uefau17.com

Doa Bangun Tidur dan Artinya, Perhatikan Adab yang Harus Dilakukan - Hot

, Jakarta Berdoa mejadi suatu hal yang dekat dengan diri kita. Dalam agama Islam, berdoa sebelum dan sesudah melaukan sesuatu adalah amalan baik yang dianjurkan untuk dilakukan. Bahkan kegiatan yang dianggap sepele pun terdapat doa yang harus dilantunkan. Hal ini dilakukan agar segala kegiatan yang dilakukan menjadi berkah dan memperoleh pahala. Doa bangun tidur menjadi doa yang seringkali dilupakan oleh sebagian orang.

Doa bangun tidur dan artinya sebagai wujud rasa syukur kepada Allah karena telah memberikan kesempatam untuk bangun kembali. Jika dicermati lebih jauh, Allah membangunkan orang-orang untuk dapat terus melakukan kebaikan dan beribadah kepada-Nya.

Dalam doa bangun tidur pun terdapat amalan yang tidak banyak diketahui oleh orang-orang. Selain itu, adab saat bangun tidur juga perlu diperhatikan. Amalan dan adab tersebut akan sangat bermanfaat untuk mengawali hari. Harapannya orang yang menerapkannya dapat memperoleh banyak kebaikan dan dijauhkan dari segala keburukan pada hari tersebut.

Berikut informasi mengenai doa bangun tidur dan artinya hingga adab yang harus diperhatikan. telah merangkumnya dari berbagai sumber, Jumat (19/5/2023)

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Doa Bangun Tidur dan Artinya

Sebagian orang menganggap melantunkan doa bangun tidur tidak sepenting melantunkan doa sebelum tidur. Saat bangun tidur, orang-orang lebih memilih untuk langsung memainkan ponselnya. Padahal doa bangun tidur ini sangat mudah untuk dilantunkan. Selain itu, jika mencermati doa bangun tidur dan artinya terdapat wujud rasa syukur kita kepada Allah. Berikut lafaz doa bangun tidur dan artinya.

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْ

Alhamdulillahil ladzii ahyaanaa ba’da maa amaatanaa wa ilaihinnusyuur.

“Segala puji bagi Allah yang membangunkan kami setelah menidurkan kami dan kepada-Nyalah kami dibangunkan.” (HR. Bukhari no. 6325)

3 dari 4 halaman

Amalan dalam Doa Bangun Tidur

Melansir muslim.or.id, doa bangun tidur dan artinya memiliki beberapa amalan baik di dalamnya. Hal ini didasarkan pada setiap doa pasti terdapat kebiasaan yang menjadi amalan mulia. Bagi seorang muslim, amalan ini tentunya tidak boleh dilewatkan. Berikut beberapa amalan mulia yang ada di dalam doa bangun tidur.

1. Pujian Bagi Allah

Segala bentuk puji-pujian sudah sepantasnya kita berikan kepada Allah. Mausia hanya sebuah titik kecil dari jutaan ciptaan-Nya. Kita harus senantiasa memberikan pujian kepada Allah di setiap waktu yang kita miliki. Apalagi saat sebelum terbit dan terbenamnya matahari. Sebelum terbit ini dapat dilakukan pada saat seseorang bangun dari tidurnya. Oleh karena itu, melantunkan doa bangun tidur menjadi pilihan terbaik untuk dilakukan.

2. Roh Manusia Digenggam oleh Allah

Doa bangun tidur dan artinya memiliki makna bahwa roh manusia digenggam oleh Allah. Roh di sini berarti nyawa seseorang yang dapat kapan saja dicabut oleh Allah. Allah dapat kapan saja mencabut nyawa hamba-Nya bahkan saat tidur. Hal ini sejalan dengan firman Allah dalam surat Az-Zumar ayat 42.

ٱللَّهُ یَتَوَفَّى ٱلۡأَنفُسَ حِینَ مَوۡتِهَا وَٱلَّتِی لَمۡ تَمُتۡ فِی مَنَامِهَاۖ فَیُمۡسِكُ ٱلَّتِی قَضَىٰ عَلَیۡهَا ٱلۡمَوۡتَ وَیُرۡسِلُ ٱلۡأُخۡرَىٰۤ إِلَىٰۤ أَجَلࣲ مُّسَمًّىۚ إِنَّ فِی ذَ ٰ⁠لِكَ لَـَٔایَـٰتࣲ لِّقَوۡمࣲ یَتَفَكَّرُونَ

“Allah memegang nyawa (seseorang) saat kematiannya dan nyawa (seseorang) yang belum mati ketika dia tidur. Maka, Allah tahan nyawa (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan kemudian dilepaskan nyawa yang lain sampai batas yang ditentukan. Sungguh, disitulah terdapat tanda-tanda (kebesaran) Allah bagi kaum yang berpikir.” (QS. Az-Zumar: 42)

3. Allah Menjadi Satu-satunya Kita Kembali

Roh yang digenggam oleh Allah ini menjadi tanda bahwa Allah menjadi satu-satunya tempat manusia untuk kembali. Tiada lagi tempat bagi manusia untuk menggantungkan segala sesuatu yang ada dalam hidupnya selain kepada Allah. Hal ini juga menjadi wujud dari rukun iman kelima yang berbunyi “Iman kepada hari kiamat.”

4 dari 4 halaman

Adab Bangun Tidur

Setelah mengetahui amalan dalam doa bangun tidur, kita juga tidak boleh melupakan adab yang harus dilakukan saat bangun tidur. Hal yang biasanya dilakukan saat bangun tidur adalah memainkan ponsel. Padahal ada hal lain yang harusnya lebih dahulu untuk dilakukan. Melansir islam.nu.or.id dan muslim.or.id ada beberapa adab bangun tidur yang baik untuk dilakukan.

  • Berusahalah untuk bangun sebelum subuh
  • Membaca doa bangun dari tidur
  • Memperbanyak zikir kepada Allah
  • Mencuci tangan
  • Menggosok gigi
  • Menghilangkan malas dengan berwudu
  • Bersegeralah untuk menunaikan salat

Beberapa adab bangun tidur ini perlu menjadi catatan penting untuk dilakukan. Sebagai manusia muslim yang beriman memang dianjurkan untuk melakukan segala sesuatu yang mendatangkan kebaikan baik bagi diri, orang lain, dan lingkungan. Adab-adab tersebut akan membuat seseorang dapat memulai hari dengan hati yang tenang. Allah juga akan membantu seseorang tersebut untuk mendatangkan kebaikan dan menjauhkan segala keburukan pada hari tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat