uefau17.com

Klimatologi Adalah Studi Mengenai Iklim, Ketahui Manfaat dan Cabang Ilmunya - Hot

, Jakarta Klimatologi adalah salah satu ilmu geografi fisik yang mempelajari iklim dan perubahan-perubahan iklim di suatu wilayah atau area tertentu selama periode waktu yang panjang. Meski begitu, masih banyak orang yang belum mengetahui apa itu klimatologi.

Dikutip dari laman BMKG, klimatologi berasal dari bahasa Yunani klima yang berarti wilayah dan logos yang berarti ilmu. Secara harfiah klimatologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang iklim, cara kerja sistem iklim, variasi dan penyimpangannya, serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia.

Klimatologi dapat diartikan pula sebagai gejala alam yang berkaitan dengan iklim dan kualitas udara. Sementara iklim adalah pola cuaca jangka panjang di suatu wilayah tertentu. Cuaca dapat berubah dari jam ke jam, hari ke hari, bulan ke bulan atau bahkan tahun ke tahun.

Berikut ulas mengenai pengertian klimatologi beserta manfaat dan cabang ilmunya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (20/11/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Klimatologi Adalah

Secara umum, klimatologi adalah salah satu cabang ilmu geografi yang berkaitan dengan iklim. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian klimatologi adalah ilmu mengenai sebab terjadi, ciri, dan pengaruhi iklim terhadap bentuk fisik dan kehidupan di berbagai negara yang berbeda.

Mengutip dari laman Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kalimantan Tengah, klimatologi berasal dari bahasa Yunani klima yang berarti wilayah dan logos yang berarti ilmu. Secara harfiah klimatologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang iklim, cara kerja sistem iklim, variasi dan penyimpangannya, serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia. Klimatologi dapat diartikan pula sebagai gejala alam yang berkaitan dengan iklim dan kualitas udara.

Dalam buku Global Warming for Beginner (2008) oleh Dadang Rusbiantoro, klimatologi adalah kajian mengenai perubahan iklim di atmosfer dalam jangka panjang di daerah tertentu. Klimatologi ini biasanya mengukur rata-rata temperatur, kelembaban, curah hujan, angin, tekanan atmosfer, dan curah hujan. Jangka waktu klimatologi biasanya dari hari sampai ke tahun.

Sedangkan menurut Ensiklopedia, klimatologi adalah ilmu yang mempelajari tentang cuaca. Hal ini adalah upaya para ilmuwan untuk mengetahui cuaca yang terjadi pada suatu waktu tertentu di suatu wilayah.

Definisi lain, klimatologi adalah peluang statistic berbagai keadaan atmosfer, antara lain suhu, tekanan, angina dan kelembapan yang terjadi di suatu wilayah yang terjadi dalam kurun waktu yang panjang. Klimatologi juga dapat diartikan sebagai ilmu yang mencari gambaran dan penjelasan mengapa iklim dan cuaca di berbagai tempat di bumi bias berbeda, serta bagiaman hubungan antara iklim dengan kehidupan manusia sehari-hari.

3 dari 4 halaman

Tujuan dan Manfaat Klimatologi

Mengutip dari laman Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kalimantan Tengah, tujuan klimatologi adalah mempelajari karakteristik atmosfer dalam mengendalikan iklim global, jenis iklim, penyebab dan proses yang mempengaruhi variasi iklim, unsur iklim dan dampaknya pada manusia atau sebaliknya, sehingga klimatologi sangat bermanfaat dalam penerapannya pada berbagai macam sektor. Ilmu ini membantu orang untuk lebih memahami kondisi atmosfer tentang pola cuaca dan perubahannya dari waktu ke waktu.

Sementara itu, klimatologi ini juga bermanfaat untuk sektor pertanian, peternakan, kehutanan, kesehatan, perhubungan, perdagangan dan pariwisata, serta lain sebagainya. Misalnya, dalam sektor pertanian, klimatologi memberikan peran dalam perencanaan waktu yang tepat dalam proses penanaman tanaman disesuaikan dengan iklim yang sedang terjadi di suatu wilayah dikarenakan pertanian sangat bergantung dengan kondisi iklim di suatu wilayah. Hal tersebut dapat memberikan pengaruh terhadap hasil panen yang didapatkan bagi para petani.

4 dari 4 halaman

Cabang Ilmu Klimatologi

Dilansir dari laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kalimantan Tengah, berikut ini terdapat beberapa cabang ilmu klimatologi yang dapat anda ketahui, yakni:

1. Klimatografi (Climatography)

Klimatologi yang membahas secara deskriptif berdasarkan data, peta dan gambar atau foto. Pembahasan iklim yang umumnya dikembangkan oleh para pakar ilmu bumi (geografi), sehingga tidak disertai analisis fisika maupun matematika yang mendalam.

2. Klimatologi Fisik (Physical Climatology)

Klimatologi fisik adalah klimatologi yang menggunakan ilmu fisika dan matematika dalam membahas keadaan cuaca yang terjadi di atmosfer.

3. Klimatologi Dinamik (Dynamical Climatology)

Klimatologi dinamika adalah klimatologi yang membahas pergerakan atmosfer, terutama pergerakan atmosfer umum di suatu wilayah di dunia.

4. Klimatologi Terapan (Applied Climatology)

Klimatologi terapan adalah klimatologi yang membahas penerapan ilmu iklim untuk mengatasi masalah yang dihadapi oleh masyarakat. Beberapa contoh klimatologi terapan adalah sebagai berikut ini:

  1. Klimatologi Pertanian atau Agroklimatologi (Agricultural Climatology), merupakan klimatologi yang membahas permasalahan iklim terhadap pengaruh perilaku iklim terhadap pertanian.
  2. Klimatologi Kelautan (Marine Climatology), merupakan klimatologi yang membahas pengaruh antara iklim dan lautan.
  3. Klimatologi Perkotaan (Urban Climatology), merupakan kllimatologi yang membahas tentang pengaruh aspek iklim terhadap perencanaan maupun penataan kota.
  4. Klimatologi Bangunan (Building Climatology), merupakan klimatologi yang membahas pengaruh iklim terhadap bentuk, ukuran, bahan dan warna bangunan, baik di dalam ruang maupun di luar bangunan.
  5. Bioklimatologi (Bioclimatology), merupakan klimatologi yang membahas pengaruh iklim terhadap kehidupan mahluk hidup seperti kesehatan manusia, hewan, dan tumbuhan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat