uefau17.com

Menparekraf Sandiaga Uno Ajak Wisudawan UMN Pulihkan Ekonomi Nasional - Lifestyle

, Jakarta - Pandemi Covid-19 telah memberi dampak yang sifgnifikan terhadap seluruh sektor. Tidak terkecuali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Namun, kita harus tetap optimis dan berusaha bangkit. Mengingat ada 34 juta masyarakat Indonesia yang yang menggantungkan hidupnya pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam acara wisuda XX mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara (UMN) secara daring, Sabtu (10/7/2021).

Kata Sandi, sejak adanya pandemi Covid-19 ekosistem bisnis mengalami perubahan dan adaptasi. Pandemi Covid-19 memaksa kita untuk menciptakan ekosistem yang baru.

"Hal ini dapat dilihat dari peningkatan aktivitas transaksi online melalui digital. Kita juga melihat kehidupan baru yang terakselerasi oleh pandemi adalah digital lifestyle, karena penerapan protokol kesehatan dan peraturan lainnya sebagai usaha untuk menekan angka kasus Covid-19," papar Sandiaga.

Sandiaga mengungkapkan, Bank Indonesia mencatat terjadinya kenaikan pengunjung e-commerce. Kenaikan pengunjung e-commerce ini tercatat sebesar 79,38 persen sepanjang tahun 2020.

"Selain itu, melalui kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang diinisiasi oleh pemerintah bersama-sama pemangku kepentingan, tercatat lebih dari 5 juta UMKM goes digital yang berhasil kita onboarding per Maret 2021 meningkat dari angka 3,8 juta UMKM digital pada 2020. Peluang inilah yang harus diambil oleh para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif untuk turut berdaptasi dan bertransformasi ke arah digital agar tetap bertahan," ucap Sandi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pulihkan Perekonomian Nasional

Dalam kesempatan itu, Sandi mengajak para wisudawan Universitas Multimedia Nusantara untuk untuk bersinergi untuk memulihkan perekonomian nasional dengan terus berinovasi, adaptasi, dan berkolaborasi.

"Saya sendiri menjadi pengusaha saat krisis. Bisnis terbaik memang memiliki peluang tumbuh dan berkembang saat krisis. Saya yakin jika sebagian wisudawan dan wisudawati memulai bisnis setelah wisuda peluang untuk menjadi sukses semakinbesar," harap Sandiaga.

Dalam acara itu pihak Universitas Multimedia Nusantara mewisuda 336 mahasiswa. Mereka terdiri Fakultas Teknik dan Informatika, Fakultas Bisnis, Fakultas Komunikasi, Fakultas Seni dan Desain.

3 dari 4 halaman

Hoax

Rektor Universitas Multimedia Nusantara Ninok Leksono mengatakan saat ini para wisudawan hidup dalam era media sosial. Di satu sisis sulit dihindarkan, tapi di sisi lain harus disikapi dengan kedewasaan.

"Ada banyak informasi, tapi juga ada banyak kebohongan, yang kita kenal sebagai hoax. Tetap berhati-hatilah dan jangan cepat percaya pada cuitan yang berseliweran di jagat maya," ujar Ninok.

4 dari 4 halaman

Infografis Siapa Pengganti Sandiaga Uno di Kursi DKI2?

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat