uefau17.com

17 Gejala Kanker Paru-Paru Stadium 4 yang Harus Diwaspadai, Pahami Cara Perawatannya - Hot

, Jakarta Aktris sekaligus model, Kiki Fatmala telah menghembuskan napas terakhirnya pada Jumat, 1 Desember 2023. Pengumuman tersebut disampaikan oleh pihak keluarga lewat akun Instagram sang aktris.

“Kiki Fatmala meninggal dunia pada 1 Desember 2023 pada usia 56 tahun karena komplikasi akibat kanker.” Begitu pernyataan pihak keluarga.

Diketahui selama lebih kurang dua tahun ini, Kiki Fatmala didiagnosis menderita kanker paru-paru. Pada tahun 2021 lalu, Kiki Fatmala diketahui sempat menjalani pet scan dan hasilnya yakni mengidap kanker paru-paru stadium 4. Lantas, apa gejala dari kanker paru-paru stasium 4?

Berikut ulas mengenai gejala kanker paru-paru stadium 4 beserta cara mendiagnosis dan perawatannya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (2/12/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mengenal Kanker Paru-Paru Stadium 4

Kanker paru-paru merupakan salah satu jenis kanker yang dipicu karena adanya pertumbuhan sel ganas di organ paru-paru yang bisa terjadi secara multifaktorial, di mana dapat dipengaruhi oleh faktor genetik, lingkungan, dan juga pola hidup yang tidak sehat.

Prognosis atau harapan hidup penderita kanker tentunya tergantung dari jenis dan stadium kanker yang dialami. Kanker paru-paru stadium 4 merupakan puncak dari penyakit ini. Penderita bisa dikatakan masuk ke stadium 4 ditandai dengan kanker yang telah menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Pada kanker paru-paru stadium 4 atau stadium akhir ini, sel kanker telah menyebar atau bermetastasis ke kedua paru-paru, area sekitar paru-paru, atau organ lain seperti otak, tulang, dan organ lainnya.

3 dari 6 halaman

Gejala Kanker Paru-Paru Stadium 4

Ada berbagai gejala yang akan muncul pada kanker paru-paru stadium 4 ini seperti:

  1. Batuk tidak kunjung sembuh
  2. Batuk berdarah
  3. Sesak napas
  4. Suara serak
  5. Nyeri dada
  6. Nyeri bahu
  7. Nyeri punggung
  8. Perubahan sistem saraf seperti kejang
  9. Gangguan keseimbangan
  10. Kulit serta mata menguning
  11. Timbul benjolan pada permukaan kulit karena sel kanker sudah terlanjur menyebar ke organ kulit.
  12. Sakit kepala
  13. Kehilangan nafsu makan
  14. Nyeri pada tulang, terjadi ketika kanker bermetastasis ke tulang
  15. Gangguan penglihatan dan kejang, jika kanker bermetastasis ke otak
  16. Mual dan ke kembung, terjadi jika kanker bermetastasis ke organ hati
  17. Penyakit kuning menyebar pada tubuh.
4 dari 6 halaman

Cara Diagnosis Stadium Kanker Paru-Paru

Untuk mengetahui seberapa parah kanker paru-paru yang anda alami. biasanya dokter akan mendiagnosis gejala yang terdapat pada pasien dan menghubungkannya dengan pembagian stadium kanker yang ada.

Stadium kanker paru-paru sendiri berguna untuk memberi informasi kepada Anda terkait letak, ukuran, serta penyebaran sel-sel kanker. Jika semakin tinggi tingkat stadium kanker paru-paru, maka semakin serius pula kondisi kanker yang terjadi.

Terdapat sistem klasifikasi yang paling sering digunakan sebagian besar dokter yaitu kalsifikasi stadium TNM. Kanker akan diklasifikasi berdasar tiga faktor, yaitu:

  1. T: Menunjukkan ukuran tumor dan seberapa jauh tumor menyebar.
  2. N: Menunjukkan keterlibatan tumor ke kelenjar getah bening.
  3. M: Menunjukkan metastasis atau penyebaran tumor ke organ tubuh lain.
5 dari 6 halaman

Perawatan untuk Kanker Paru-Paru Stadium 4

Pilihan pengobatan pada kanker paru stadium 4 bertujuan untuk mengurangi keparahan gejala dan meningkatkan kualitas hidup. Rencana perawatan Anda akan bergantung pada beberapa faktor, termasuk:

  1. Seberapa jauh kanker telah menyebar.
  2. Apakah telah terjadi mutasi gen.
  3. Kesehatan Anda secara keseluruhan.

Beberapa pilihan pengobatan kanker paru-paru stadium 4 adalah sebagai berikut:

1. Operasi

Operasi dilakukan untuk mengangkat sel penyebab kanker. Tujuannya adalah untuk menghambat sel kanker menyebar atau bermetastasis ke organ lain. Jenis operasi untuk kanker paru-paru antara lain segmentektomi, lobektomi, dan pneumonektomi.

2. Kemoterapi

Kemoterapi merupakan perawatan terapi dengan menggunakan obat-obatan yang bertujuan untuk membunuh sel kanker dari dalam tubuh.

3. Terapi Target

Terapi target merupakan pemberian obat yang menyasar protein pertumbuhan dari sel-sel kanker. Metode ini dilakukan jika operasi dan radioterapi tidak lagi efektif.

4. Radioterapi

Kebalikan dari kemoterapi, radioterapi bertujuan untuk membunuh sel kanker dari luar tubuh dengan menggunakan sinar radiasi.

5. Krioterapi

Krioterapi adalah terapi yangmenggunakan gas bersuhu dingin. Krioterapi ini bertujuan untuk menyusutkan tumor atau membunuh sel kanker.

Perlu diketahui bahwa pilihan pengobatan ini tidak dapat menyembuhkan kanker paru-paru stadium 4. Namun, perawatan di atas dapat membantu mengurangi gejala kanker dan penyebaran sel kanker ke organ tubuh yang lain.

6 dari 6 halaman

Cara Mencegah Kanker Paru-Paru

Penyebab kanker paru-paru sendiri dipengaruhi oleh faktor genetik, lingkungan, dan juga pola hidup yang tidak sehat. Bagi anda yang tidak ingin mengidap penyakit mematikan ini, mulai dari sekarang bisa mencegahnya dengan mengubah pola hidup sehat. Berikut beberapa cara mencegah kanker paru-paru, yakni:

  1. Menghindari rokok serta asapnya. Apabila Anda bisa berhenti merokok selama 10 tahun, maka cara mencegah kanker paru-paru ini turut menurunkan risiko kanker paru-paru tersebut bahkan sampai 50%.
  2. Dalam sebuah riset membuktikan, diet rendah lemak, tinggi serat, banyak mengonsumsi sayur, buah serta biji-bijian juga menjadi salah satu cara mencegah kanker paru-paru yang efektif. Kemudian, hindari juga mengonsumsi suplemen vitamin dalam dosis berlebihan.
  3. Berolahraga secara teratur. Olahraga juga bisa mencegah penyakit dan kanker lainnya. Cukup lakukan olahraga secara teratur selama 30 menit tiap harinya. Pada orang dewasa, minimal harus melakukan olahraga aerobik intensitas sedang 150 menit dalam satu minggu.
  4. Jika berbagai cara mencegah kanker paru-paru sudah dilakukan, jangan lupa gunakan alat pelindung diri di tempat kerja Anda yang mungkin banyak paparan bahan kimia berbahaya.
  5. Selanjutnya, rutinlah memeriksakan diri, terutama jika Anda memang punya riwayat merokok atau bekerja pada lingkungan dengan paparan bahan kimia yang berbahaya bagi paru-paru.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat