uefau17.com

8 Langkah Menyambut Anjing Peliharaan - Lifestyle

, Jakarta Anda yang cat person maupun dog person, akan sama-sama setuju bahwa memelihara anjing perlu persiapan ekstra dibanding kucing.

Sebelum menjemput anjing peliharaan baru dari pet shop, Anda mungkin sudah mempersiapkan makanan, tempat tidur, kalung anjing dan tali untuk jalan-jalan mereka. Rumah pun sudah diatur letak perabotannya agar tersedia ruang si anjing bermain.

Ada satu lagi yang perlu diperhatikan. Supaya anjing Anda nantinya bisa jadi penurut, kita harus mengajarnya peraturan rumah. Pesan yang Anda kirim ke anjing Anda saat baru masuk rumah penting untuk dipikirkan. Jika Anda main membiarkan mereka lari masuk rumah, lama-kelamaan perilaku mereka bisa tidak terkendali. Seperti menggerogoti sepatu Anda sampai rusak atau memanjati perabotan. Ada peraturan-peraturan tentang cara melatih anjing Anda pada saat mereka baru masuk rumah. Dilansir dari laman huffingtonpost.com, Sabtu (28/3/2015), berikut caranya: 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menyambut anjing baru

1. Tetap tenang

Anak-anak atau adik Anda yang masih kecil mungkin senang menyambut si anjing baru. Namun, jangan biarkan mereka kelewat bersemangat sampai memeluk si anjing terus-terusan atau bicara pada mereka dengan suara keras. Si anjing baru keluar dari tempat yang membuat mereka nyaman dan harus mulai beradaptasi dengan lingkungan baru.

2. Ajak mereka jalan

Saat sudah dekat rumah, pakaikan tali ke anjing Anda dan ajak mereka jalan di sekeliling perumahan Anda. Ini akan membuat mereka tenang saat sampai rumah dan membiasakan mereka dengan bau-bauan, pemandangan dan suara-suara di lingkungan baru mereka.

3. Kenalkan rumah Anda

Setelah berjalan-jalan, jangan lepaskan tali anjing Anda dulu. Kenalkan mereka dengan rumah baru mereka. Ajak mereka berdiri di depan rumah, tapi jangan biarkan mereka masuk dulu. Setelah Anda masuk lebih dulu, baru undang mereka masuk rumah.

4. Lakukan tur

Saat sudah di dalam rumah, bimbing anjing Anda yang masih diikat dari ruangan ke ruangan. Habiskan waktu beberapa menit di tiap ruangan. Setiap perpindahan, Anda harus masuk terlebih dahulu sebelum mengajak si anjing masuk. Anda harus konsisten, jangan biarkan anjing Anda mengikuti Anda ke ruangan lain sebelum Anda memberi izin.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

5. Jangan menyentuh, bicara atau lakukan kontak mata

Selama tur, jangan berbicara, hanya lakukan gestur atau suara sederhana seperti "shh!" atau jentikan jari. Anjing Anda masih limbung, sehingga Anda harus menghindari mereka akn ekpos pada stimulasi berlebih.

6. Area makan

Setelah menyelesaikan tur dari kamar ke kamar, ajak anjing Anda ke tempat makan dan minum. Hadiahkan mereka air dan makanan beberapa gigit. Jangan terlalu banyak, saat ini si anjing masih diikat tali.

7. Kamar tidur si anjing

Di tempat inilah Anda bisa melepas tali si anjing. Dengan melepaskan tali, Anda seolah berkata "ini tempat kamu." Jangan kaget kalau mereka berdiam diri dan mengacuhkan Anda dan keluarga beberapa lama. Ini artinya mereka sudah menemukan tempat dimana mereka merasa nyaman.

8. Bersikap tenang namun asertif

Setelah melakukan semua proses di atas, selma sehari semua anggota keluarga jangan memberi perhatian berlebih pada si anjing. Selama Anda masih membiasakan diri dengan adanya mereka di rumah, mereka juga sedang membiasakan diri dengan rumah baru mereka. 

 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat