uefau17.com

Eukariotik Adalah Organisme Sel, Simak Karakteristik, Perbedaan dan Contohnya - Hot

, Jakarta Eukariotik adalah salah satu dari dua domain kehidupan utama, di mana merupakan kelompok organisme yang memiliki sel lebih kompleks secara struktural, dibandingkan dengan prokariotik. Istilah "eukariotik" berasal dari bahasa Yunani, "eu" yang berarti "sejati" dan "karyon" yang berarti "nukleus" yang menunjukkan bahwa sel eukariotik, memiliki membran inti (nukleus) yang menyimpan materi genetiknya.

Ciri khas sel eukariotik adalah adanya organel-organel sel, termasuk membran inti, yang memisahkan materi genetik dari sitoplasma sel. Selain membran inti, eukariotik memiliki berbagai organel seperti mitokondria, retikulum endoplasma, kompleks Golgi, lisosom, dan kloroplas (pada tumbuhan), yang berfungsi untuk menjalankan berbagai proses seluler penting.

Eukariotik mencakup kelompok organisme yang sangat beragam, termasuk hewan, tumbuhan, jamur, dan protista. Mereka menunjukkan tingkat kompleksitas yang lebih tinggi dalam struktur dan fungsi, dibandingkan dengan prokariotik.  Organisme eukariotik membentuk dasar dari sebagian besar kehidupan di Bumi, termasuk semua hewan, tumbuhan, dan jamur, serta sebagian besar protista.

Dalam ilmu biologi dan studi kehidupan, pemahaman tentang sel eukariotik adalah landasan untuk memahami berbagai aspek biologi dan evolusi kehidupan. Berikut ini karakteristik eukariotik yang rangkum dari berbagai sumber, Kamis (17/8/2023).  

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal Sel Eukariotik

Sel merupakan unit organisasi terkecil yang menjadi dasar kehidupan dalam arti biologis. Semua fungsi kehidupan diatur dan berlangsung di dalam sel. Karena itulah, sel dapat berfungsi secara autonom asalkan seluruh kebutuhan hidupnya terpenuhi. Makhluk hidup (organisme) tersusun dari satu sel tunggal (uniselular, misalnya bakteri, Archaea, serta sejumlah fungi dan Protozoa) atau dari banyak sel (multiselular).

Eukariotik adalah sel yang mengandung struktur yang terikat membran, sebagaimana merupakan bagian dasar dari setiap organisme multisel, termasuk hewan, tumbuhan, dan manusia serta beberapa organisme uniseluler (organisme dengan sel tunggal), seperti protozoa. Mengutip dari laman osmosis.org, sel eukariotik mengandung beberapa struktur yang terikat membran, atau organel, yang merupakan subunit seluler khusus di mana menjalankan fungsi seluler tertentu.

Perlu dipahami, bahwa nukleus dikelilingi oleh membran inti yang disebut juga selubung inti, yang melindungi materi genetik. Membran nuklir mengandung pori-pori nuklir, yang secara selektif hanya memungkinkan zat tertentu untuk melewatinya.

Eukariota juga didefinisikan sebagai organisme apa pun, yang terutama dicirikan oleh sel dengan satu atau lebih nukleus setidaknya sekali seumur hidup, sebagai lawan dari prokariota yang memiliki sel yang tidak memiliki nukleus terdefinisi dengan baik dan hanya dengan nukleoid.

Namun demikian, baik prokariota maupun eukariota memiliki membran plasma atau membran sel yang mengelilingi protoplasma. Secara etimologi, istilah eukaryote (jamak: eukariota) berasal dari bahasa Yunani 'eu', yang berarti "baik", "baik", "benar" dan "káry (on)", yang berarti "kacang", "kernel". Istilah eukariotik adalah kata turunan dan digunakan untuk merujuk pada eukariota.

 

3 dari 5 halaman

Karakteristik sel eukariotik

Mengutip dari laman biologydictionary., sel eukariotik mengandung berbagai organel, yang melakukan berbagai fungsi di dalam sel (dijelaskan secara rinci, di bawah). Semua organel distabilkan dan diberi dukungan fisik melalui sitoskeleton, yang juga terlibat dalam pengiriman sinyal, dari satu bagian sel ke bagian lainnya.

Dalam sel eukariotik, sitoskeleton terutama terdiri dari tiga jenis filamen yaitu mikrotubulus, mikrofilamen, dan filamen menengah. Adapun beberapa karakteristik yang perlu disimak diantaranya:

1. Siklus Sel

Siklus sel adalah siklus hidup sel, di mana selama proses ini berlangsung maka sel akan tumbuh dan membelah. Pos pemeriksaan ada di antara semua tahapan, sehingga protein dapat menentukan apakah sel siap untuk memulai fase siklus berikutnya.

2. Ketenangan (G0)

Tenang, juga dikenal sebagai penuaan atau istirahat, adalah fase di mana sel tidak aktif membelah. Hal ini juga dikenal sebagai Gap 0, atau G0. Tahap ini dianggap sebagai awal dari siklus sel, meskipun merupakan tahap yang dapat dicapai sel dan kemudian berhenti membelah tanpa batas, yang mengakhiri siklus sel. Sel-sel di hati, lambung, ginjal, dan sistem saraf merupakan contoh sel yang dapat mencapai tahap ini, dan tetap berada di dalamnya untuk jangka waktu yang lama.

3. Interfase

Selama interfase, sel tumbuh dan mengambil nutrisi sebagai persiapan untuk pembelahan. Interfase menempati sekitar 90 persen dari siklus sel. Ini terdiri dari tiga bagian: Gap 1, Sintesis, dan Gap 2.

  1. (G1) juga dikenal sebagai fase pertumbuhan, di mana sel menjadi lebih besar dan meningkatkan stok proteinnya, bersama dengan organel seperti mitokondria penghasil energi.
  2. (S) adalah fase di mana DNA bereplikasi. Selama sintesis, kromosom bereplikasi sehingga setiap kromosom terdiri dari dua kromatid saudara. Pada akhir fase ini, terdapat dua kali lipat jumlah DNA di dalam sel.
  3. (G2) adalah fase pertumbuhan lainnya di mana sel menjadi lebih besar untuk mempersiapkan pembelahan mitosis, dan organel yang tersisa digandakan.
  4. (M)Mitosis, atau fase M, adalah saat sel mulai menyusun DNA duplikatnya untuk dipisahkan menjadi dua sel anak. Kromosom terpisah sehingga satu dari setiap kromosom masuk ke setiap sel anak. Ini menghasilkan sel anak yang memiliki kromosom identik dengan sel induk. Mitosis kemudian diikuti oleh proses yang disebut sitokinesis, di mana sel memisahkan nukleusnya dan organel lainnya, sebagai persiapan untuk pembelahan dan kemudian secara fisik membelah menjadi dua sel.
4 dari 5 halaman

Perbedaan prokariotik dan eukariotik

 Perbedaan utama antara sel prokariotik dan eukariotik adalah bahwa nukleus dan organel lain, yang terikat membran hanya ada dalam sel eukariotik. Sel prokariotik dan eukariotik masing-masing membentuk prokariota dan eukariota. Prokariota selalu uniseluler, sedangkan eukariota seringkali merupakan organisme bersel banyak. Selain itu, sel eukariotik lebih dari 100 hingga 10.000 kali lebih besar dari sel prokariotik dan jauh lebih kompleks.

DNA pada eukariota disimpan di dalam nukleus, sedangkan DNA disimpan di sitoplasma prokariota. Selain itu, DNA dalam sel eukariotik disimpan dalam kromosom beruntai ganda, yang dipadatkan oleh histon. Sebaliknya, sel prokariotik memiliki satu kromosom sirkular primer dan berbagai plasmid, yang merupakan cincin kecil DNA. DNA sel eukariotik secara proporsional memiliki DNA pengkode yang lebih sedikit, dan jumlah DNA non-coding yang tinggi dibandingkan dengan sel prokariotik. 

Susunan struktur lokomotif (yaitu, flagel) juga bervariasi, antara sel prokariotik dan eukariotik. Dalam sel eukariotik, flagela adalah bundel mikrotubulus yang terdiri dari dynein dan membran plasma, yang ditenagai oleh ATP untuk melakukan gerakan pencampuran. Struktur lokomotif prokariotik malah terdiri dari flagelin berulang, pengait, dan kompleks motor yang melekat pada membran seluler, yang ditenagai oleh proton untuk membuat gerakan rotator.

Jenis sel juga bervariasi dalam mekanisme pembelahan selnya. Prokariota dapat mengalami pembelahan biner di mana satu sel melipatgandakan isinya, membran sitoplasma memanjang dalam sitokinesis yang memisahkan molekul DNA, dan muncul dua sel identik. Semua eukariota menjalani proses serupa tetapi lebih rumit yang disebut mitosis. Dalam pembelahan biner dan mitosis, sel induk memiliki jumlah kromosom yang sama persis dengan sel anak mereka. Namun, dalam organisme eukariotik yang bereproduksi secara seksual, mereka juga dapat mengalami meiosis di mana penggabungan ulang menciptakan sel reproduksi yang unik, baik itu secara genetik yang disebut gamet atau sel kelamin.  

5 dari 5 halaman

Contoh eukariotik

 Sel Hewan

Sel hewan tidak memiliki dinding sel dan hanya memiliki membran plasma. Kurangnya dinding sel memungkinkan sel-sel hewan untuk membentuk berbagai bentuk. Hal ini memungkinkan terjadinya proses fagositosis ("makan sel") dan pinositosis ("minum sel"). Sel hewan berbeda dari sel tumbuhan, karena tidak memiliki kloroplas dan memiliki banyak vakuola yang lebih kecil daripada vakuola sentral yang besar.

Protozoa

Protozoa adalah organisme eukariotik yang terdiri dari satu sel di mana mereka dapat bergerak, memakan organisme kecil lainnya, dan mencerna makanan di dalam vakuola. Beberapa protozoa memiliki banyak silia, yaitu rambut kecil yang dapat digerakkan yang memungkinkan mereka untuk berenang. Yang lain menggunakan flagela besar yaitu struktur yang terlihat seperti ekor besar, untuk berenang di air. Beberapa protista juga memiliki lapisan tipis yang disebut pelikel, yang memberikan dukungan pada membran sel.

Sel Tumbuhan

Sel tumbuhan memiliki dinding sel yang sangat tebal, yang mudah dilihat sebagai garis gelap bila dilihat di bawah mikroskop. Sel tumbuhan membentuk dinding sel yang tebal dan terlihat unik di antara sel eukariotik, karena beberapa alasan. Mereka telah memperkuat dinding sel yang relatif tebal, yang terbuat dari selulosa yang membantu mempertahankan dukungan struktural pada tanaman.

Setiap sel tumbuhan memiliki vakuola besar di tengah, yang memungkinkannya mempertahankan tekanan turgor. Tekanan turgor dihasilkan dari air dalam vakuola sentral, yang mendorong keluar dinding sel. Sel tumbuhan juga mengandung organel yang disebut kloroplas, yang mengandung molekul klorofil. Molekul penting ini digunakan dalam proses fotosintesis, yaitu cara tumbuhan membuat gula dengan menggunakan energi yang terdapat dalam cahaya.

Sel Jamur

Seperti sel tumbuhan, sel jamur juga memiliki dinding sel, tetapi dinding selnya terbuat dari kitin (zat yang sama yang ditemukan pada kerangka luar serangga). Beberapa jamur memiliki septa, yaitu lubang yang memungkinkan organel dan sitoplasma lewat di antaranya. Ini membuat batas antara sel yang berbeda menjadi kurang jelas. Sebagian besar jamur hidup di bawah tanah atau dalam bahan organik yang membusuk, di mana jaringan miselium dapat mengandung jutaan sel yang saling berhubungan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat