uefau17.com

Doa Pembuka 12 Pintu Rezeki dalam Bahasa Arab dan Latin, Amalkan Setiap Hari - Hot

, Jakarta Doa pembuka 12 pintu rezeki penting diketahui oleh umat Muslim. Hal ini dapat memperlancar anda dalam mencari rezeki. Mencari rezeki sudah menjadi kewajiban setiap manusia termasuk umat Muslim. 

Tak hanya berharap mendapatkan rezeki, sebagai umat Muslim jangan lupa untuk memohon keberkahan dari rezeki yang diperoleh. Untuk itu, sebelum mencari rezeki, kamu bisa memanjatkan doa pembuka 12 pintu rezeki di pagi hari.

Dengan mengamalkan doa pembuka 12 pintu rezeki dengan tulus dan penuh keyakinan secara rutin, maka akan dilancarkan urusan rezekimu baik di dunia maupun di akhirat. Doa ini juga sebagai pengingat bahwa semua hal yang ada di dunia ini hanyalah milik Allah SWT.

Berikut ulas mengenai bacaan doa pembuka 12 pintu rezeki dalam bahasa Arab dan Latin yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (5/7/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Doa Pembuka 12 Pintu Rezeki

Berikut ini bacaan doa pembuka 12 pintu rezeki dalam bahasa Arab, Latin dan artinya adalah:

أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الْمُلْكُ لِلَّهِ، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ. رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِيْ هَذَا الْيَوْمِ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهُ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِيْ هَذَا الْيَوْمِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهُ، رَبِّ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْكَسَلِ وَسُوْءِ الْكِبَرِ، رَبِّ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابٍ فِي النَّارِ وَعَذَابٍ فِي الْقَبْرِ

Arab Latin: Ash-bahnaa wa ash-bahal mulku lillah walhamdulillah, laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku walahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodir. Robbi as-aluka khoiro maa fii hadzal yaum wa khoiro maa ba’dahu, wa a’udzu bika min syarri maa fii hadzal yaum wa syarri maa ba’dahu. Robbi a’udzu bika minal kasali wa su-il kibar. Robbi a’udzu bika min ‘adzabin fin naari wa ‘adzabin fil qobri.

Artinya: “Kami telah memasuki waktu pagi dan kerajaan hanya milik Allah, segala puji bagi Allah. Tidak ada ilah (yang berhak disembah) kecuali Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya. Milik Allah kerajaan dan bagi-Nya pujian. Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu. Wahai Rabbku, aku mohon kepada-Mu kebaikan di hari ini dan kebaikan sesudahnya. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan hari ini dan kejahatan sesudahnya. Wahai Rabbku, aku berlindung kepada-Mu dari kemalasan dan kejelekan di hari tua. Wahai Rabbku, aku berlindung kepada-Mu dari siksaan di neraka dan siksaan di alam kubur.”

2. Doa Memohon Rezeki Dilancarkan

Berikut ini bacaan doa memohon rezeki dilancarkan dalam bahasa Arab, Latin, dan artinya adalah:

بِسْمِ اللهِ عَلَى نَفْسِي وَمَالِي وَدِيْنِيْ. اَللَّهُمَّ رَضِّنِيْ بِقَضَائِكَ، وَبَارِكْ لِيْ فِيْمَا قُدِّرَ لِيْ حَتَّى لَا أُحِبَّ تَعْجِيْلَ مَا أَخَّرْتَ وَلَا تَأْخِيْرَ مَا عَجَّلْتَ

Arab Latin: Bismillâhi ‘ala nafsî wa mâlî wa dînî. Allâhumma radhdhinî bi qadhâ’ika, wa bârik lî fîmâ quddira lî hattâ lâ uhibba ta‘jîla mâ akhkharta, wa lâ ta’khîra mâ ‘ajjalta.

Artinya: “Dengan nama Allah yang menguasai diri, harta, dan agamaku. Tuhanku, kondisikan batinku agar rela menerima ketentuan-Mu. Berkatilah aku pada semua yang ditakdirkan untukku sehingga aku enggan menyegerakan apa yang Kau tunda dan enggan menunda apa yang Kau segerakan.”

3 dari 4 halaman

3. Doa Pembuka Pintu Rezeki dalam Bahasa Arab dan Latin

Selain bacaan doa pembuka 12 pintu rezeki di atas, berikut ini bacaan doa pembuka 12 pintu rezeki dalam bahasa Arab, Latin dan artinya adalah:

رَضِيْتُ بِاللهِ رَبًّا، وَبِاْلإِسْلاَمِ دِيْنًا، وَبِمُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَبِيًّا

Arab Latin: Rodhiitu billaahi robbaa wa bil-islaami diinaa, wa bi-muhammadin shallallaahu ‘alaihi wa sallama nabiyya.

Artinya: “Aku ridha Allah sebagai Rabb, Islam sebagai agama dan Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai nabi.”

4. Doa Pembuka Pintu Rezeki dari Segala Penjuru

Bacaan doa ini bersumber pada surat Al-Ahqaf ayat 15, yang berbunyi:

رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِينَ

Arab Latin: Rabbi auzi'nii an ashkura ni'mataka allati an'amta 'alayya wa 'ala walidayya wa an a'mala shaliham tardahu wa aslih li fi dhurriyyati inni tubtu ilayka wa inni minal muslimin.

Artinya: "Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku bersyukur atas nikmat-Mu yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada kedua orangtuaku, dan agar aku mengerjakan amal yang Engkau ridhai. Dan perbaikilah untukku keturunanku. Sungguh, aku bertaubat kepadaMu dan aku termasuk orang yang berserah diri."

4 dari 4 halaman

12 Pintu Rezeki yang Sisiapkan Allah SWT

Terlepas dari bacaan doa pembuka 12 pintu rezeki, berikut ini 12 pintu rezeki yang telah disiapkan oleh Allah SWT untuk umatNya adalah:

1. Rezeki yang Telah Dijamin

Dalam surat Hud disebutkan bahwa setiap makhluk yang ada di bumi telah dijamin rezekinya oleh Allah SWT, oleh karenanya tidak perlu kita takut karena kita sudah mendapat jaminan dari Allah SWT,

“Dan tidak satu pun makhluk bergerak (bernyawa) di bumi melainkan semuanya dijamin Allah rezekinya. Dia mengetahui tempat kediamannya dan tempat penyimpanannya. Semuanya (tertulis) dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuz)." (QS. Hud: 6).

2. Rezeki Istighfar

Dalam surat Nuh, Allah SWT memerintahkan kita untuk beristighfar dan memohon ampun pada Allah SWT, sehingga Allah SWT akan menurunkan hujan yang sangat lebat dari langit,

"Maka aku berkata (kepada mereka), ‘Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, sungguh, Dia Maha Pengampun, niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu." (QS. Nuh: 10-11).

3. Rezeki Bersyukur

Saat kita bersyukur, Allah SWT menjamin akan menambah kenikmatan rezeki. Allah SWT berfirman,

"Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, ‘Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat." (QS. Ibrahim: 7).

4. Rezeki Sedekah

Sedekah tidak akan mengurangi harta kita. Justru Allah SWT menjanjikan ganjaran yang lebih baik pada setiap orang yang bersedekah.

"Barang siapa meminjami Allah dengan pinjaman yang baik, maka Allah melipatgandakan ganti kepadanya dengan banyak. Allah menahan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nyalah kamu dikembalikan." (QS. Al Baqarah: 245).

5. Rezeki Istiqomah Membaca Al-Qur’an

Bahkan meski membaca dengan terbata-bata, seseorang yang rutin membaca Al-Qur’an akan mendapat rezeki berupa pahala yang berlipat ganda,

"Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka ia akan mendapat satu kebaikan dan dari satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf." (HR. Bukhari).

6. Rezeki Menikah

Menikah merupakan salah satu anjuran dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Mereka yang menikah juga akan dijamin rezekinya oleh Allah SWT,

"Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Mahaluas (pemberian-Nya), Maha Mengetahui." (QS. An Nur: 32).

7. Rezeki Anak

Rezeki setiap anak juga sudah diatur oleh Allah SWT, sebagaimana disebutkan dalam firmannya,

"Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut miskin. Kamilah yang memberi rezeki kepada mereka dan kepadamu. Membunuh mereka itu sungguh suatu dosa yang besar." (QS. Al Isra': 31).

8. Rezeki Usaha

Usaha yang kita lakukan juga akan mendapat ganjaran dari Allah SWT, sesuai dengan firmanNya:

“Dan bahwa manusia hanya memperoleh apa yang telah diusahakannya." (QS. An Najm: 39).

9. Rezeki Menjalin Silaturahmi

Dengan menjalin tali silaturahmi baik dengan sanak saudara maupun teman, juga bisa membuka pintu rezeki. Hal ini sebagaimana yang disampaikan hadis dari Abu Hurairah,

"Siapa yang suka dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung tali silaturahmi." (HR. Bukhari dan Muslim).

10. Rezeki Pengorbanan Diri, Harta dan Waktu untuk Urusan Keagamaan

Dari Abu Mu’awiyah, Rasulullah bersabda,

"Janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allah itu mati, bahkan mereka itu hidup di sisi Tuhannya dengan mendapat rezeki." (HR. Ibnu Majah).

11. Rezeki yang Tak Terduga

Orang yang bertakwa dan bertawakal kepada Allah SWT, akan dimudahkan dan dibukakan jalan keluar untuknya. Sebagaimana yang disampaikan dalam surat At-Thalaq ayat 2 yang disebutkan di akhir ayat,

"… Barang siapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya."

12. Rezeki Iman dan Takwa

Muslim yang beriman dan bertakwa pada Allah SWT akan mendapat ganjaran rezeki seperti yang sudah dijanjikan oleh Allah SWT dalam surat At Thalaq ayat 11, yang artinya:

"Dan barangsiapa beriman kepada Allah dan mengerjakan amal yang saleh niscaya Allah akan memasukkannya ke dalam surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Sesungguhnya Allah memberikan rezeki yang baik kepadanya"

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat