uefau17.com

9 Manfaat Melon Untuk Ibu Hamil yang Jarang Diketahui - Hot

, Jakarta Ketika sedang hamil, seorang wanita membutuhkan banyak nutrisi karena ia juga harus memberikan makanan bagi calon bayi yang ada dalam kandungan. Dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi, maka dapat berdampak bagi perkembangan bayi dalam kandungan. Namun, jika salah mengonsumsi makanan, juga dapat mengakibatkan hal yang fatal.

Melon dikenal sebagai salah satu buah yang memiliki banyak nutrisi. Dalam melon memiliki kandungan karbohidrat, vitamin, mineral, antioksidan, hingga antikoagulan. Selain itu, melon juga memiliki rasa yang lezat untuk dimakan langsung, diolah menjadi smoothies, ataupun menjadi salad buah.

Ternyata, melon juga memiliki manfaat yang baik untuk ibu hamil. Fakta ini memang jarang diketahui karena pada umumnya ibu hamil banyak disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung folat.

Berikut ini merupakan manfaat melon untuk ibu hamil yang jarang diketahui dirangkum dari berbagai sumber oleh , Rabu (11/11/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Melon Untuk Ibu Hamil

1. Bernutrisi tinggi

Seperti yang telah disebutkan di atas, buah melon memiliki banyak nutrisi. Dalam buah melon mengandung Kalori, Karbohidrat, Serat Protein Nabati, Vitamin A, vitamin C, Kalium, Folat, Vitamin B3, Magnesium, Vitamin B1, dan Vitamin K.

Untuk ibu hamil, disarankan untuk mengonsumsi 156 gram buah melon setiap harinya. Porsi yang dikonsumsi harus pas karena sebaiknya menyeimbangkan dengan mengonsumsi makanan lainnya yang mengandung omega 3.

2. Meningkatkan sistem imun tubuh ibu hamil dan janin

Ketika sedang hamil, seorang wanita tubuhnya akan cenderung lebih rentan karena imun tubuhnya menurun. Dengan mengosumsi buah melon yang mengandung karotenoid, dipercaya dapat bertindak sebagai antioksidan sehingga mampu untuk menangkal radikal bebas yang bisa memicu berbagai penyakit.

Selain itu, karotenoid dalam buah melon juga dipercaya dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh ibu dan janin, juga dapat membantu meningkatkan produksi sel-sel baru.

3. Mencegah penggumpalan darah

Ketika hamil, bisa terjadi berbagai masalah kesehatan, hal ini lantaran kondisi ibu hamil akan lebih rentan karena harus mengandung janin dalam tubuhnya. Terutama ibu hamil yang berada di trimester awal. 

Biasanya, salah satu penyakit komplikasi kehamilan yang kerap terjadi pada ibu yakni penggumpalan darah. Dengan mengonsumsi buah melon ketika hamil, dipercaya dapat membantu untuk mengencerkan dan melancarkan peredaran darah.

Selain itu, buah ini juga dipercaya dapat mencegah penggumpalan darah yang bisa membahayakan kesehatan janin beserta sang ibu. Maka dari itulah, buah melon sangat direkomendasikan bagi ibu hamil.

3 dari 4 halaman

Manfaat Melon Untuk Ibu Hamil

4.  Mencegah cacat tabung saraf

Seorang ibu hamil membutuhkan banyak nutrisi untuk janin terutama pada trimester pertama. Hal ini lantaran di masa tersebut, tabung saraf bayi akan bertumbuh kembang menjadi sumsum tulang belakang dan otak. Dengan mengonsumsi buah melon yang memiliki kandungan folat yang tinggi, maka dipercaya akan baik untuk pertumbuhan otak dan sumsum tulang belakang bayi.

5. Mencegah masalah pencernaan

Seperti halnya dengan buah lainnya, buah melon memiliki kandungan serat yang tinggi. Hal ini pun dapat membantu untuk melancarkan masalah pencernaan yang kemungkinan dapat dirasakan oleh ibu hamil terutama di trimester kedua dan ketiga.

Di masa trimester kedua, ibu hamil akan sering mengalami nyeri ulu hati. Dengan mengonsumsi buah melon secara rutin, dipercaya dapat meredakan penyakit tersebut. Terlebih lagi dikarenakan buah melon memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga baik untuk pencernaan ibu hamil dan janin.

6. Mencegah anemia

Ketika sedang hamil, kadar Hemoglobin (Hb) pada wanita akan cenderung lebih rendah atau berada di bawah rata-rata wanita dewasa. Meski hal ini merupakan sebuah kondisi yang normal, namun jika tidak diimbangi dengan konsumsi makanan yang sehat, dapat mengakibatkan anemia.

Ketika ibu hamil mengalami anemia, tidak akan baik untuk janin. Maka dari itu, dengan mengonsumsi buah melon yang mengandung zat besi dan Vitamin C, dipercaya hal ini dapat dihindari. 

4 dari 4 halaman

Manfaat Melon Untuk Ibu Hamil

7. Mengatasi kram kaki

Semakin memasuki trimester akhir masa kehamilan, seorang wanita akan terus mengalami perubahan dalam bentuk fisiknya. Mulai dari payudara yang membesar, hingga kaki yang bengkak dan sering mengalami kram.

Meskipun hal tersebut merupakan kondisi yang normal, namun jika tidak ditangani dengan baik dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, bahkan di jam istirahat sekalipun. 

Kram biasanya adalah penyakit yang timbul dikarenakan kekurangan Kalium, dengan mengonsumsi buah melon yang sarat akan Kalium, dipercaya dapat menjadi solusi dan pencegahan terhadap kondisi ini.

8. Meningkatkan fungsi kognitif bayi

Selama bayi masih di dalam kandungan, yang dikonsumsi oleh ibunya akan sangat berpengaruh padanya. Maka dari itu, dengan mengonsumsi buah melon yang sarat akan kandungan Vitamin A dapat membantu perkembangan fungsi kognitif calon bayi dalam kandungan. 

Dengan mengonsumsi buah melon sesuai dengan rekomendasi asupan harian (RAH) secara rutin, Anda setiap harinya juga akan mendapatkan kandungan vitamin A yang tinggi yakni sebanyak 29 persen.

9. Mempersiapkan tubuh ibu hamil menjelang persalinan

Menjelang kelahiran, tubuh ibu hamil akan terus merasakan kontraksi otot yang aktif, maka dari itu sebaiknya mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung banyak mineral. Dengan mengonsumsi buah melon, dipercaya dapat membantu untuk mencegah pembekuan darah dan membuat tubuh ibu hamil lebih siap menjelang kelahiran.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat