uefau17.com

Narcissistic Personality Disorder Adalah Gangguan Kepribadian, Ini Lengkapnya - Hot

, Jakarta Narcissistic Personality Disorder adalah salah satu gangguan kepribadian yang menghadirkan tantangan besar dalam pemahaman dan penanganannya. Dikenal dengan ciri-ciri seperti rasa penting diri yang tak masuk akal dan kebutuhan akan pengagum berlebihan, NPD menciptakan dunia internal yang kompleks dan sulit dipahami bagi banyak orang. Narcissistic Personality Disorder adalah jendela ke dalam psikologi manusia yang mengungkapkan kompleksitas hubungan antara keyakinan diri yang tinggi dan ketidakmampuan dalam merasakan empati terhadap orang lain.

Di balik tirai kepercayaan diri yang tampak kokoh, Narcissistic Personality Disorder adalah panggung di mana seorang individu berjuang untuk menemukan makna dan kepuasan dalam hubungan dan kehidupan sehari-hari. Bagi sebagian orang, NPD mungkin tampak sebagai pameran eksternal dari keberhasilan dan superioritas, tetapi di dalam, ada perang batin yang terus berkecamuk. Narcissistic Personality Disorder adalah pertarungan antara citra yang diproyeksikan ke dunia luar dan konflik internal yang sering kali tidak disadari oleh individu yang mengalaminya.

Penting untuk diingat bahwa Narcissistic Personality Disorder bukanlah sekadar sebuah label, tetapi merupakan pemahaman yang mendalam tentang lapisan-lapisan kompleks dalam pikiran manusia. Narcissistic Personality Disorder adalah pintu masuk menuju pembelajaran yang tak ada habisnya tentang sifat manusia, dengan seluruh kompleksitas dan keunikan yang dimilikinya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini telah rangkum dari berbagai sumber pengertian, gejala, penyebab dan pengobatan Narcissistic Personality Disorder, pada Kamis (21/3/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Apa Itu Narcissistic Personality Disorder?

Gangguan kepribadian naristik adalah kondisi kesehatan mental di mana seseorang memiliki rasa penting diri yang tidak masuk akal. Mereka sangat membutuhkan dan mencari perhatian berlebihan serta menginginkan orang lain mengagumi mereka. Orang dengan gangguan ini mungkin tidak memiliki kemampuan untuk memahami atau peduli terhadap perasaan orang lain. Namun, di balik topeng kepercayaan diri yang ekstrem ini, mereka sebenarnya tidak yakin dengan nilai diri mereka dan mudah tersinggung oleh kritik yang sedikit pun.

Gangguan kepribadian naristik menyebabkan masalah dalam banyak aspek kehidupan, seperti hubungan, pekerjaan, sekolah, atau masalah keuangan. Orang dengan gangguan kepribadian naristik mungkin merasa tidak bahagia secara umum dan kecewa ketika mereka tidak diberikan perlakuan khusus atau pengagum yang mereka anggap mereka pantas dapatkan. Mereka mungkin menemukan hubungan mereka bermasalah dan tidak memuaskan, dan orang lain mungkin tidak senang berada di sekitar mereka.

Pengobatan untuk gangguan kepribadian naristik berpusat pada terapi bicara, yang juga disebut psikoterapi. Gangguan kepribadian naristik lebih sering terjadi pada pria daripada wanita, dan sering dimulai pada masa remaja atau awal dewasa. Beberapa anak mungkin menunjukkan ciri-ciri naristik, tetapi hal ini seringkali biasa untuk usia mereka dan tidak berarti bahwa mereka akan mengembangkan gangguan kepribadian naristik.

3 dari 6 halaman

Gejala Narcissistic Personality Disorder

Gangguan kepribadian naristik memiliki beragam gejala, dan tingkat keparahannya dapat bervariasi. Orang dengan gangguan ini dapat:

  1. Memiliki rasa penting diri yang tidak masuk akal dan memerlukan pengagum berlebihan secara konstan.
  2. Merasa bahwa mereka pantas mendapatkan hak istimewa dan perlakuan khusus.
  3. Mengharapkan diakui sebagai yang superior bahkan tanpa pencapaian.
  4. Memperbesar pencapaian dan bakat mereka.
  5. Terobsesi dengan fantasi tentang kesuksesan, kekuasaan, kecerdasan, kecantikan, atau pasangan yang sempurna.
  6. Percaya bahwa mereka lebih unggul dari orang lain dan hanya bisa menghabiskan waktu dengan orang-orang yang sama spesialnya.
  7. Kritis terhadap dan merendahkan orang-orang yang mereka anggap tidak penting.
  8. Mengharapkan perlakuan istimewa dan mengharapkan orang lain melakukan apa yang mereka inginkan tanpa dipertanyakan.
  9. Memanfaatkan orang lain untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.
  10. Tidak mampu atau tidak mau mengenali kebutuhan dan perasaan orang lain.
  11. Iri terhadap orang lain dan percaya bahwa orang lain iri pada mereka.
  12. Berperilaku arogan, sering berbangga diri, dan terlihat sombong.
  13. Bersikeras mendapatkan yang terbaik dalam segala hal — misalnya, mobil atau kantor terbaik.

Di sisi lain, orang dengan gangguan kepribadian naristik memiliki kesulitan dalam menangani apa pun yang mereka anggap sebagai kritik. Mereka dapat:

  1. Menjadi tidak sabar atau marah saat tidak mendapatkan pengakuan atau perlakuan istimewa.
  2. Mengalami masalah besar dalam berinteraksi dengan orang lain dan mudah merasa tersinggung.
  3. Bereaksi dengan kemarahan atau pengecilan dan berusaha merendahkan orang lain untuk membuat diri mereka terlihat lebih unggul.
  4. Kesulitan mengelola emosi dan perilaku mereka.
  5. Mengalami masalah besar dalam menghadapi stres dan beradaptasi dengan perubahan.
  6. Menarik diri dari atau menghindari situasi di mana mereka mungkin gagal.
  7. Merasa depresi dan moodnya berubah-ubah karena merasa tidak mencapai kesempurnaan.
  8. Memiliki perasaan rahasia tentang ketidakamanan, rasa malu, dan ketakutan akan diungkapkan sebagai kegagalan.
4 dari 6 halaman

Penyebab 

Penyebab gangguan kepribadian naristik (NPD) masih belum sepenuhnya dipahami oleh para ahli karena NPD merupakan kondisi kesehatan mental. Orang dengan NPD seringkali memiliki perbedaan yang halus dalam struktur otak, tetapi para ahli belum yakin apakah itu yang menyebabkan NPD atau terjadi karena NPD.

Saat ini, faktor-faktor utama yang berkontribusi pada NPD tampaknya adalah:

  1. Genetika. Orang dengan NPD lebih mungkin memiliki orang tua atau kerabat dekat yang juga mengalami NPD.
  2. Observasi dan imitasi. Anak-anak dapat mengamati, meniru, dan belajar sifat dan perilaku yang dapat berkembang menjadi NPD.
  3. Pengalaman negatif saat masa kecil. Ada kemungkinan hubungan antara pengalaman negatif saat masa kecil, seperti trauma, penolakan, pengabaian, dan kurangnya dukungan, yang semuanya dapat berkontribusi pada perkembangan sifat-sifat naristik.
  4. Gaya pengasuhan. Memanjakan anak dan pengasuhan yang terlalu protektif atau "helikopter" dapat menyebabkan anak tumbuh dengan harapan dan tuntutan perlakuan yang sama seperti yang mereka terima dari orang tua atau figur orang tua. Hal ini juga dapat membuat anak sulit belajar mengatur perasaan dan emosi mereka sendiri, yang dapat berkontribusi pada kesulitan mengontrol emosi ketika sesuatu tidak berjalan sesuai keinginan mereka.
  5. Budaya. Penelitian menunjukkan bahwa budaya tempat seseorang tumbuh dapat memengaruhi risiko perkembangan NPD. Risiko tampaknya lebih tinggi pada budaya yang mendorong individualisme dan independensi pribadi. Orang yang tumbuh dalam budaya yang mendorong rasa komunitas dan tindakan kolektif cenderung lebih sedikit mengalami NPD.
5 dari 6 halaman

Komplikasi 

Komplikasi dari gangguan kepribadian naristik (NPD) seringkali terjadi dalam bentuk tumpang tindih dengan kondisi kesehatan mental lainnya dan masalah yang berhubungan. Beberapa tumpang tindih atau komplikasi yang paling umum meliputi:

  1. Gangguan suasana hati atau gangguan bipolar. Kecemasan dan depresi lebih mungkin terjadi pada orang dengan NPD. Gangguan bipolar juga lebih umum pada orang dengan NPD.
  2. Gangguan kepribadian lainnya. Contoh-contoh termasuk gangguan kepribadian borderline (BPD) dan gangguan kepribadian antisosial (ASPD).
  3. Gangguan dismorfik tubuh. Orang dengan NPD mungkin juga memiliki gangguan dismorfik tubuh (juga dikenal sebagai "dismorfia tubuh"). Perasaan negatif tentang tubuh dan penampilan mereka dapat membuat ini lebih mungkin terjadi.
  4. Gangguan penggunaan zat (SUDs). Orang dengan NPD mungkin beralih ke alkohol atau penggunaan zat untuk membantu mereka ketika kenyataan tidak memenuhi harapan mereka. Kokain dan stimulan lainnya khususnya umum, karena mereka memberikan perasaan yang mungkin diinginkan orang dengan NPD.
  5. Bunuh diri. Orang dengan NPD mungkin mengalami depresi ekstrem atau bahkan keputusasaan saat dihadapkan dengan tantangan, kegagalan, atau penolakan. Ini kurang mungkin terjadi secara impulsif atau sebagai "teriakan minta tolong." Ini berarti orang dengan NPD lebih mungkin menyelesaikan bunuh diri.
6 dari 6 halaman

Diagnosis dan Pengobatan

Diagnosis gangguan kepribadian naristik (NPD) biasanya dilakukan oleh tenaga kesehatan, seperti psikiater atau psikolog, melalui wawancara dan pertanyaan mengenai kehidupan Anda serta interaksi Anda dengan orang lain (terutama keluarga, teman, atau orang yang Anda cintai). Mereka juga dapat mendiagnosis kondisi terkait atau bertanya untuk mengesampingkan kondisi dengan gejala atau efek yang mirip.

Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental, Edisi Revisi ke-5 (DSM-5-TR™) dari American Psychiatric Association memiliki daftar sembilan kriteria. Anda harus memenuhi setidaknya lima dari kriteria tersebut untuk menerima diagnosis NPD. Tidak ada tes diagnostik, laboratorium, atau pencitraan yang dapat membantu mendiagnosis NPD.

Pengelolaan dan pengobatan NPD biasanya melibatkan terapi kesehatan mental (psikoterapi). Beberapa jenis terapi yang umum digunakan dalam NPD meliputi (tetapi tidak terbatas pada):

  1. Terapi perilaku dialektis (DBT).
  2. Terapi perilaku kognitif (CBT).
  3. Terapi metakognitif.
  4. Terapi kelompok.
  5. Terapi pasangan atau keluarga.

Karena ada begitu banyak metode terapi, penyedia kesehatan mental Anda adalah orang yang terbaik untuk memberi informasi lebih lanjut tentang berbagai jenisnya. Mereka dapat menjawab pertanyaan Anda tentang cara kerja pendekatan ini dan merekomendasikan jenis yang paling cocok dengan kebutuhan Anda.

Tidak ada obat yang mengobati NPD secara langsung, tetapi obat-obatan dapat membantu mengobati gejala yang terjadi dengan kondisi terkait, seperti kecemasan atau depresi. Beberapa obat yang dapat membantu gejala kondisi terkait NPD meliputi:

  1. Antidepresan.
  2. Obat anti-kecemasan (anxiolitik).
  3. Obat antipsikotik.
  4. Obat antikonvulsan (biasanya untuk mengobati kejang, tetapi beberapa, seperti lamotrigine, dapat membantu menstabilkan mood).

Gangguan kepribadian naristik tidak dapat dicegah sepenuhnya karena penyebabnya belum sepenuhnya dipahami oleh para ahli dan juga dapat bersifat genetik. Namun, Anda mungkin dapat mengurangi risiko anak Anda mengembangkan NPD dengan cara Anda mengasuh, seperti menyesuaikan gaya pengasuhan Anda dengan situasi tertentu. Dokter anak Anda dapat memberikan panduan tentang cara melakukannya atau merekomendasikan penyedia yang ahli dalam perkembangan psikologis anak.

 

 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat