uefau17.com

Kumpulan Kata Bijak Islami dari Para Tokoh Muslim, Menginspirasi dan Menyejukkan Hati - Islami

, Jakarta - Dalam kehidupan ada kalanya seseorang merasakan menghadapi banyak beban masalah sehingga menurunnya semangat hidup.

Namun demikian, Rasulullah SAW telah memberi teladan pada umatnya untuk senantiasa berikhtiar dan tawakal. Selain itu, para tokoh muslim seperti para sahabat dan ulama, juga turut memberikan nasihat yang sangat menyentuh dan menyejukkan hati.

Berikut kata-kata bijak islami dari para tokoh muslim sebagai penyemangat dan perenungan untuk hidup:

Omar Suleiman: 

"Ketika kamu memperlakukan orang dengan baik, orang-orang yang sama itu mungkin tidak memperlakukanmu dengan cara yang sama. Tetapi jika kamu memperhatikan, kamu akan melihat bahwa Allah telah mengirim orang lain yang memperlakukanmu dengan lebih baik." 

Imam Ghazali

"Hiduplah sebagaimana semaumu, tetapi ingat, bahwa engkau akan mati. Dan cintailah siapa yang engkau sukai, namun ingat, engkau akan berpisah dengannya. Dan berbuatlah seperti yang engkau kehendaki, namun ingat, engkau pasti akan menerima balasannya nanti." 

Hasan al Bashri:

"Dunia ini hanya memiliki tiga hari: Hari kemarin, ia telah pergi bersama dengan semua yang menyertainya. Hari esok, kamu mungkin tak akan pernah menemuinya. Hari ini, itulah yang kamu miliki, maka beramallah di hari ini."

"Wahai anak Adam, juallah duniamu untuk akhiratmu, niscaya kamu untung di keduanya. Dan janganlah kamu jual akhiratmu untuk duniamu, karena kamu akan rugi di keduanya. Singgah di dunia ini sebentar, sedang tinggal di akhirat sana sangatlah panjang."

"Sesungguhnya seorang mukmin adalah penanggung jawab atas dirinya karena hendaknya ia senantiasa mengintrospeksi diri karena Allah semata."

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kata-Kata Bijak Islami

 

Imam Syafi'i

"Menghindarkan telinga dari mendengar hal-hal yang tidak baik merupakan suatu keharusan, sebagaimana seseorang mensucikan tutur katanya dari ungkapan buruk." 

"Jadikan akhirat di hatimu, dunia di tanganmu, dan kematian di pelupuk matamu."

"Silahkan hina diriku sepuas kalian, aku akan tetap diam saja. Bukannya aku tidak punya jawaban, tapi singa selalu tidak akan membalas gonggongan anjing." 

“Jangan terpesona dengan kehidupanmu di dunia sehingga meninggalkan kehidupan akhirat”

Ahmad Al Shugairi

"Pria mengimpikan wanita sempurna. Wanita menginginkan pria sempurna. Mereka tidak tahu bahwa Allah menciptakan mereka untuk menyempurnakan satu sama lain." 

HR. Abu Hurairah

"Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya. Dan sebaik-sebaik kamu adalah orang yang paling baik kepada istrinya." 

Ibnu Qayyim

"Cobaan hidupmu bukanlah untuk menguji kekuatan dirimu, tapi menakar seberapa besar kesungguhan dalam memohon pertolongan kepada Allah." 

Ibnu Majah

"Iman itu ialah dipercaya dalam hati, diucapkan dengan lisan, dan diamalkan dengan perbuatan."

"Perumpamaan hati seperti bulu di tengah padang pasir yang dibolak-balikkan angin."

Husein Ja'far Al Hadar

“Alquran itu bisa dibaca siapa saja, dipahami yang berilmu, dan dihayati dengan hati. Semua dapat pahala tergantung levelnya: membaca, memahami, dan menghayati. Bahkan sekedar pegang saja, kamu sudah dapat pahala, jangan nunggu Ramadhan”

“Yang paling aku takutkan adalah ketakutanku pada diri sendiri: kepentinganku, nafsuku, dan golonganku. Karena itu, dalam tasawuf, yang harus pertama kau urus dan kendalikan adalah egomu”

“Guru adalah siapa saja yang mengajariku walau sehuruf. Maka, berakhlaklah pada siapapun, karena bisa jadi ia gurumu yang tidak kamu sadari” 

Jalaludin Rumi

“Jangan berduka, apa pun yang hilang darimu akan kembali lagi dalam wujud lain”

Penulis: Putry Damayanty

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat