uefau17.com

Momen Kocak saat Gus Iqdam Digeruduk 20 Penyanyi Dangdut se-Bojonegoro - Islami

, Jakarta - Apa jadinya kalau mubaligh muda asal Kediri Gus Iqdam digeruduk penyanyi dangdut se-Bojonegoro?

Momen itu terjadi dalam sebuah sesi pengajian rutin di kediamannya yang populer juga disebut markas pusat Sabilu Taubah, alias Pusat ST.

Penyanyi sekaligus MC Bojonegoro, Mbak Nana yang malam itu hadir dengan puluhan rekan seprofesinya didapuk menjadi juru bicara.

Banyolan demi banyolan muncul dalam acara tersebut. Muncul pula istilah 'Sholehot', yang disambut ger-geran oleh jemaah lainnya.

"Nama, dan dari mana?," buka Gus Iqdam, seperti yang ditayangkan di akun tiktok @Derek Pusat.

"Saya Mbak Nana Bojonegoro Gus," ujar Nana.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mendampingi Penyanyi Lebih Mudah, yang 'Ngepil' Saja Bisa Taubat

Dilanjut obrolan mengenai status Nana yang sudah bersuami hingga profesi keseharian dari Nana, yang merupakan artis Bojonegoro tersebut.

"Nyanyi sholawat, biasa menyanyi judulnya 'alamate anak sholeh' Gus," kata Nana.

"Lho memangnya Nana sudah sholeh," tanya suami Ning Nila ini.

"Bismillah, Insya Allah menuju sholehah Gus," ujar Nana,

"Oke nanti Nana nyanyi ya, tapi sholawat, bisa geger nanti, viral lagi. Ini nyanyinya sholawat lho ya," ujar Gus yang pernah belajar di Pondok pesantren Al Falah Ploso ini.

Menurut Gus Iqdam, untuk menuju sholehah penyanyi seperti Nana dan teman-temannya ini kemungkinan lebih mudah. Yang menjadi patokan adalah Mey (Meydawati) pengamen perempuan asal Kediri.

"Mey saja bisa taubat. Mey sudah bagus, tidak ngepil (konsumsi pil) taubat. Mey tobat Blitar aman kok, teman-temannya Nana nanti kita tata," kata Gus Iqdam yang disambut gerr oleh peserta pengajian.

Nana mengaku, ini pertama kalinya dirinya datang ke Sabilu Taubah (ST), setelah sebelumnya pernah bertemu Gus Iqdam dalam sebuah pengajian. Namun saat itu hanya mengikuti, tidak ada kesempatan berbincang seperti malam itu.

3 dari 3 halaman

Job Sepi, Tetap Sholawatan

Di tengah perbincangan, Nana menyebutkan bahwa dirinya dan pasukan penyanyi Bojonegoro akan datang menggerudugk ST, lantaran kerinduan para penyanyi kepada gus muda ini dan juga job menyanyi saat ini sedang sepi.

"Lha ini lho rombongan penyanyi mau ngaji, kok dibilang pengajian Gus Iqdam gini gitu dan sebagainya," sergah Gus Iqdam.

Dalam obrolan tersebut, penyanyi dipersilakan datang pada Senin malam. Penyanyi yang datang menurut Nana bukan hanya yang sholehah, atau penyanyi sholawat, namun juga penyanyi yang memiliki sebutan 'sholehot'. Sholehot merupakan istilah penyanyi yang menggunakan pakaian seksi dan hot.

Seperti biasa, Gus Iqdam menanyakan komentar dan pendapat di luar, tentang pengajian yang digawanginya. Menurut Nana, bagi para penyanyi Bojonegoro, pengajian Gus Iqdam itu enak diikuti. Hampir setiap hari penyanyi mengaji melalui media sosial, baik tiktok maupun lainnya.

Di akhir video, Gus Iqdam memberikan paketan skincare dan uang tunai untuk Nana. Terakhir, sebagai motivasi, nana diminta menyebutkan kata-kata, "senajan job arang-arang panggah sholawatan" yang artinya, meski job menyanyi sedang jarang, tetap sholawatan.

Seperti diketahui, Gus Iqdam yang kini memiliki jamaah hingga ribuan tersebut, dikenal sebagai pendakwah yang memiliki jamaah berlatar belakang bermacam-macam. Sampai ada istilah sebutan 'garangan' istilah untuk jamaah dari kalangan anak jalanan, suka mabuk, main perempuan, dan sebagainya.

Penulis: Nugroho Purbo

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat