uefau17.com

Apa Arti Sutra? Berikut Penjelasan, Ciri-Ciri, dan Jenis Kain Lainnya - Hot

, Jakarta Apa arti sutra mungkin belum dipahami oleh sebagian orang Indonesia. Sutra merupakan satu di antara beberapa jenis kain yang cukup populer di masyrakat. Hal ini tentunya tidak terlepas dari karakteristiknya yang digemari oleh banyak orang.

Setiap jenis kain memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Hal inilah yang menyebabkan kegunaannya juga jadi berbeda satu sama lain. Tentunya kamu tidak menggunakan bahan yang sama dalam membuat baju kaus dengan jaket motor.Walaupun setiap jenisnya bisa dijadikan pakaian, kamu akan mendapatkan sensasi yang berbeda pada tiap bahan.

Apa arti sutra dikenal sebagai kain yang memiliki tampilan mengkilap dan halus. Bagi kamu yang ingin mengenali kain sutra yang asli, tentunya perlu mengenali karakteristik atau ciri-cirinya terlebih dahulu. Selain itu kamu perlu membedakannya dengan bahan kain lainnya.

Berikut rangkum dari berbagai sumber, Rabu (24/5/2023) tentang apa arti sutra.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa Arti Sutra?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), apa arti sutra yaitu benang halus dan lembut yang berasal dari kepompong ulat sutra. Jadi, apa arti sutra disebut juga sebagai kain alami yang terbuat dari tenunan kepompong ulat sutra. Tampilan kain sutra ini terlihat berkelas karena memiliki efek mengilap yang natural. Namun, perawatannya harus diperhatikan agar bisa bertahan lebih lama.

Apa arti sutra yaitu serat protein alami yang dapat ditenun menjadi tekstil. Jenis sutra yang paling umum adalah sutra dari kepompong yang dihasilkan larva ulat sutra murbei (Bombyx mori) yang diternak (peternakan ulat itu disebut serikultur). Apa arti sutra termasuk ke dalam jenis serat alami, atau serat yang didapatkan dari makhluk hidup seperti hewan dan tumbuhan.

Ciri-Ciri Sutra

Ciri-ciri sutra di antaranya memiliki tekstur mulus, halus dan lembut, serta tidak licin. Rupa berkilauan yang menjadi daya tarik sutra berasal dari struktur seperti prisma segitiga dalam serat tersebut yang membuat kain sutra dapat membiaskan cahaya dari berbagai sudut.

Apa arti sutra juga memiliki ciri-ciri tidak mudah kusut, bisa ditenun menjadi kain yang lebih kuat, mempunyai daya serap cukup tinggi, tidak mudah terbakar, dan tidak mudah berjamur.

3 dari 4 halaman

Jenis Kain Lainnya

Setelah memahami apa arti sutra, kamu tentunya perlu mengenali jenis kain lainnya. Berikut beberapa jenis kain yang biasa dijadikan bahan pakaian:

1. Katun

Kain katun merupakan salah satu jenis kain yang banyak digunakan sebagai bahan pakaian. Katun dibuat dari serat alami tanaman kapas. Istilah katun mengacu pada bagian tanaman kapas yang dipintal menjadi benang dan kemudian ditenun untuk membuat kain yang lembut dan tahan lama. Katun atau cotton biasa digunakan untuk bahan pakaian sehari-hari, seperti kemeja, dan barang-barang rumah tangga, seperti sprei.

2. Baby canvas

Baby canvas merupakan jenis kain yang biasa digunakan sebagai bahan outer, jaket atau celana. Meksi termasuk jenis kanvas, baby canvas tidak kaku seperti bahan kanvas lainnya. Baby kanvas memiliki daya tahan tinggi dan nyaman dikenakan.

3. Linen

Linen adalah jenis kain ringan yang sangat kuat, terbuat dari tanaman rami. Linen adalah bahan umum yang digunakan untuk handuk, taplak meja, serbet, dan seprai. Bahan ini juga biasa digunakan untuk lapisan dalam jaket. Linen adalah macam kain yang sangat menyerap cairan dan ringan, membuatnya ideal untuk bahan pakaian musim panas. Kualitasnya yang ringan memungkinkan udara untuk gampang menembusnya dan memoderasi suhu tubuh.

4. Drill

Kain drill mempunyai wujud yang menyerupai bahan kain katun. Bedanya, kain drill lebih tebal dibanding katun atau linen. Bahan kain ini terbuat dari pencampuran serat tetoron dan rayon serta polyester. Karena lebih tebal dan cukup kaku, kain ini sebaiknya dijadikan sebagai bahan utama celana, culotte atau rok.

5. Polyester

Polyester adalah serat sintetis buatan manusia yang dibuat dari petrokimia, seperti batu bara dan minyak bumi. Jenis kain polyester ditandai oleh sifatnya yang tahan lama; namun bersifat panas dan tidak bisa menyerap cairan seperti keringat dengan baik ketika dipakai.

4 dari 4 halaman

6. Brokat

Brokat merupakan jenis kain yang kaya akan dekorasi. Kain ini biasa terbuat dari apa arti sutra dengan atau tanpa benang emas. Dengan tampilannya yang menarik, brokat biasanya menjadi bahan dasar kebaya. Detail brokat yang terdiri dari sulaman bertekstur bunga atau dedaunan ini tentunya memperkaya tampilan busana.

7. Denim

Kain denim adalah jenis kain yang terbuat dari serat yang sangat kuat, tebal namun mudah dicuci. Meski identik sebagai kain utama pembuatan jaket dan celana panjang, denim saat ini juga sering dijadikan sebagai bahan utama pakaian sehari-hari seperti blus, rok dan casual dress dengan ketebalan kain yang berbeda-beda.

8. Rayon

Jenis kain rayon memiliki tekstur yang sedikit licin, mengilap dan jatuh saat dikenakan. Bahan pakaian yang terbuat dari kain rayon memang dikenal adem dan mudah sekali menyerap keringat.

9. Satin

Satin adalah salah satu dari tiga jenis kain tenun tekstil utama. Tenunan satin menciptakan kain yang elastis, berkilau, lembut dengan lembaran yang indah. Kain satin ditandai oleh permukaan lembut dan berkilau di satu sisi, dan permukaan kusam atau agak kasar di sisi lainnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat