uefau17.com

Gunakan Kalender Aboge, Kejawen di Cilacap Lebaran Idul Fitri Minggu 23 April 2023 - Islami

, Jakarta - Penganut Islam Kejawen dan pelestari adat di Desa Kalikudi, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah akan lebaran Idul Fitri pada Minggu, 23 April 2023.

Ketua Paguyuban Resik Kubur Rasa Sejati (PRKRS), Nakam Wimbo Prawiro mengatakan dalam penanggalan Alif Rebo Wage (Aboge), tahun ini adalah tahun He. Pada tahun He, lebaran Idul Fitri pasti jatuh pada hari Minggu.

“Kalau lebaran sini, perhitungan Aboge, ya nanti pada Sabtu malam Minggu. Nanti, kalau adat Abogenya itu yang ada pada hari Minggunya. Ya tahun He ya Hehas Pon," katanya, Kamis (20/4/2023).

Dia menjelaskan, lantaran menggunakan kalender qamariyah atau bulan, maka pergantian hari terjadi pada petang. Artinya, lebaran Idul Fitri Kejawen Kalikudi akan dimulai pada Sabtu pasaran Pon sore, saat tenggelamnya matahari.

"Tahun ini kan tahun He, kayak gitu, sesuai perhitungan itu, otomatis perhitungannya nanti lebarannya ya hari Minggu,” dia menjelaskan.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Toleransi Ratusan Tahun

Nakam mengemukakan, dalam tradisi di PRKRS, pada lebaran Idul Fitri, para anak putu akan sungkem bekten di Pasemuan.

Sungkem bekten adalah tradisi bersalaman yang muda kepada yang tua. Selanjutnya, acara tersebut ditutup dengan selamatan atau muji.

Di sisi lain, anak putu juga tetap mengikuti tradisi Idul Fitri masyarakat umum.

"Silaturahmi dengan masyarakat ikut pemerintah. Hari Sabtu," dia mengungkapkan.

Nakam juga mengungkapkan, kendati ada perbedaan dalam penentuan hari besar, tak pernah ada masalah di tengah masyarakat. Antara muslim, kejawen, pelestari adat atau agama lainnya bisa hidup rukun.

Tim Rembulan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat