uefau17.com

Yaumul Milad Barakallah Fii Umrik Artinya Mengandung Doa dalam Perayaan Ulang Tahun - Hot

, Jakarta Ketika seseorang merayakan ulang tahunnya, baik teman, kerabat, maupun orang-orang terdekat sering kali mengucapkan "Yaumul Milad barakallah fii umrik" untuk memberikan ucapan selamat dan berkah. Sebenarnya Yaumul Milad barakallah fii umrik artinya apa?

Yaumul Milad barakallah fii umrik artinya memiliki makna mendalam dan penting dalam perayaan ulang tahun seseorang. Secara umum, Yaumul Milad barakallah fii umrik artinya adalah ungkapan yang kaya makna dan penting dalam perayaan ulang tahun

Doa yang terkandung dalam kalimat "Yaumul Milad barakallah fii umrik" merupakan manifestasi dari kepercayaan kita kepada Allah sebagai sumber segala berkah dan keberkahan. Ketahui lebih banyak informasi terkait Yaumul Milad barakallah fii umrik, mulai dari makna, cara menjawab, hingga variasi lainnya. Berikut rangkum dari berbagai sumber, Jumat (26/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pentingnya Yaumul Milad

Yaumul Milad menjadi momen penting dalam kehidupan seseorang. Ini adalah saat di mana seseorang merayakan tahun-tahun yang telah mereka habiskan di dunia ini dan memasuki tahap baru dalam perjalanan hidup mereka. 

Yaumul Milad menjadi kesempatan untuk menghargai dan bersyukur atas karunia hidup yang diberikan oleh Allah SWT. Sehingga Yaumul Milad menjadi momen yang tepat untuk merayakan pencapaian, menghormati pengalaman yang telah dilalui, dan berharap kebaikan di masa depan.

Dalam Yaumul Milad, berbagai doa dipanjatkan untuk mengungkapkan keyakinan bahwa Allah SWT adalah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, Allah mampu memberikan kehidupan yang penuh berkat sepanjang tahun yang akan dilalui.

3 dari 6 halaman

Makna Barakallah Fii Umrik

Dalam perayaan Yaumul Milad, ungkapan "Barakallah fii umrik" menjadi bagian penting dalam mengucapkan selamat kepada seseorang yang berulang tahun. 

Barakallah fii umrik mengandung doa dan harapan baik, Barakallah memiliki arti "Semoga Allah memberkahi", sementara Fii umrik berarti "dalam usiamu". Sebab itu ucapan ini mengandung doa untuk keberkahan, kebahagiaan, kesuksesan, dan perlindungan dari Allah.

Dengan mengucapkan "Barakallah fii umrik", kita berharap agar Allah memberkahi perjalanan hidup mereka, memberikan kebahagiaan dan keberkahan sepanjang usia mereka.

4 dari 6 halaman

Yaumul Milad Barakallah Fii Umrik Artinya?

يَوْمُ الْمِيلَاد بَارَكَ اللَّهُ فِي عُمْرِك atau dalam bahasa latin dibaca Yaumul Milad Barakallah Fii Umrik artinya adalah “Selamat ulang tahun, semoga Allah senantiasa memberkati usiamu”

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa Yaumul Milad adalah istilah dalam bahasa Arab yang artinya hari kelahiran. Ungkapan ini sering digunakan sebagai ucapan selamat ulang tahun yang islami. 

Kata Yaumul Milad seringkali diikuti dengan kalimat lainnya, seperti "barakallah fii umrik". Sehingga, sederhananya, ungkapan Yaumul Milad, barakallah fii umrik artinya "Selamat ulang tahun, semoga Allah memberkati usiamu". 

Ungkapan Yaumul Milad barakallah fii umrik artinya mengandung doa, harapan baik, dan keyakinan kepada Allah SWT sebagai sumber segala berkah dan keberkahan. 

Setiap kali mengucapkan "Yaumul Milad barakallah fii umrik", kita berdoa kepada Allah agar memberikan keberkahan dalam setiap aspek kehidupan individu yang sedang merayakan ulang tahun, mencakup kesehatan, kebahagiaan, kesuksesan, dan perlindungan dari segala bahaya.

5 dari 6 halaman

Cara Menjawab Ucapan Yaumul Milad Barakallah Fii Umrik

Setelah mengetahui Yaumul Milad barakallah fii umrik artinya “Selamat ulang tahun, semoga Allah senantiasa memberkahi usiamu” maka perlu diketahui juga bagaimana menjawab ucapan tersebut. Berikut ucapan yang dapat digunakan untuk membalas Yaumul Milad Barakallah Fii Umrik:

Jazakallahu khairan

"Semoga Allah memberi balasan yang baik". Dengan menjawab seperti ini, sama dengan mengucapkan terima kasih atas doa dan harapan baik yang telah diberikan sebelumnya.

Aamiin, barakallahu fikum

"Aamiin" berarti "semoga terkabul" dalam bahasa Arab. Dengan mengucapkan "Aamiin, barakallahu fikum", mengandung harapan agar doa tersebut dikabulkan dan juga mengucapkan doa yang serupa kepada orang yang memberikan ucapan tersebut.

Barakallahu fii umrik

Bisa juga menjawab dengan kalimat yang sama, yakni "Barakallahu fii umrik". Dengan ini, maka berarti doa dan harapan baik  yang diberikan dibalikkan kepada orang yang memberikan ucapan tersebut.

6 dari 6 halaman

Variasi Lain Yaumul Milad Barakallah Fii Umrik

Bila ingin mengucapkan istilah lain dalam bahasa Arab sebagai pengganti Yaumul Milad barakallah fii umrik, berikut beberapa diamtaranya:

1. Milad Mubarak, Barakallah Fii Umrik artinya “Semoga sehat, sukses, dan berkah"

2. Kull 'aam wa anta bi-khayr wa sa'adah, ungkapan ini berarti "Setiap tahun, semoga engkau dalam kebaikan dan kebahagiaan"

3. Mabruk alfa mabruk, yang artinya "Selamat dan sukses"

4. Ied milad sa'ied, yang artinya "Selamat hari kelahiran"

5. Kullu 'ami wa anta/i bi khoirin, wa 'iidu miiladi sa'iid lak, yang artinya "Selamat ulang tahun, selamat hari lahir untukmu"

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat