uefau17.com

10 Manfaat Aplikasi PeduliLindungi Selama Pandemi, Tak Hanya Unduh Sertifikat Vaksin - Hot

, Jakarta Penggunaan aplikasi PeduliLindungi semakin digencarkan oleh pemerintah sebagai syarat wajib mengakses layanan transportasi umum maupun fasilitas umum selama PPKM diperpanjang. Banyak orang mengetahui aplikasi PeduliLindungi hanya untuk mengunduh sertifikat vaksin Covid-19. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa aplikasi ini memiliki banyak manfaat.

PeduliLindungi adalah aplikasi yang dikembangkan untuk membantu instansi pemerintah terkait dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran Covid-19. Cara kerja dari aplikasi ini mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita Covid-19 dapat dilakukan.

Dengan mengunduh aplikasi PeduliLindungi, masyarakat dapat mengakses berbagai fitur. Serta, sejumlah manfaat lainnya. Berikut ini beberapa manfaat aplikasi PeduliLindungi yang tak banyak orang ketahui dan cara mengatasi scan bercode yang eror, yang telah dirangkum oleh dari berbagai sumber, Kamis (28/10/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Aplikasi PeduliLindungi

Tak hanya untuk mengunduh sertifikat vaksin Covid-19, aplikasi PeduliLindungi juga memiliki manfaat lainnya. Berikut ini 10 manfaat aplikasi PeduliLindungi yang wajib Anda ketahui, yaitu:

1. Memberi Informasi Terkait Zonasi

Aplikasi ini dapat memberikan notifikasi jika pengguna masuk ke suatu zona tertentu yang kategorinya telah ditentukan pemerintah melalui Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN). Zona tersebut bisa berupa zona merah, oranye, kuning, atau hijau, bergantung dengan lokasi yang dikunjungi oleh pengguna.

2. Contact Tracing

Pengguna akan mendapatkan pemberitahuan jika melakukan kontak dengan pengguna lain yang terdiagnosa positif Covid-19 dalam rentang waktu 14 hari terakhir. Untuk itu, pengguna akan diminta menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan peraturan pemerintah setempat. Jika pengguna terdiagnosa positif Covid-19, PeduliLindungi akan meminta persetujuan pengguna untuk mengakses data hasil contact tracing dalam waktu 14 hari terakhir yang tersimpan di server PeduliLindungi. Data pengguna PeduliLindungi lain yang melakukan kontak dengan Anda dalam waktu 14 hari terakhir akan digunakan sebagai sumber data awal bagi pemerintah Indonesia untuk melakukan tracing.

3. Menampilkan Statistik Kasus Covid-19

Manfaat lainnya yaitu aplikasi ini juga dapat menampilkan statistik kasus covid-19 di lokasi sekitar penggunanya.

4. Beritahu Pengguna Jika Berada di Keramaian

PeduliLindungi akan memberikan notifikasi jika pengguna teridentifikasi berada di keramaian, yaitu berada di tempat yang sama dengan beberapa pengguna lain yang mengaktifkan aplikasi PeduliLindungi dalam waktu yang cukup lama.

5. Paspor Digital

Terdapat fitur paspor digital pada aplikasi PeduliLindungi. Fitur ini dapat menampilkan sertifikat vaksin Covid-19 dan hasil tes Covid-19 dari laboratorium yang terafiliasi dengan pemerintah. Sertifikat vaksin tersebut juga dapat diunduh melalui aplikasi ini.

6. Pendaftaran Vaksin

Manfaat lainnya yaitu pengguna juga bisa melakukan pendaftaran vaksinasi Covid-19 melalui PeduliLindungi.

7. Diari Perjalanan

PeduliLindungi dapat menyimpan dan menampilkan histori perjalanan pengguna di fitur Diari Perjalanan sebagai upaya program contact tracing oleh pemerintah.

8. Telemedisin

Terdapat fitur Teledokter pada aplikasi ini. Fitur ini membuat pengguna dapat melakukan pemeriksaan kesehatan dan telekonsultasi dengan dokter yang akan difasilitasi oleh aplikasi dari pihak ketiga.

9. Dapat Membuat E-Hac

Pengguna dapat membuat electronic health alert card atau e-HAC melalui PeduliLindungi. Riwayat e-HAC atau kartu kewaspadaan yang pernh dibuat oleh pengguna juga tersedia di aplikasi ini.

10. Sebagai Bukti untuk Mengakses Layanan Publik

Aplikasi ini dapat digunakan oleh pengguna sebagai syarat untuk mengakses fasilitas publik seperti pusat perbelanjaan, supermarket, bioskop, tempat wisata, restoran, fasilitas olahraga, transportasi umum, termasuk area perkantoran.

3 dari 4 halaman

Cara Menggunakan Aplikasi PeduliLindungi untuk Mengakses Layanan Publik

Berikut ini cara menggunakan aplikasi PeduliLindungi yang penting Anda ketahui, yaitu:

  1. Pastikan aplikasi PeduliLindungi sudah terpasang di ponsel dan nomor ponsel sudah didaftarkan.
  2. Login dengan nomor ponsel yang telah didaftarkan.
  3. Saat akan memasuki tempat umum, buka aplikasi PeduliLindungi lalu klik menu Scan QR Code yang ada di halaman utama.
  4. Arahkan kamera pada QR Code yang disediakan di pintu masuk.
  5. Tunjukkan hasil pemindaian QR Code kepada petugas.
  6. Hasil pemindaian akan menunjukkan apakah Anda diizinkan masuk ke suatu tempat atau tidak.

Apabila hasil pemindaian menunjukkan warna hijau, berarti Anda diperbolehkan masuk. Jika muncul warna kuning, petugas akan melakukan verifikasi ulang. Adapun jika muncul warna merah, Anda dipastikan tidak akan diizinkan masuk oleh petugas.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Scan Barcode yang Eror pada Aplikasi PeduliLindungi

Berikut ini ada beberapa cara mengatasi scan barcode yang eror di aplikasi PeduliLindungi yang penting untuk Anda ketahui, yaitu.

1. Log In Secara Berkala

Login (masuk) lalu logout (keluar) secara berulang-ulang juga bisa mengatasi masalah tidak bisa scan barcode di aplikasi PeduliLindungi. Dengan cara ini, aplikasi akan memberi respons secara otomatis, sehingga fitur QR Code akan berfungsi seperti semula.

2. Membersihkan Data Cache

Tidak bisa scan barcode di aplikasi PeduliLindungi juga bisa disebabkan oleh penuhnya ruang penyimpanan ponsel. Salah satu upaya yang bisa dilakukan agar ruang penyimpanan kembali kosong adalah dengan menghapus data cache.

3. Menutup Aplikasi di Background

Penyebab tidak bisa scan barcode di aplikasi PeduliLindungi selanjutnya adalah adanya banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang ponsel. Oleh sebab itu, pastikan tidak ada aplikasi lain yang berjalan di background sebelum melakukan scan barcode PeduliLindungi.

4. Memperbarui Aplikasi

Tidak kunjung memperbarui aplikasi juga dapat menyebabkan kendala saat hendak scan barcode PeduliLindungi Pastikan rutin mengecek pembaruan software atau melakukan update aplikasi PeduliLindungi ke versi terbaru agar aplikasi berjalan lancar. Pembaruan aplikasi PeduliLindungi bisa dilakukan melalui Google Play Store (Android) atau Apple App Store (iOS).

5. Pastikan Koneksi Internet Stabil

Tidak bisa scan barcode PeduliLindungi bisa terjadi akibat koneksi internet yang tidak stabil. Kondisi itu akan membuat proses pemindaian QR Code (scan QR) melalui aplikasi PeduliLindungi tidak berhasil. Cara mengatasinya, cari dan gunakan koneksi internet yang lebih stabil, baik yang berasal dari WiFi maupun tethering.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat