uefau17.com

Hadikan Kuliner Khas Bali di Rumah, Cobain Masak dengan Bumbu Spesial BLI ENAK BALI - Lifestyle

, Jakarta Menyajikan berbagai kuliner sedap khas Bali untuk keluarga di rumah kini semakin mudah berkat aneka bumbu yang dihadirkan oleh BLI ENAK BALI, sebuah merek usaha yang didirikan oleh Erick Kurniawan dan memproduksi bumbu-bumbu masakan khas Bali.

Kehadiran BLI ENAK BALI mempermudah siapapun yang rindu kuliner Bali untuk membuatnya sendiri di rumah.

Inspirasi Nama BLI ENAK BALI

 

BLI ENAK BALI terinspirasi dari Budaya Bali dalam bidang kuliner. Kata "BLI" diambil dari bahasa Bali yang berarti kakak laki-laki yang mana dalam setiap acara adat istiadat dan menyambut hari Besar. Para pemuda laki laki bertanggung jawab untuk saling gotong royong mempersiapkan Base (Bumbu) Genap yang akan diolah untuk acara di Desa Adat tersebut. Bukan dengan imbalan berupa uang, melainkan sebuah tradisi untuk melestarikan asas gotong royong dan tolong menolong yang memperkuat tali persaudaraan antar keluarga Bali.

Sementara kata "ENAK", diambil dari bahasa Indonesia yang mengunggulkan dan menggambarkan Kenikmatan dari perpaduan Bumbu Rempah Rempah khas Bali yang harmoni, yang siap disajikan dengan kualitas rasa terbaik bagi seluruh keluarga yang rindu akan Bali. Adapun kata BALI, menggambarkan Pulau Bali yang diangkat sebagai Identitas untuk menunjukan betapa kayanya dan kentalnya kearifan budaya bangsa Indonesia bagi masyarakat nusantara dan dunia.

Keunggulan BLI ENAK BALI

Erick menjelaskan kalau keunggulan produk BLI ENAK BALI adalah orisinalitas yang diusungnya. Termasuk dalam pemilihan bahan baku, hingga proses pembuatan yang tetap mempertahankan metode tradisional.

"Dengan tetap mempertahankan teknik tradisional pengolahan bumbu masak ini, dan penggunaan bahan dasar rempah genep (genap) yang melambangkan kekayaan rempah alam Indonesia, kami berkomitmen untuk menjaga nilai nilai luhur budaya yang terkandung di dalamnya," kata Erick.

Erick menambahkan kentalnya semangat masyarakat Bali yang menjunjung kebersamaan dan gotong royong dalam mempersiapkan setiap racikan bumbu masakan khas Bali untuk menjadi sajian dalam menyongsong hari Besar di Bali, baik hari Besar Adat Bali maupun menjelang hari Besar pernikahan di keluarga Bali yang sakral. Menjadikan Bumbu Bali sangat penting dan sangat erat dengan Identitas Budaya kearifan lokal di Bali.

Inspirasi Bisnis Bumbu Masakan Bali

BLI ENAK BALI mulai dibuat sejak dari akhir tahun 2019. Usaha ini benar-benar hadir dan fokus sebagai produsen bumbu khas Bali. Ambisi mereka pun tak sekadar sebagai produsen bumbu khas Bali terbesar, tetapi juga yang terlengkap di Bali. Menariknya produk BLI ENAK BALI ini tak hanya menyasar segmen pasar dalam negeri, melainkan ke manca negara.

Sementara bicara inspirasi usaha, Erick mengungkapkan jika dirinya ingin berkontribusi dalam membanggakan banga Indonesia dengan mengenalkan bumbu-bumbu khas Bali ke mata dunia.

"Inspirasi saya untuk memulai usaha ini didasari oleh kebanggaan saya putra bangsa Indonesia, dan kecintaan saya kepada kuliner Bali yang rasanya enak, yang menjadi makanan lokal yang dilestarikan, serta digemari oleh para wisatawan dalam hingga luar negeri, dan memiliki nilai luhur dalam Warisan Budaya Kuliner di Bali," ungkap Erick.

Produk Andalan yang Bisa Dipesan

Beberapa menu BLI ENAK BALI yang patut buat dipesan, antara lain Bumbu Ayam Betutu, Bumbu Sate Lilit, Bumbu Ikan Bakar Jimbaran, Minyak Sambal Matah, serta Bubuk Sedap Rasa untuk Ayam Suwir Pedas Khas Bali.

Spesial untuk Minyak Sambal Matah, Erick mengungkapkan jika pihaknya menggunakan Minyak Extract Coconut Oil dan Extract bunga Kecombrang dilengkapi dengan Bubuk Rempah raciknya, sehingga tinggal memanaskan minyaknya hingga harum dan dituang di irisan bawang dan cabainya serta bubuk raciknya.

"Kalau bubuk Sedap rasa adalah Racikan rempah yang sudah dilengkapi bumbu masak sprti garam dan gula sehingga rasa akan tetap stabil untuk penggunaan sup ikan dan ayam sisit atau ayam suwir. Kalau mau bikin Sup ikan khas Sanur bumbunya pakai Mixture bumbu ayam betutu dan sedap rasa dan jika mau pedas bisa tambahkan cabai saja," pungkas Erick.

Bumbu-bumbu dari BLI ENAK BALI terjamin kehalalannya, dan bisa bertahan hingga satu bulan dalam ruangan sejuk. Sementara kalau dimasukkan ke dalam kulkas, bisa bertahan sampai tiga bulan. Jika ingin lebih lama lagi, bisa dimasukkan ke dalam freezer, maka bisa bertahan sampai 6 bulan.

Pengirimannya pun bisa dilakukan ke berbagai kota di seluruh Indonesia. Biar lebih mudah memesannya, andalkan saja ManisdanSedap.com. Platform tersebut merupakan bagian dari KLY (KapanLagi Youniverse) sebagai Digital Media Network yang juga menaungi , Merdeka.com, KapanLagi.com, Dream.co.id, Brilio.id, Fimela.com, Bola.com, Bola.net, dan Otosia.com.

Bukan hanya memudahkan penikmat kuliner menemukan dan memesan pre-order dari seluruh Nusantara, ManisdanSedap.com juga menjadi etalase yang memajang jualan para pemilik UMKM. Dilengkapi fitur tombol langsung ke nomor seller, pembeli dan penjual bebas berinteraksi maupun bertransaksi terpisah dari platform ini.

Menariknya lagi, BLI ENAK BALI juag menawarkan peluang usaha bagi pihak yang ingin bermitra, baik untuk penjualan kembali di daerah masing-masing, atau pelaku industri kuliner seperti katering maupun rumah makan yang memerlukan bumbu dalam jumlah besar. Semua bisa diinformasikan kepada pihak BLI ENAK BALI secara mudah lewat ManisdanSedap.com.

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat