uefau17.com

5 Keutamaan Berbagi di Bulan Ramadhan, Nomor 4 Nyes Banget - Islami

, Jakarta - Bulan Ramadhan adalah bulan penuh keberkahan sebagaimana yang dijanjikan oleh Allah SWT. Pada bulan ini ada banyak ibadah yang dapat kita lakukan di samping kewajiban menunaikan puasa.

Berbagai macam kegiatan dan tradisi turut memeriahkan datangnya bulan Ramadhan ini. Namun, mungkin masih banyak saudara kita sesama muslim yang tidak memiliki cukup rezeki untuk berbuka puasa ataupun sahur.

Sebagai umat muslim tentunya kita harus saling membantu satu sama lain. Di antaranya dengan berbagi rezeki atau bersedekah.

Dilansir dari laman dream.co.id, Profesor Dr. KH Nasaruddin Umar, Imam Besar Masjid Istiqlal membagikan keutamaan-keutamaan yang didapatkan saat kita berbagi di bulan Ramadhan.

Apa saja itu? Yuk simak, agar jadi motivasi kita untuk banyak berbagi di bulan penuh keberkahan ini. 

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keutamaan Berbagi di Bulan Ramadhan

1. Pahala Berlipat Ganda dan Mensucikan Diri

Pahala di bulan Ramadhan akan dilipatgandakan oleh Allah SWT, termasuk ketika kita bersedekah. Jadi, usahakan untuk bersedekah sekecil apapun itu karena pahalanya akan berlipat-lipat.

Bersedekah juga akan membersihkan dan mensucikan diri dan harta. Oleh karena itu, bersedekah sangat dianjurkan, apalagi jika dilaksanakan di bulan Ramadhan.

2. Berbagi Keberkahan Harta yang dimiliki

Harta yang dimiliki  merupakan keberkahan yang Allah berikan kepada manusia. Oleh karena itu, bersedekah berarti juga berbagi keberkahan yang diberikan Allah kepada saudara kita yang lain. Jika kita berbagi kepada sesama, maka harta yang dimiliki akan semakin berkah.

Selain itu, makanan juga termasuk bentuk rezeki dan berkah yang diberikan Allah kepada makhluknya. Oleh karena itu, bersedekah baik berupa harta ataupun makanan kepada orang yang membutuhkan juga berarti berbagi keberkahan dari Allah kepada sesama

3 dari 3 halaman

3. Pahalanya Setara Orang yang Berpuasa

Jika memberikan makanan kepada orang yang sedang berpuasa, maka kamu akan mendapat pahala setara dengan orang yang berpuasa.

Hal ini juga telah disebutkan di dalam salah satu hadis Rasulullah SAW yang berbunyi, “Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi).

4. Melapangkan Hati

Berbagi dan bersedekah di bulan Ramadan juga melapangkan hati. Ketika berbagi, kita dilatih untuk mengikhlaskan sebagian harta yang dimiliki. Oleh karena itu, hati pun akan belajar untuk merasa lapang.

5. Membahagiakan Diri Sendiri dan Orang Lain

Jika kita berbagi dan bersedekah, kita akan melihat secara langsung kebahagiaan terpancar di sekitar kita. Perasaan kita pasti akan ikut bahagia. Berbagi dan bersedakah juga berarti membahagiakan diri sendiri. Jangan sampai kamau melewatkan kesempatan ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat