uefau17.com

Maria Sharapova Pakai Gaun dari Botol Minum Daur Ulang di Fashion Awards 2021 - Lifestyle

, Jakarta - Penampilan Maria Sharapova kembali menarik perhatian. Mantan petenis ini menggabungkan high fashion dengan mode berkelanjutan saat menghadiri Fashion Awards 2021, Senin, 29 November 2021.

Kendati aktor Billy Porter tampil heboh, memakai gaun monokrom dan membawa rombongan penari di karpet merah, penampilan Sharapova juga tak kalah menarik. Pilihan modenya bahkan punya makna khusus.

Sharapova hadir mengenakan gaun berbahan daur ulang botol air mineral. Wanita asal Rusia ini memakai gaun hasil kolaborasi perancang busana Iris van Herpen dengan produsen air mineral Evian.

"Hal terbaik dari fesyen adalah banyak hal yang memungkinkan kita melakukan eksperimen dan keluar dari zona nyaman. Kita bisa mencoba sesuatu yang baru dan lebih baik," ucap Sharapova, dilansir dari dari Vogue, Selasa (30/11/2021).

Gaun berkelanjutan yang dinamai Mimesis ini dirancang dengan kain yang terbuat dari botol daur ulang berpadu sutra organik. Hasilnya, gaun tersebut memiliki tampilan tiga dimensi seperti air mengalir.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mendorong Daur Ulang Plastik

Van Herpen dalam keterangannya yang dikutip dari laman WWD mengatakan, "Mendesain gaun adibusana dengan kain yang dibuat dari botol Evian telah memungkinkan kami bergabung dan menciptakan pakaian yang menakjubkan. Hal ini bertujuan menginspirasi dan mendorong daur ulang plastik." 

Upaya untuk menjaga bumi makin sering ditunjukkan dengan aksi mengurangi sampah plastik, mendaur ulang, dan memangkas penggunaan energi fosil. Langkah menciptakan gaun daur ulang ini merupakan salah satunya.

Van Herpen berharap gaun ini akan membentuk persepsi orang tentang daur ulang dengan memperkuat berbagai bentuk siklus hidup produk. "Gaun ini seperti menyoroti bahwa kita semua punya kekuatan untuk mengubah masa depan kita menjadi lebih baik," sambungnya.  

3 dari 4 halaman

Akan Dipamerkan

Gaun yang dipakai Sharapova itu dirancang melalui teknik pemotongan laser yang canggih, dengan ratusan kelopak kain daur ulang yang ditempatkan dalam pola segitiga dan penampang. Potongan berlapis dan warna biru lembut yang mengintip melalui gaun dimaksudkan untuk meniru pola gelombang air.

"Saat kita melihat gaun ini dari dekat, kita akan lebih menghargai tingkat kerajinan tangan yang dituangkan dalam gaun ini," terang Van Herpen. Pada 2022 nanti, gaun itu akan dipamerkan di acara peluncuran Green Metropolis di Amsterdam, Belanda.

Pameran itu diselenggarakan oleh sejumlah perancang busana dan diproduksi pakar terkemuka di bidang adibusana, arsitektur, dan alam. Kolaborasi ini dilakukan saat Evian berusaha mencapai komitmennya untuk membuat semua botol plastiknya terbuat dari 100 persen bahan daur ulang pada 2025 mendatang.

4 dari 4 halaman

Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat