uefau17.com

Sirajuddin Machmud Suami Zaskia Gotik Diduga Korupsi Pembangunan Gereja, Ini 5 Faktanya - Hot

, Jakarta Sirajudin Machmud, suami Zaskia Gotik memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) setelah dua kali mangkir. Ia diperiksa sebagai saksi kasus dugaan korupsi pembangunan gereja Kingmi Mile 32 di Kabupaten Mimika, Papua. KPK menduga uang itu diterima Sirajudin untuk keperluan pribadinya.

Suami pedangdut itu mangkir untuk pemeriksaan pertama pada 20 September 2023 lalu. Kemudian, ia juga tidak hadir pada panggilan kedua 9 Oktober. KPK menduga Sirajudin turut menerima aliran uang korupsi pembangunan Gereja Kingmi Mile 32 tahap 1 Tahun 2015 di Kabupaten Mimika, Papua.

"Sirajudin Machmud (swasta), saksi hadir dan didalami pengetahuannya antara lain terkait dengan dugaan adanya aliran uang dari salah satu tersangka untuk keperluan pribadi saksi," ujar Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangannya, dikutip dari News , Rabu (18/10).

Setelah sang suami diperiksa atas dugaan korupsi, Zaskia Gotik dalam laman Instagram-nya terpantau menjual rumah di Cikarang seharga Rp750 juta. Hal tersebut juga langsung menjadi perhatian warganet.

Berikut ini beberapa fakta Sirajuddin Machmud suami Zaskia Gotik yang diduga korupsi pembangunan gereja, dirangkum dari berbagai sumber pada Rabu (18/10/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Sempat mangkir dua kali panggilan KPK

Sirajudin Machmud sempat dua kali mangkir alias tak memenuhi panggilan penyidik KPK. Sedianya suami penyanyi Zaskia Gotik itu diperiksa sebagai saksi pada Rabu, 20 September 2023. Atas dasar itu, KPK meminta Sirajudin kooperatif terhadap proses hukum.

Namun, ia justru kembali mangkir untuk pemeriksaan pada Senin, 9 Oktober 2023 kemarin. Sirajudin sedianya dimintai keterangan seputar penyidikan pengembangan perkara pembangunan Gereja Kingmi Mile 32 tahap 1 tahun anggaran 2015 di Kabupaten Mimika, Papua.

"Sirajudin Machmud (swasta), saksi tidak hadir dan tanpa memberikan konfirmasi alasan ketidakhadirannya," ujar Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangannya, dikutip dari News pada Rabu (18/10).

3 dari 6 halaman

2. KPK periksa suami Zaskia Gotik

Setelah mangkir dua kali, akhirnya Sirajudin Machmud datang ke gedung KPK untuk memenuhi panggilan penyidik. Suami pedangdut Zaskia Gotik itu diperiksa sebagai saksi dalam penyidikan pengembangan perkara pembangunan gereja Kingmi Mile 32 tahap 1 Tahun Angggaran 2015 di Kabupaten Mimika, Papua.

"Hari ini (16/10) bertempat di Gedung Merah Putih KPK, tim penyidik menjadwalkan pemanggilan dan pemeriksaan saksi, Sirajudin Machmud (swasta)," ujar Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangannya pada Senin (16/10).

Ali belum bersedia merinci materi apa yang akan digali dari Sirajudin Machmud. Ali menyebut Sirajudin Machmud tengah menjalani pemeriksaan oleh tim penyidik di Gedung Merah Putih KPK.

 

4 dari 6 halaman

3. Enggan beberkan materi pemeriksaan

KPK menduga Sirajudin Machmud turut menerima aliran uang korupsi pembangunan Gereja Kingmi Mile 32 tahap 1 Tahun 2015 di Kabupaten Mimika, Papua. Uang itu diterima Sirajudin untuk keperluan pribadinya.

"Adapun uang yang diterima dari salah satu tersangka dimaksud berasal dari pembayaran fiktif pembangunan Gereja Kingmi Mile 32 tahap 1 Tahun 2015 di Kabupaten Mimika," Ali menambahkan.

Sirajudin sendiri usai diperiksa tim penyidik KPK enggan membeberkan materi pemeriksaannya. Dia menyebut sudah menjelaskan apa yang diperlukan penyidik untuk membuat terang peristiwa pidana ini.

"Saya datang memenuhi panggilan KPK Keterangan yang dianggap dibutuhkan dari saya, sudah saya sampaikan. Nanti lengkapnya tanya ke penyidik. Yang penting sudah saya sampaikan semuanya," kata dia usai diperiksa di Gedung Merah Putih KPK pada Senin (16/10).

Sirajuddin mengatakan, adapun materi lengkap terkait pemeriksaan hari itu bisa ditanyakan langsung kepada penyidik. Intinya, ia mengaku sudah menyampaikan semua yang diketahuinya terkait kasus ini.

"Nanti lengkapnya tanyakan ke penyidik. Yang penting sudah saya sampaikan semuanya," ucap Sirajuddin.

 

5 dari 6 halaman

4. Zaskia Gotik belum bereaksi

Sementara itu, Zaskia Gotik belum menunjukkan reaksinya atas kabar sang suami, Sirajuddin Mahmud, dipanggil KPK. Namun Zaskia Gotik mengambil langkah yang bisa menimbulkan spekulasi publik.

Pada Sabtu (14/10/2023) lalu, Zaskia Gotik mengunggah sebuah rangkaian potret di media sosial berisi foto-foto rumah di Cikarang, Jawa Barat. Menariknya, harga yang dibanderol Zaskia atas rumahnya tersebut terbilang miring, hingga dibanjiri beragam komentar dari warganet.

6 dari 6 halaman

5. Jual rumah seharga Rp750 juta

Menyusul kabar sang suami yang dipanggil KPK atas dugaan korupsi pembangunan gereja, Zaskia Gotik diam-diam mengambil langkah yang bisa menimbulkan banyak persepsi publik. Pada Sabtu (14/10/2023) lalu, pedangdut yang dikenal dengan goyang itik itu mengunggah sederet foto sudut rumahnya di Cikarang, Jawa Barat.

Seluruh sudut hunian yang diketahui salah satu rumahnya itu ia pamerkan dan tampak sudah dikosongkan dari barang-barang. Tampak tiap ruangan termasuk kamarnya memiliki ukuran yang terbilang luas. Namun, satu hal yang membuat tercengang beberapa warganet adalah harganya yang lumayan miring.

"750juta nego tipis, harga kontrak 21jt/ tahun," tulisnya, dalam keterangan unggahan.

Banyak warganet yang membandingkan harga tersebut dengan harga di Jakarta. Dalam keterangannya, Zaskia Gotik tampak memberi opsi kepada publik yang tertarik untuk membeli atau menyewanya sebagai rumah kontrakan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat