran Jepang pertama yang memilih sekolah yang tak berafiliasi dengan Universitas Gakushuin sejak era Perang Dunia II.

Dikutip dari Kyodo, Kamis (17/2/2022), sekolah yang akan dimasukinya nanti adalah SMA di Otsuka. Ia baru akan memulai studi pada April 2022.

Pangeran Hisahito saat ini masih duduk di kelas 3 SMP Universitas Ochanomizu. Ia sebelumnya bersekolah di SD yang berafiliasi dengan universitas tersebut.

Pihak kerajaan menjelaskan alasan Pangeran Hisahito dan orangtuanya mengambil keputusan tersebut. Pertimbangannya terletak pada kebijakan sekolah dalam memberikan kebebasan dan otonomi dan pengambilan keputusan bagi siswanya.

Selain itu, Ochanomizu hanya memiliki SMA khusus perempuan. Mau tak mau, sang pangeran harus mencari sekolah lain.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Lulus Tes

Proses penerimaan dilakukan melalui program SMP yang memungkinkan sebagian siswanya melanjutkan ke SMA yang terafiliasi. Pihak agensi mengatakan, nilai akademis sang pangeran cukup baik untuk mendaftar program tersebut.

Pangeran Hisahito selanjutnya harus melalui ujian masuk yang digelar pada Minggu, 13 Februari 2022. Ia dinyatakan lulus. 

 

 

 

3 dari 5 halaman

Didukung Orangtua

Putra Mahkota Fumihito dikenal memiliki kebijakan liberal untuk pendidikan anak-anaknya. Ia disebut sudah berdiskusi dengan putranya terkait rencana pendidikannya.

"(Pangeran) kini duduk di mejanya lebih lama daripada setahun lalu," ujar Pangeran Akishino kepada reporter, November 2021.

Biasanya, anggota keluarga kerajaan bersekolah di sekolah yang terafiliasi dengan Universitas Gakushuin. Sekolah yang memiliki jenjang SMP dan SMA itu didirikan pada abad ke-19 sebagai sekolah bagi aristrokat.

4 dari 5 halaman

Sosok Hisahito

Pangeran Hisahito lahir pada 6 September 2006 di Tokyo. Ia merupakan adik bungsu dari mantan Putri Mako dan Putri Kako, serta satu-satunya anak lelaki dari Pangeran Akishino dan Putri Kiko.

Perbedaan usia Hisahito dengan kakak-kakaknya cukup jauh. Terbukti, dua kakaknya sudah lebih dulu lulus dari International Christian University di Tokyo.

Bila Putri Kako masih tinggal bersamanya, tidak demikian dengan Mako yang kini bernama belakang Komuro. Ia memutuskan tinggal di New York, Amerika Serikat, setelah menikah dan melepas gelar bangsawannya.

5 dari 5 halaman

Kaisar Naruhito

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat