uefau17.com

5 Tips Mengendalikan Nafsu Makan Selama Musim Liburan untuk Jaga Berat Badan - Lifestyle

, Jakarta - Tanpa mengabaikan protokol kesehatan, publik tengah berada di musim liburan akhir tahun. Dengan segala keterbatasan akibat pandemi corona COVID-19 yang belum jua mereda, makan bersama di rumah jadi salah satu agenda menarik.

Namun demikian, daripada Anda takut melihat timbangan setelah periode libur Natal dan Tahun Baru 2021, ada baiknya mengendalikan nafsu makan sedini mungkin. Trik ini tentu bisa dilakukan tanpa merasa terlalu tersiksa karena tak bebas makan apa pun yang diingini.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention Amerika Serikat yang dilansir Jumat, 25 Desember 2020, setidaknya ada lima tips untuk menjaga berat badan di masa liburan. Mulai dari praktik mindful eating, sampai membarenginya dengan kegiatan bermanfaat lain, berikut ulasannya.

1. Teguh pada Rencana Anda

Anda mungkin tak dapat sepenuhnya mengontrol makanan apa yang disajikan, dan melihat orang lain memakannya malah akan semakin menggoda. Temui tantangan tersebut dengan sederet rencana ini.

Pertama, makan mendekati waktu biasanya untuk menjaga gula darah tetap stabil. Jika makanan disajikan lebih lambat dari biasanya, makan camilan pada waktu makan biasa Anda dan makanlah sedikit lebih sedikit saat makanan utama disajikan.

Kemudian, jika sudah makan makanan manis, kurangi karbohidrat lain, seperti kentang dan roti, selama makan. Jangan melewatkan makan untuk menabung demi 'makan besar'.

Kebiasaan itu akan membuat Anda lebih sulit mengelola gula darah, dan Anda akan sangat lapar, juga cenderung makan berlebihan. Ujungnya bisa saja jadi penambahan berat badan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Mengakali Konsep Prasmanan

Saat menghadapi beragam makanan liburan yang lezat, buat pilihan yang sehat, namun juga tak menyiksa Anda. Bisa dengan mengambil sepiring kecil makanan yang paling Anda sukai dan kemudian menjauh dari meja prasmanan.

Mulailah dengan sayuran untuk mengurangi nafsu makan. Makan perlahan. Otak Anda membutuhkan setidaknya 20 menit untuk menyadari bahwa Anda sudah kenyang.

3. Tak perlu melewatkan makanan kesukaan

Tak ada makanan di daftar larangan. Pilih hidangan yang sangat Anda sukai dan tak bisa didapatkan di waktu lain sepanjang tahun. Perlambat dan nikmati porsi kecil. Juga, pastikan untuk menghitungnya dalam rencana makan Anda.

 

3 dari 4 halaman

4. Aktif Bergerak

Anda memiliki banyak hidangan di piring Anda sepanjang tahun ini, dan berat badan bisa saja bertambah. Tapi, tetap aktif adalah senjata rahasia liburan Anda. Itu dapat membantu mengganti makan lebih banyak dari biasanya dan mengurangi stres selama waktu yang paling menegangkan tahun ini.

Jalan santai maupun tetap melakukan olahraga ringan 30 menit sehari bisa jadi opsi untuk dimasukkan dalam agenda harian.

5. Jangan lupakan kualitas tidur

Waktu santai tak jarang malah mengurangi waktu tidur. Padahal, kurang tidur dapat mempersulit pengelolaan gula darah, dan saat kurang tidur, Anda cenderung makan lebih banyak, juga memilih makanan tinggi lemak dan tinggi gula.

Targetkan tujuh hingga delapan jam per malam untuk mencegah makan sembarangan. Yang terpenting, ingatlah musim liburan ini sebagai bagian perayaan dan menjalin koneksi dengan orang-orang tersayang dengan cara seaman mungkin. Jika lebih fokus pada kesenangan, lebih mudah untuk mengurangi fokus pada makanan.

4 dari 4 halaman

Infografis 5 Alasan Diet Tidak Berjalan Lancar

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat