uefau17.com

10 Cara Melebatkan Rambut Bayi, Sehat dan Kuat - Hot

, Jakarta Cara melebatkan rambut bayi bisa dilakukan secara alami. Tiap bayi memiliki karakterisitik rambut yang berbeda-beda. Warna dan kuantitas rambut bayi saat lahir sebagian besar disebabkan oleh faktor genetik.

Biasanya, pertumbuhan rambut terjadi sekitar minggu ke-30 kehamilan. Bayi bisa lahir dengan rambut yang tebal. Ada juga bayi yang lahir tanpa rambut. Keduanya adalah situasi normal. Rambut pada bayi akan tumbuh seiring berjalannya waktu.

Rambut bayi bisa rontok dan tumbuh kembali. Tak perlu khawatir jika bayi memiliki pertumbuhan rambut yang lambat atau tipis. Ada sejumlah cara melebatkan rambut bayi yang bisa dilakukan.

Cara melebatkan rambut bayi di antaranya seperti merawat kulit kepala bayi, memberi asupan nutrisi, hingga penggunaan bahan rumahan. Berikut 10 cara melebatkan rambut bayi yang dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (30/09/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Melebatkan Rambut Bayi

Minyak kelapa

Minyak kelapa kaya akan vitamin E alami. Tidak hanya bermanfaat bagi kulit, minyak kelapa juga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dengan meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala. Minyak kelapa juga menambahkan kilau pada rambut dan dapat mencegah kerontokan rambut.

Untuk membantu menstimulasi rambut yang lebih tebal dan penuh, oleskan minyak kelapa dengan lembut ke kulit kepala bayi beberapa kali seminggu. Gunakan minyak kelapa organik atau extra-virgin. Oleskan pada kulit kepala dan biarkan minyak selama sekitar 20 menit. Bilas kulit kepala dengan air hangat.

Minyak kemiri

Kandungan protein dan mineral yang terdapat pada kemiri mampu menguatkan rambut dari akar hingga ujungnya. Minyak kemiri menjadi andalan untuk melebatkan rambut pada bayi.

Ada banyak produk minyak kemiri yang bisa digunakan untuk melebatkan rambut. Cukup oleskan minyak kemiri ke kulit kepala bayi setiap habis mandi. Minyak kemiri bisa mengkondisikan, memberi kilau, dan mengembalikan kelembapan pada rambut.

3 dari 6 halaman

Cara Melebatkan Rambut Bayi

Minyak zaitun

Minyak zaitun kaya akan asam omega-3, salah satu nutrisi yang penting untuk kesehatan rambut. Saat dioleskan langsung ke kulit kepala dan rambut, minyak zaitun membantu membuat rambut lebih tebal.

Minyak zaitun juga memiliki manfaat tambahan untuk melembutkan rambut dan mengatasi kulit kepala yang kering. Cara melebatkan rambut dengan minyak zaitun adalah dengan menghangatkan minyak zaitun. Oleskan minyak hangat ke kulit kepala dan rambut. Biarkan di rambut selama sekitar 30 hingga 45 menit. Bilas minyak zaitun dengan sampo.

Lidah buaya

Lidah buaya dapat menenangkan kulit kepala dan merawat rambut. Mengoleskan gel lidah buaya langsung ke rambut dan kulit kepala dapat membantu memperkuat rambut dan menebalkannya seiring waktu.

Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya murni ke kulit kepala dan rambut beberapa kali seminggu. Beberapa produk komersial perawatan bayi yang mengandung lidah buaya juga bisa digunakan.

4 dari 6 halaman

Cara Melebatkan Rambut Bayi

Gelatin

Gelatin adalah asam amino yang dapat merangsang pertumbuhan rambut saat dioleskan ke kulit kepala bayi. Campur 1 sendok teh bubuk gelatin dengan air. Anda juga bisa memasukkan satu sendok teh madu dan satu sendok teh cuka sari apel ke dalam campuran.

Madu adalah antioksidan yang mengembalikan nutrisi ke rambut dan kulit kepala. Sementara itu, cuka sari apel membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Oleskan campuran gelatin ke kulit kepala bayi dan biarkan selama 10 hingga 15 menit. Bilas gelatin dan keramasi rambut bayi seperti biasa.

Alpukat

Alpukat kaya akan vitamin E yang juga biak untuk pertumbuhan rambut. Alpukat bisa menjadi pelembap yang baik untuk kulit kepala bayi.

Campurkan 1 buah alpukat dengan 1 sdm minyak zaitun. Oleskan campuran tersebut ke rambut dan kulit kepala. Biarkan selama sekitar 30 menit dan bilas bersih dengan sampo.

5 dari 6 halaman

Cara Melebatkan Rambut Bayi

Sisir kepala bayi

Menyisir, menyikat, atau memijat lembut kulit kepala bayi juga dapat merangsang pertumbuhan rambut. Ini karena perawatan rutin dapat melonggarkan cradle cap dan menghilangkan kulit kering. Selain itu, menyisir mendorong sirkulasi darah ke kulit kepala dan folikel rambut. Setelah mengoleskan minyak, pijat lembut kulit kepala bayi dengan jari-jari selama beberapa menit. Ini membantu pertumbuhan rambut dan menenangkan bayi.

Keramas secara rutin

Keramas secara teratur membuat kulit kepala mereka bersih dan juga melonggarkan kerak di kulit kepala. Penumpukan kotoran pada kulit kepala bayi dapat menyebabkan kekeringan yang dapat memperlambat pertumbuhan rambut. Cuci rambut bayi yang baru lahir setiap 2 atau 3 hari. Pastikan Anda menggunakan air hangat dan sampo bayi yang lembut.

6 dari 6 halaman

Cara Melebatkan Rambut Bayi

Penuhi nutrisi bayi

Pola makan juga penting untuk pertumbuhan rambur bayi. Jika bayi sudah berusia minimal 6 bulan dan bisa mengonsumsi makanan padat, beri mereka makanan yang kaya zat besi, vitamin A, vitamin B, vitamin D, seng, dan protein.

Jika Anda menyusui, penting untuk menjaga pola makan yang sehat juga. Makanan yang Anda makan juga bisa mendorong pertumbuhan rambut.

Potong rambut bayi

Tak perlu ragu untuk memotong rambut bayi. Jika bayi mengalami kerontokan rambut atau bintik-bintik kebotakan, potongan rambut dapat menghilangkan noda dan memungkinkan rambutnya tumbuh secara merata. Potong rambut yang lebih panjang terlebih dahulu. Setelah memotong rambut bayi, oleskan pelembap ke kulit kepalanya untuk mengurangi kekeringan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat