uefau17.com

Sumpah Kelakuan Surya Jemaah Gus Iqdam Kocak Banget, Sebut Rukun Islam Kelima Dzikir - Islami

, Jakarta - Ada-ada saja kejadian unik dalam pengajian Gus Iqdam yang tak henti-henti menciptakan suasana segar. Suasana pengajian tak lagi satu arah dan kaku.

Ini salah satu yang khas dari pengajian dengan mubaligh muda bernama lengkap Muhammad Iqdam Kholid ini.

Kisah kali ini datang dari 'garangan' Surya seperti dalam akun TikTok @petuahpusat, di mana selain tidak hafal rukun Islam, ia juga membawa pacarnya ke pengajian.

Dia juga tak malu memanggil pacarnya sayang di depan ribuan jamaah dan Gus Iqdam.

Otomatis, dua kelakuan Surya ini membuat seluruh jemaah tertawa terbahak-bahak dan terhibur. Meski ada kesalahan Gus Iqdam dengan tenang membimbingnya dan memberikan jawaban yang benar tanpa menyalahkan Surya.

Begini kisah lengkapnya.

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Surya Sebut Dzikir dan Ngaji Sebagai Rukun Islam

Awalnya, Surya yang menggunakan kaus berwarna gelap ini ditanya berapa jumlah rukun Islam, dengan gamblang dan jelas lima. Benar rukun Islam ada lima.

Dengan mengenakan peci putih, dan rambut berjambul depan nongol, pemuda 22 tahun ini percaya diri membacakan satu per satu, rukun Islam itu, "Syahadat, sholat, puasa," kata Surya.

Di sini jemaah terdengar tertawa pelan, itu karena jemaah banyak yang tahu dia keliru mengurutkannya karena urutan setelah syahadat, sholat, zakat, baru puasa.

Lebih salah lagi ketika mengungkapkan rukun Islam yang seharusnya haji, Surya menyebutnya dzikir.

Sontak Gus Iqdam tertawa lepas karena selain Surya salah, juga gayanya yang apa adanya buat Gus Iqdam terhibur dan gak jadi ngantuk.

Alih-alih meralat yang diungkapkan, Surya menyebut Rukun Islam kelima adalah Ngaji. Surya tambah salah, dengan sabar lagi-lagi Gus Iqdam membimbingnya.

3 dari 4 halaman

Penjelasan Rukun Islam Singkat

Menurut bahasa rukun adalah yang harus dipenuhi untuk sahnya suatu pekerjaan, sedangkan syarat adalah ketentuan (peraturan, petunjuk) yang harus diindahkan dan dilakukan.

Rukun Islam adalah konsep yang sangat penting dalam agama Islam. Konsep ini menjadi dasar dalam menjalankan ajaran Islam. Rukun Islam terdiri dari lima. Rukun Islam merupakan praktik-praktik yang harus dilakukan oleh setiap muslim sebagai bukti kesediaan untuk mengakui kebesaran Allah dan menyerahkan diri sepenuhnya kepada-Nya.

Lima Rukun Islam tersebut adalah, syahadat mengakui bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah. Sholat, melaksanakan shalat lima waktu sehari semalam.

Zakat memberikan sumbangan kepada yang berhak, seperti fakir miskin, yatim piatu, dan kaum dhuafa. Puasa menahan diri dari makan, minum, dan hal-hal lain yang dianggap membatalkan puasa selama bulan Ramadan.

Haji melakukan perjalanan ke Makkah Madinah untuk menunaikan ibadah haji.

 

4 dari 4 halaman

Panggil Sayang ke Pacar di Depan Gus Iqdam dan Jemaah ST Nyel

Masih dalam pertemuan tersebut Surya saat ditanya status dengan jujur menjawab belum menikah dan minta doa agar bisa nikah secepatnya.

Nah, saat ditanya soal nikah ini. Surya lantas memanggil kekasihnya dengan panggilan "Yang, sayang....:. Meledaklah tawa Gus Iqdam bersama jemaah ST Nyel satu lapangan itu.

"Arep rabi Gus," kata Surya. Yang berarti mau menikah gus.

"Urung rabi? urung rabi kok wani-wani digowo ngaji. Ndang rabi, cepat nikah Surya... Kalau mau nikah di pondok sekalian gak papa, secepatnya Sur. Ben gak mumetke petugas," kata Gus Iqdam.

Mengetahui Surya perajin tahu, Gus Iqdam meminta Surya agar segera nikah agar jualannya laris dan kesuksesan akan segera mengikuti setelah nikah.

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Nurul Huda 1 Cingebul

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat