uefau17.com

Jangan Ragu untuk Taubat, Ini 3 Doa Penghapus Dosa dari Kesalahan Berulang - Islami

, Jakarta - Setiap ucapan tidak ada yang selalu benar begitupun dengan tindakan. Selama kita masih hidup di dunia kemungkinan untuk salah itu selalu ada. Karena itu, seseorang dianjurkan untuk istighfar (meminta ampun) waktu.

Seperti kesalahan yang berujung pada dosa baik yang disengaja maupun tidak. Paling gampang adalah ketika kita mulut ringan untuk mengucapkan kata-kata yang dapat melukai hati orang lain.

Tanpa disadari, kesalahan ini mungkin sering dilakukan berulang. Namun karena menganggap ringan, kita jadi tidak sadar sudah melakukannya lagi.

Ataupun kesalahan-kesalahan lainnya yang masih saja terus diperbuat baik itu dosa kecil ataupun besar. Kendati demikian, kita tidak boleh larut dengan dosa-dosa itu.

Oleh karena itu, manusia dianjurkan agar bertaubat dengan membaca doa atas segala perbuatan dosa yang telah dilakukan.

Dikutip dari laman dream.co.id, berikut adalah kumpulan bacaan doa penghapus dosa dari kesalahan berulang sebagai sarana taubat dan pembersih hati.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Doa Penghapus Dosa dari Kesalahan yang Berulang

اللهم اني أستغفرك مما تبت اليك منه ثم عدت فيه وأستغفرك مما جعلته على نفسي ثم لا أف به لك وأستغفرك مما زعمت عني أردت به وجهك فخالط قلبي منه ما قد عملت

Allahumma inni astaghfiruka mimma tubtu ilaika minhu tsumma 'udtu fihi wa astaghfiruka mimma ja'altahu 'ala nafsi tsumma la uffi bihi laka wa astaghfiruka mima za'amta anni aradtu bihi wajhaka fakholata qalbi minhu ma qad 'amiltu

Artinya: "Ya Tuhan, sesungguhnya aku memohon ampun kepada-Mu dari apa-apa yang telah aku sesali kemudian aku mengulanginya, dan aku memohon ampun atas apa yang telah Engkau tetapkan namun aku tak melakukannnya, dan aku memohon ampun atas prasangkaku terhadap-Mu yang membuat hatiku resah." 

3 dari 4 halaman

2. Doa Penghapus Dosa untuk Taubat

اَللّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ خَطِيْئَتِيْ، وَجَهْلِيْ، وَإِسْرَافِيْ فِي أَمْرِيْ، وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اللّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ جَدِّيْ وَهَزْلِيْ، وَخَطَئِيْ وَعَمْدِيْ، وَكُلُّ ذلِكَ عِنْدِيْ، اللّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ، وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ، وَمَا أَعْلَنْتُ، وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ، وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ، وَأَنْتَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Allahummaghfirli khothiati wa jahli wa israfi fi amri wama anta a'lamu bihi minni. Allahummaghfirli jaddi wa hazli wa khoto-i wa 'amdi wa kullu dzalika 'indi. Allahummaghfirli ma qaddamtu wama akhkhartu wama asrartu wama a'lantu wama anta a'lamu bihi minni antal muqaddimu wa antal muakhkhiru wa anta 'ala kulli syai-in qadir.

Artinya:

"Ya Allah, ampunilah kesalahanku, kebodohanku, keberlebih-lebihan dalam perkaraku, dan apa yang Engkau lebih mengetahui daripada aku. Ya Allah, ampunilah diriku dalam kesungguhanku, kelalaianku, kesalahanku, kesengajaanku, dan semua itu adalah berasal dari sisiku.

Ya Allah, ampunilah aku dari segala dosa yang telah aku lakukan dan yang belum aku lakukan, segala dosa yang aku sembunyikan dan yang aku tampakkan, dan dosa yang Engkau lebih mengetahui daripad aku, Engkaulah Yang Maha Mendahulukan dan Yang Maha Mengakhirkan, dan Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu."

4 dari 4 halaman

3. Doa Pencuci Hati Berkarat Dosa

سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ سُبْحَانَ اللهِ اْلعَظِيْمِ لَا اِلَهَ اِلَّا اللهُ اَللَّهُمَّ ثَبِّتْ عِلْمَهَا فِيْ قَلْبِيْ وَاغْفِرْ لِيْ ذَنْبِيْ وَاغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَقُلِ اْلحَمْدُ لِلَّهِ وَسَلاَمٌ عَلَى عِبَادِهِ الَّذِيْنَ اصْطَفَى

Subhanallahi wa bihamdihi subhanallahil 'adhim, laa ilaha illallahu, allahuma tsabbit 'ilmaha fi qalbi waghfirli dzanbi waghfir lil mukminiina wal mukminaati wa qulil hamdu lillahi wa salamun 'ala 'ibadihil ladzinashthofa.

Artinya:

"Maha Suci Allah dan dengan memuji-Nya, Maha Suci Allah Dzat Yang Maha Agung, tiada Tuhan selain Allah.

Ya Allah, tetapkan ilmu kalimat itu di dalam hatiku, ampunilah dosa-dosaku, dan ampunilah orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan.

Dan katakan, segala puji bagi Allah, dan keselamatan atas hamba-hamba-Nya yang Dia pilih."

Demikian itulah 3 doa penghapus dosa dari kesalahan yang berulang. Hati menjadi penentu bagaimana perbuatan kita. Jika hati baik, maka kita akan menjadi baik dan jika buruk, kita cenderung berlaku buruk dan aniaya.

Karena itulah, kebersihan hati sangat penting dijaga. Kotoran sedikit saja berpengaruh pada perilaku, apalagi jika sampai hati berkarat dosa. Semoga dengan amalan doa-doa di atas, taubat kita diterima oleh Allah SWT. Aamin.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat