uefau17.com

6 Ciri Wanita Penghuni Surga, Apakah Kamu Termasuk Golongan Ini? - Islami

, Jakarta - Kaum wanita begitu dimuliakan dalam Islam. Bahkan, juga diberikan kemudahan untuk masuk surga dibanding dengan kaum adam. 

Sebagaimana yang telah dijanjikan oleh Allah SWT melalui hadis Nabi SAW berikut:

إِذَا صَلَّتِ الْمَرْأَةُ خَمْسَهَا وَصَامَتْ شَهْرَهَا وَحَفِظَتْ فَرْجَهَا وَأَطَاعَتْ زَوْجَهَا قِيلَ لَهَا ادْخُلِى الْجَنَّةَ مِنْ أَىِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ شِئْتِ

“Jika seorang wanita selalu menjaga sholat lima waktu, juga berpuasa sebulan (di bulan Ramadhan), serta betul-betul menjaga kemaluannya (dari perbuatan zina) dan benar-benar taat pada suaminya, maka dikatakan pada wanita yang memiliki sifat mulia ini, “Masuklah dalam surga melalui pintu mana saja yang engkau suka.” (HR. Ahmad 1: 191 dan Ibnu Hibban 9: 471)

Impian terbesar bagi setiap wanita muslim tentunya kelak akan menjadi ratu para bidadari surga. Sebagai seorang wanita yang memiliki sifat serta lahiriah berbeda dengan kaum pria.

Selain itu, juga terdapat perbedaan dalam amalan yang dilakukan supaya bisa mendapatkan surga seperti yang sudah diajarkan Nabi Muhammad SAW. Mengutip dari berbagai sumber berikut merupakan 6 ciri wanita penghuni surga.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Wanita Penghuni Surga

1. Wanita muslim yang menegakkan sholat wajib lima waktu. Hal ini sesuai dengan hadis Rasulullah SAW.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menyatakan:

إِذَا صَلَّتْ الْمَرْأَةُ خَمْسَهَا، وَصَامَتْ شَهْرَهَا، وَحَفِظَتْ فَرْجَهَا، وَأَطَاعَتْ زَوْجَهَا؛ قِيلَ لَهَا ادْخُلِي الْجَنَّةَ مِنْ أَيِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ شِئْتِ

Artinya: "Apabila seorang wanita shalat lima waktu, puasa sebulan (Ramadhan), menjaga kemaluannya dan taat kepada suaminya, maka dikatakan kepadanya: Masuklah engkau ke dalam surga dari pintu mana saja yang engkau sukai.” (HR. Ahmad 1/191).

2. Wanita yang menjaga dirinya

Ciri wanita penghuni surga yang kedua adalah wanita yang menjaga diri.  Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda yang artinya:

أَلَا أُخْبِرُكَ بِخَيْرِ مَا يَكْنِزُ الْمَرْءُ الْمَرْأَةُ الصَّالِحَةُ إِذَا نَظَرَ إِلَيْهَا سَرَّتْهُ وَإِذَا أَمَرَهَا أَطَاعَتْهُ وَإِذَا غَابَ عَنْهَا حَفِظَتْهُ

Artinya: “Maukah aku beritakan kepadamu tentang sebaik-baik perbendaharaan seorang lelaki, yaitu istri shalihah yang bila dipandang akan menyenangkannya, bila diperintah akan mentaatinya dan bila ia pergi si istri ini akan menjaga dirinya.” (HR. Abu Dawud).

Hadits di atas menjelaskan bahwa wanita penghuni surga adalah wanita yang menjaga diri dari berbuat haram dan selalu berbakti kepada Allah serta suaminya. Istri tidak wajib taat atas suruhan dan arahan suami, yang bertentangan dengan hukum Allah SWT.

3. Selalu menjaga aib keluarga

Di dalam Islam, aib adalah sesuatu yang harus ditutupi dan tak boleh diumbar apalagi disebarluaskan. Aib diri sendiri, aib pasangan, hingga aib keluarga harus selalu dijaga dan ditutupi sebaik mungkin.

Tentunya, wanita yang pandai menutupi aib suami dan aib keluarga pun sangat dicintai Allah SWT. Wanita yang pandai menjaga aib maka ganjarannya adalah surga.

3 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Wanita Penghuni Surga

4. Wanita yang taat pada suaminya

Wanita penghuni surga merupakan wanita yang bisa taat pada suaminya dan selalu menjaga kesucian diri serta harta suami. 

Sebagaimana Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

“Maukah aku beritahukan kepada kalian, istri-istri kalian yang menjadi penghuni surga yaitu istri yang penuh kasih sayang, banyak anak, selalu kembali kepada suaminya. Di mana jika suaminya marah, dia mendatangi suaminya dan meletakkan tangannya pada tangan suaminya seraya berkata: “Aku tak dapat tidur sebelum engkau ridha.” (HR An-Nasai dalam Isyratun Nisa no. 257. Silsilah Al-Ahadis Ash Shahihah, Asy-Syaikh Al Albani rahimahullah, no. 287).

5. Selalu memiliki prasangka yang baik

Prasangka buruk atau suudzon adalah sifat setan dan awal dari berbagai penyakit hati. Oleh karena itu, sifat ini harus dihindari dan kita harus senantiasa memiliki prasangka yang baik. Hal ini pun sudah dijelaskan oleh Allah SWT dalam Al-Qur’an Surat Al-Hujurat ayat 12.

Jadi, seorang wanita shalihah harus senantiasa berprasangka baik pada siapapun, termasuk pada suaminya.

6. Bersikap sabar

Seorang wanita yang ingin masuk surga juga harus meneladani seluruh sikap dan sifat Nabi Saw. Salah satunya yaitu memiliki sifat sabar. Sabar secara sederhana berarti menerima segala takdir Allah dengan lapang dada sekaligus tetap bertawakal kepada-Nya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat