uefau17.com

Doa Ulang Tahun untuk Diri Sendiri Bahasa Arab dan Artinya, Penuh Rasa Syukur - Hot

, Jakarta Doa ulang tahun untuk diri sendiri bahasa Arab dan artinya dapat dipanjatkan oleh umat Muslim. Ulang tahun adalah meyarakan sebuah momen kelahiran seseorang yang dilakukan setiap satu tahun sekali.

Dalam beberapa kebudayaan di setiap negara, memperingati ulang tahun seseorang biasanya dirayakan dengan mengadakan pesta ulang tahun dengan keluarga, teman, maupun orang terkasih. Selain itu, perayaan ulang tahun dapat dilakukan dengan memanjatkan bacaan doa ulang tahun untuk diri sendiri bahasa Arab.

Membaca doa ulang tahun untuk diri sendiri bahasa Arab sangat penting karena akan memberikan pengaruh besar bagi kehidupan kita di masa depan seiring dengan bertambahnya usia. Dengan doa ulang tahun untuk diri sendiri bahasa Arab, anda bisa memohon segala sesuatu yang diinginkan dan bisa meningkatkan rasa syukur.

Berikut ulas mengenai bacaan doa ulang tahun untuk diri sendiri bahasa Arab dan artinya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (29/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Baca doa ini agar diberikan umur yang panjang

Berikut ini bacaan doa ulang tahun untuk diri sendiri bahasa Arab dan artinya agar diberikan umur panjang yang bisa anda panjatkan, yakni:

اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Arab Latin: Allaahumma thowwil ‘umuuronaa, wa shohhih ajsaadanaa, wa nawwir quluubanaa, wa sabbit iimaananaa wa ahsin a’maalanaa, wa wassi’ arzaqonaa, wa ilal khoiri qorribnaa wa ‘anisy-syarri ab’idnaa, waqdhi khawaa-ijanaa fiddiini waddunyaa wal aakhirati innaka ‘alaa kulli syai-in qodiirun.

Artinya: “Ya Allah panjangkan umur kami, sehatkan jasad kami, terangi hati kami, tetapkan iman kami, baikkan amalan kami, luaskan rezeki kami, dekatkan kami pada kebaikan dan jauhkan kami dari keburukan, kabulkan semua kebutuhan kami dalam urusan agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau (Allah) Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

3 dari 7 halaman

Doa ulang tahun juga berisi permohonan keselamatan

Selain bacaan doa ulang tahun untuk diri sendiri bahasa Arab dan artinya yang dijelaskan di atas, ada lagi bacaan doa untuk memohon keselamatan kepada Allah SWT sebagai Tuhan Yang Maha Esa adalah:

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

Arab Latin: Allaahumma innaa nas-aluka salaamatan fid diini wa ‘aafiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil ‘ilmi wa barokatan fir rizqi wa taubatan qoblal mauti wa rohmatan‘indal mauti wa maghfirotan ba’dal mauti.

Artinya: “Ya Allah kami memohon kepada-Mu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan atau kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan keampunan sesudah mati.”

4 dari 7 halaman

Tak lupa di hari ulang tahun berdoa untuk meminta rezeki

Selain itu, ada juga bacaan doa untuk meminta rezeki kepada Allah SWT agar dilancarkan segala urusannya, yakni:

اَللهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ اَنْ تَرْزُقَنِىْ رِزْقًا حَلاَلاً وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعَبٍ وَلاَمَشَقَّةٍ وَلاَضَيْرٍ وَلاَنَصَبٍ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Arab Latin: Alloohumma innii as-aluka an tarzuqonii rizqon halaalan waasi'an thoyyiban min ghoiri ta'abin wa laa masyaqqotin wa laa dhoirin innaka 'alaa kulli syai-in qodiir.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu agar melimpahkan rezeki kepadaku berupa rezeki yang halal, luas dan tanpa susah payah, tanpa memberatkan, tanpa membahayakan dan tanpa rasa lelah dalam memperolehnya. Sesunggunya Engkau berkuasa atas segala sesuatu."

5 dari 7 halaman

Saat berulang tahun, doa memohon kemuliaan juga bisa dipanjatkan

Kemudian ada juga bacaan doa memohon kemuliaan yang bisa anda panjatkan ketika berulang tahun, yakni:

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

Arab Latin: Rabbanaa hablanaa min azwaajinaa wa dzurriyyaatinaa qurrota a'yuni waj 'alnaa lilmuttaqiina imaama.

Artinya: "Ya Tuhan kami, Anugerahkanlah kepada kami, istri-istri kami dan anak cucu kami sebagai penyenang hati kami, dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa."

6 dari 7 halaman

Doa memohon kesejahteraan bisa mengisi harapan di hari ulang tahun

Berikut ini bacaan doa memohon agar diberi kesejahteraan oleh Allah SWT yang tertuang dalam surat Maryam ayat 33, yang berbunyi:

وَالسَّلٰمُ عَلَيَّ يَوْمَ وُلِدْتُّ وَيَوْمَ اَمُوْتُ وَيَوْمَ اُبْعَثُ حَيًّا

Arab Latin: Wassalaa mu alayyayawma wulittu wayawma a muutu wa yawma ub'atsuhayya

Artinya: "Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku, pada hari kelahiranku, pada hari wafatku, dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali"

7 dari 7 halaman

Doa Memohon Anak yang Sholeh dan Sholehah

Bagi anda yang baru saja menikah dan hamil, doa memohon anak yang sholeh dan sholehah bisa dipanjatkan saat anda sedang ulang tahun adalah:

رَبِّ هَبْلِيْ مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً اِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاءِ

Arab Latin: Rabbi habli min ladunya dzurriyatan thaiyyibatan innaka sami’ud du’a’i.

Artinya: "Ya Allah ya Tuhan kami berikanlah kami anak yang saleh dan salehah karena hanya sesungguhnya Engkaulah zat yang maha mendengarkan setiap doa."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat