uefau17.com

12 Cara Membaca Pikiran Orang, Pakai Pendekatan Psikologis - Hot

, Jakarta Cara membaca pikiran orang bukanlah hal yang mustahil. Seseorang bisa membaca pikiran orang dengan pendekatan psikologis. Cara membaca pikiran orang bisa membantu memiliki pemahaman jelas tentang apa yang dipikirkan dan dirasakan orang.

Seringkali, mengetahui pikiran dan motivasi sendiri cukup menantang. Apalagi jika harus membaca pikiran orang asing atau bahkan kerabat, teman, atau pasangan. Tapi, cara membaca pikiran orang lain tetap bisa dilakukan.

Cara membaca pikiran orang pada dasarnya bisa dilakukan dengan memahami bahasa tubuh, cara berbicara, nada, dan pilihan kata lawan bicara. Salah satu kemampuan penting dalam cara membaca pikiran adalah empati.

Berikut cara membaca pikiran orang dengan pendekatan psikologis, dirangkum dari berbagai sumber, Jumat(10/12/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mungkinkah membaca pikiran orang?

Melansir Psychologytoday, manusia tidak dapat benar-benar membaca pikiran orang lain. Tetapi, manusia bisa menciptakan model mental sehingga secara efektif mengintuisi pikiran dan perasaan orang. Cara membaca pikiran orang ini dikenal sebagai akurasi empatik.

Ini melibatkan isyarat "membaca" yang dikirimkan melalui kata-kata, emosi, dan bahasa tubuh orang lain. Kebanyakan orang dapat membaca orang lain sampai tingkat tertentu. Memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang dipikirkan dan dirasakan orang lain membantu menghindari konflik dan miskomunikasi serta memperkuat hubungan pribadi.

Saat mencoba membaca pikiran seseorang, bahasa tubuh, nada, dan pilihan kata biasanya merupakan tempat terbaik untuk memulai. Salah satu kemampuan penting dalam cara membaca pikiran adalah empati. Empati adalah mampu menempatkan diri pada posisi orang lain dapat memberikan wawasan kunci ke dalam perspektif mereka.

Penelitian menunjukkan bahwa pemahaman tentang emosi dan kepercayaan orang lain dapat terwujud dalam reaksi tubuh terhadap mereka setidaknya sama kuatnya dengan penilaian mental terhadap ucapan mereka. Memercayai naluri seseorang dan memperhatikan reaksi tubuh akan membantu membuat penilaian yang lebih akurat tentang orang lain.

3 dari 6 halaman

Cara membaca pikiran orang

Berikut cara membaca pikiran orang, dilansir dari HackSpirit:

Bersikaplah objektif dan berpikiran terbuka

Sebelum mencoba membaca orang, kamu harus terlebih dahulu berlatih memiliki pikiran terbuka. Jangan biarkan emosi dan pengalaman masa lalu memengaruhi kesan dan opini. Jika menilai orang dengan mudah, itu akan menyebabkanmu salah membaca orang. Bersikap objektif dalam mendekati setiap interaksi dan situasi.

Perhatikan postur orang

Postur seseorang mengatakan banyak tentang sikapnya. Jika mereka mengangkat kepala tinggi-tinggi, itu berarti mereka percaya diri. Jika mereka berjalan dengan ragu-ragu atau meringkuk, itu mungkin merupakan tanda harga diri yang rendah.

Perhatikan gerakan fisik

Lebih dari kata-kata, orang mengekspresikan perasaan mereka melalui gerakan. Misalnya, seseorang condong ke arah orang yang disukai dan menjauhi orang yang tidak disukai. Jika kamu telah mengamati bahwa orang tersebut condong ke arah lain, itu berarti dia sedang memasang tembok.

Gerakan lain yang perlu diperhatikan adalah menyilangkan tangan atau kaki. Jika melihat seseorang melakukan ini, itu menunjukkan pembelaan diri, kemarahan, atau perlindungan diri. Di sisi lain, menyembunyikan tangan berarti mereka menyembunyikan sesuatu.

4 dari 6 halaman

Cara membaca pikiran orang

Cobalah untuk menafsirkan ekspresi wajah

Ketika melihat garis kerutan yang dalam terbentuk, itu mungkin menunjukkan bahwa orang tersebut khawatir atau terlalu banyak berpikir. Sebaliknya, orang yang benar-benar tertawa akan menunjukkan garis senyum kegembiraan. Hal lain yang harus diwaspadai adalah bibir mengerucut yang bisa menandakan kemarahan, penghinaan, atau kepahitan. Selain itu, rahang yang terkatup dan gigi yang gemeretak adalah tanda ketegangan.

Jangan lari dari obrolan ringan

Cara membaca pikiran orang adalah coba masuk pada obrolan ringan. Obrolan ringan membantu mengamati bagaimana seseorang berperilaku dalam situasi normal. Kamu kemudian dapat menggunakannya sebagai tolok ukur untuk secara akurat menemukan perilaku apa pun yang tidak biasa.

Pindai keseluruhan perilaku

Orang terkadang berasumsi bahwa jika tindakan tertentu dilakukan, seperti melihat ke lantai selama percakapan, itu berarti orang tersebut gugup atau cemas. Tetapi jika sudah akrab dengan seseorang, kamu akan tahu apakah orang tersebut menghindari kontak mata atau hanya bersantai ketika dia melihat ke bawah.

Pelajari cara mengidentifikasi penyimpangan dari perilaku biasa seseorang. Kamu akan tahu ada sesuatu yang salah ketika melihat perubahan nada, kecepatan, atau bahasa tubuh mereka.

5 dari 6 halaman

Cara membaca pikiran orang

Ajukan pertanyaan langsung untuk mendapatkan jawaban langsung

Untuk mendapatkan jawaban langsung, kamu harus menghindari pertanyaan yang tidak jelas. Selalu ajukan pertanyaan yang membutuhkan jawaban langsung. Ingatlah untuk tidak menyela ketika orang tersebut menjawab pertanyaan. Sebaliknya, kamu dapat mengamati tingkah laku orang tersebut saat mereka berbicara.

Perhatikan kata-kata dan nada

Ketika berbicara dengan seseorang, cobalah untuk memperhatikan kata-kata yang mereka gunakan. Nada dan volume suara dapat memberi tahu banyak tentang emosi. Frekuensi suara menciptakan getaran. Saat membaca orang, perhatikan bagaimana nada suara mereka memengaruhi. Tanyakan pada diri: Apakah nada mereka terasa menenangkan? Atau kasar, kasar, atau cengeng?

Rasakan kehadiran orang tersebut

Cara membaca pikiran orang yang juga penting adalah merasakan kehadirannya. Ini berarti bahwa kamu harus merasakan keseluruhan suasana emosional di sekitar. Saat membaca orang, coba perhatikan apakah orang tersebut memiliki sikap ramah yang menarik atau tidak.

6 dari 6 halaman

Cara membaca pikiran orang

Perhatikan mata orang

Banyak yang bilang, mata adalah pintu menuju jiwa – mereka memancarkan energi yang kuat. Jadi luangkan waktu untuk mengamati mata orang. Ketika melihat, dapatkah kamu melihat jiwa yang peduli? Apakah mereka jahat, marah, atau berhati-hati?

Jangan berasumsi

Asumsi menghasilkan kesalahpahaman. Ketika dengan mudah membuat asumsi tanpa mengenal orangnya, itu membawa lebih banyak masalah. Kunci untuk membaca orang seperti seorang profesional adalah untuk bersantai dan menjaga pikiran tetap terbuka dan positif.

Berlatih mengamati orang

Latihan menjadi sempurna sehingga semakin banyak kamu mempelajari orang, semakin kamu dapat membacanya dengan akurat. Sebagai latihan, cobalah untuk berlatih menonton talk show dalam keadaan bisu. Menonton ekspresi wajah dan tindakan mereka akan membantu melihat apa yang orang rasakan ketika mereka berbicara, tanpa mendengar sepatah kata pun. Kemudian, tonton lagi dengan volume aktif dan lihat apakah kamu benar dengan pengamatanmu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat