uefau17.com

Top 3 Islami: Karomah Abah Anom Bungkam Kapten Sombong, Ternyata Pengajian Gus Iqdam dan Soimah Nyaris Gagal - Islami

, Jakarta - Ulama kharismatik tanah Sunda, Abah Anom Suryalaya dikenal sangat alim. Lazimnya orang alim, banyak keistimewaan Abah Anom yang banyak dikisahkan.

Dalam khazanah Islam, keistimewaan itu disebut dengan karomah. Alkisah, pernah suatu ketika, Abah Anom kedatangan perwira militer, berpangkat kapten.

Si Kapten kelihatannya ingin adu kemampuan dengan Abah Anom. Belakangan, perwira itu ciut nyali dan mengakui karomah Abah Anom.

Kisah karomah Abah Anom yang menyudahi kesombongan si kapten menjadi artikel terpopuler di kanal Islami , Senin (11/12/2023).

Selanjutnya, ada pula artikel kedua yang juga menyita perhatian pembaca, yakni kisah pengajian Gus Iqdam dengan Soimah yang nyaris gagal karena hujan.

Sementara, artikel ketiga yakni 3 golongan yang pertama kali masuk neraka.

Selengkapnya, mari simak Top 3 Islami.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Kisah Karomah Abah Anom Suryalaya, Menaklukkan Kapten Sakti yang Sombong

Abah Anom Suryalaya merupakan salah satu ulama dari tanah Sunda yang diyakini memiliki karomah. Semasa hidupnya, ia menjadi salah satu tokoh agama yang sangat dihormati terutama oleh masyarakat Jawa Barat.

Abah Anom lahir di Kampung Suryalaya, Tasikmalaya pada 1 Januari 1915. Sejak kecil ia sudah didik mendalami agama Islam oleh orangtuanya, Syekh Abdullah Mubarok bin Muhammad atau Abah Sepuh.

Pengembaraan ilmu Abah Anom ke berbagai pesantren di Jawa Barat sudah dilakukan sejak 1930. Pada 1938, setelah menikah dengan Euis Siti Ruyanah pada usia 23 tahun, Abah Anom menimba ilmu agama ke Tanah Suci sekaligus menyempurnakan Rukun Islam dengan menunaikan ibadah haji.  

Setelah Abah Sepuh wafat pada 1956, Abah Anom dipercaya melanjutkan perjuangan ayahnya memimpin Pondok Pesantren Suryalaya Tasikmalaya. Di masa kepemimpinannya, Abah Anom sering mendapat teror dari DI/TII. Ia pun menginstruksikan santri dan pengikutnya untuk memberikan perlawanan secara gigih

Menjadi ulama yang kharismatik dan dihormati, Abah Anom diyakini memiliki karomah. Salah satu kisah karomah Abah Anom adalah menaklukkan seorang kapten sakti yang sangat sombong. Simak kisahnya.

Selengkapnya baca di sini

3 dari 4 halaman

2. Terkuak, Rutinan di Markas ST Pusat dengan Soimah Nyaris Gagal karena Hujan, Gus Iqdam Datangkan Pawang?

Acara rutinan malam Selasa di Markas Majelis Ta’lim Sabilu Taubah (ST Pusat) asuhan Gus Iqdam beberapa waktu yang dihadiri artis kondang Soimah dan Abah Kirun ini hampir saja gagal.

Pasalnya ketika itu cukup lama hujan mengguyur lokasi pengajian di ST Pusat sejak sore hari.

Kejadian ini cukup mengkhawatirkan sebab jika hujan tidak reda, maka acara ini terancam gagal. Hal ini diceritakan sendiri oleh Gus Iqdam.

“Makanya kemaren waktu ada Mbak Soimah di sini itu, kan kehujanan itu, sore kehujanan lama sekali berjam-jam,” cerita Gus Iqdam dikutip dari tayangan YouTube Este Nyell, Minggu (10/12/2023).

Selengkapnya baca di sini

4 dari 4 halaman

3. Inilah 3 Golongan Pertama yang Masuk Neraka, Siapa Saja dan Kenapa?

Sungguh tidak beruntung tiga orang yang masuk golongan ini. Sebab, mereka bertiga adalah orang pertama yang akan masuk neraka.

Datangnya hari akhir termasuk salah satu rukun iman yang harus diyakini sebagai muslim. Sebagaimana firman Allah SWT dalam QS. Al-Hajj ayat 7 yang berbunyi:

وَّاَنَّ السَّاعَةَ اٰتِيَةٌ لَّا رَيْبَ فِيْهَاۙ وَاَنَّ اللّٰهَ يَبْعَثُ مَنْ فِى الْقُبُوْرِ

Artinya: "Dan sungguh, (hari) Kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya; dan sungguh, Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur"

Selengkapnya baca di sini

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat