uefau17.com

Sosok Mengerikan Malaikat Paling Besar yang Berdiri di Hadapan Allah pada Hari Kiamat - Islami

, Cilacap - Malaikat-malaikat Allah jumlahnya sangat banyak. Hanya saja yang yang wajib kita ketahui ada 10.

Adapun, nama-nama malaikat itu yaitu: Jibril, Mikail, Israfil, Munkar, Nakir, Raqib, ‘Atid, Malik dan Ridwan.

Dari sekian banyak nama-nama malaikat, ada satu malaikat yang bertubuh sangat besar melebihi para malaikat lainnya. Kelak, dia berdiri tegap di hadapan Allah SWT pada hari kiamat.

Lalu siapa nama malaikat itu dan bagaimana ciri-ciri fisiknya? Berikut ini ulasannya.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Nama dan Ciri-ciri Fisiknya

Mengutip laman disway.id, nama malaikat itu adalah Ar-Ruh. "Ar-Ruh” adalah satu malaikat yang memiliki sepuluh ribu sayap. Dua sayap di antaranya berjarak antara timur dan barat.

Ia memiliki seribu wajah, dan pada setiap wajah ada seribu lisan, dua mata dan dua bibir untuk bertasbih kepada Allah hingga hari kiamat," tulis laman itu.

Ibnu Jarir melansir dari Ibnu Mas'ud RA bahwa Malaikat Ar-Ruh berada di langit keempat dan dia lebih besar daripada langit, gunung, dan para malaikat.

Menurut riwayat lain, Malaikat Ar-Ruh memiliki 70 ribu wajah dan masing-masing wajahnya memiliki 70 ribu lisan. Masing-masing lisan tersebut bertasbih kepada Allah SWT. Hal ini diriwayatkan Ibnu Jarir, Ibnul Mundzir, Ibnu Abi Hatim, Abu Asy-Syaikh, dan Al Baihaqi dalam Kitab Al-Asma' wa Ash-Sifat melansir dengan sanad dhaif dari Ali bin Abu Thalib RA.

Ada juga riwayat yang menyebut Malaikat Ar-Ruh memiliki 10 ribu sayap. Ibnu Jarir, Ibnul Mundzir, dan Abu Asy-Syaikh meriwayatkannya dari jalur Atha ' dari Ibnu Abbas RA yang berkata,

"Ar-Ruh adalah satu malaikat yang memiliki sepuluh ribu sayap. Dua sayap di antaranya berjarak antara timur dan barat. Ia memiliki seribu wajah, dan pada setiap wajah ada seribu lisan, dua mata dan dua bibir untuk bertasbih kepada Allah hingga hari kiamat."

3 dari 3 halaman

Berdiri di Hadapan Allah pada Hari Kiamat

Disebutkan dalam Al-Haba'ik fi Akhbar Al-Mala'ik karya Imam Jalaluddin as-Suyuthi dan diterjemahkan oleh Misbahul Munir, malaikat paling besar ini mampu menampung semua malaikat jika ia membuka mulutnya. Hal ini bersandar pada keterangan Abu Asy-Syaikh yang melansir dari Adh-Dhahhak, ia berkata,

"Ar-Ruh merupakan ajudan Allah. Dia berdiri di hadapan Allah pada hari kiamat dan dia merupakan malaikat yang paling besar. Seandainya ia membuka mulutnya, maka mulutnya dapat menampung semua malaikat. Semua makhluk menatap kepadanya. Akibat takut kepadanya, mereka tidak bisa mengangkat pandangan mereka menuju Tuhan yang ada di atasnya."

Adapun, perbandingan jumlah antara Malaikat Ar-Ruh dan makhluk lain begitu besar. Ibnu Abi Hatim dan Abu Asy-Syaikh meriwayatkan dari Abdullah bin Buraidah, ia berkata, "Jumlah bangsa jin, manusia, para malaikat dan setan tidak sampai sepersepuluh dari jumlah Ar-Ruh."

Dalam sebuah hadir yang diriwayatkan oleh Aisyah RA mengatakan bahwa Rasulullah SAW dalam ruku' dan sujudnya membaca, "Subbuh (Allah Bersifat dengan segala sifat kesempurnaan) dan Mahakudus (bersifat Maha suci dari sifat kurang) Tuhannya para malaikat dan Ar-Ruh." (HR Muslim, Abu Dawud, dan An-Nasa'i)

Penulis: Khazim Mahrur/Madrasah Diniyah Nurul Huda 1 Cingebul

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat