uefau17.com

Paragraf Eksposisi adalah Paragraf Penjelasan, Ini Ciri-Ciri dan Contohnya - Hot

, Jakarta Paragraf eksposisi adalah jenis paragraf yang isinya bertujuan untuk menjelaskan suatu informasi kepada pembaca. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai paragraf eksposisi, penting untuk terlebih dahulu membahas mengenai paragraf itu sendiri.

Paragraf adalah suatu gagasan yang berbentuk serangkaian kalimat yang saling berkaitan satu sama lain. Secara umum, dalam paragraf memiliki kalimat utama di awal, tengah, akhir, bahkan ada di awal dan akhir.

Paragraf dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, salah satunya adalah paragraf eksposisi. Paragraf eksposisi adalah jenis paragraf yang memiliki tujuan untuk menjelaskan, memaparkan, dan menerangkan informasi.

Paragraf eksposisi sendiri masih dapat dibedakan ,menjadi beberapa macam. Untuk memahami apa itu paragraf eksposisi adalah paragraf jenis apa, berikut ulasan selengkapnya seperti yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (18/4/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Paragraf Eksposisi

Paragraf eksposisi adalah untuk paragraf yang isinya memiliki tujuan untuk menjelaskan, memaparkan, dan menerangkan informasi. Paragraf eksposisi adalah paragraf yang biasanya terdapat pada jenis teks nonfiksi maupun teks yang bersifat ilmiah.

Karena bersifat ilmiah, paragraf eksposisi adalah jenis paragraf yang tidak bisa ditulis secara sembarangan. Paragraf eksposisi adalah paragraf yang perlu ditulis dengan memperhatikan fakta-fakta, sehingga dapat menjelaskan suatu informasi kepada pembaca dengan lebih akurat.

Paragraf eksposisi adalah paragraf yang dapat dikenali dari cici-cirinya. Adapun cici-ciri [paragraf eksposisi adalah sebagai berikut:

  1. Paragraf eksposisi adalah sebuah paragraf yang menimbulkan suatu pengetahuan dan pengertian atas suatu hal.
  2. Paragraf eksposisi adalah menjawab semua pertanyaan pembaca dari pertanyaan-pertanyaan dimana, mengapa, apa, kapan dll, mengenai pengetahuan yang dijelaskan.
  3. Paragraf eksposisi adalah paragraf yang diberikan bersikap netral, tidak memihak atau memaksa agar pembaca ikut dengan pendapat penulis.
3 dari 4 halaman

Macam-Macam Paragraf Eksposisi

Seperti yang telah dibahas sebelumnya. paragraf eksposisi adalah jenis paragraf yang dimana isi kontennya dikembangkan dengan tujuan untuk memberikan penjelasan bagi pembaca tentang sebuah informasi. Tujuannya paragraf eksposisi adalah agar pembaca bisa mendapatkan sebuah pengetahuan dari membaca isi paragraf tersebut.

Paragraf eksposisi sendiri terbagi dalam beberapa jenis, sesuai dengan isi dan fungsi yang dimiliki. Adapun jenis-jenis paragraf eksposisi adalah sebagai berikut:

1. Paragraf Eksposisi Definisi

Paragraf eksposisi definisi adalah paragraf eksposisi yang bertujuan memaparkan atau menerangkan pengertian dari suatu topik. Biasanya, jenis paragraf ini cenderung fokus pada karakteristik dari topik yang sedang dibahas. Jenis teks eksposisi definisi sendiri banyak terdapat pada buku pelajaran atau artikel.

Contoh paragraf eksposisi definisi adalah sebagai berikut:

 

Kentang adalah umbi bawah tanah yang tumbuh di akar tanaman kentang, Solanum tuberosum. Tanaman ini berasal dari keluarga nightshade dan terkait dengan tomat dan tembakau. Kentang asli Amerika Selatan dan dibawa ke Eropa pada abad ke-16 dan sekarang ditanam dalam varietas yang tak terhitung jumlahnya di seluruh dunia. Kentang umumnya dimakan direbus, dipanggang, atau digoreng dan sering disajikan sebagai lauk atau camilan.

2. Paragraf Eksposisi Proses

jenis paragraf eksposisi yang kedua adalah paragraf eksposisi proses. Paragraf eksposisi proses adalah jenis paragraf eksposisi yang berfungsi  untuk menerangkan proses atau langkah dari suatu topik atau kegiatan.

Dalam paragraf ini biasanya berisi tahapan-tahapan, dari awal hingga akhir. Penggunaan jenis paragraf ini bisa ditemui pada buku petunjuk penggunaan suatu produk, atau juga dalam artikel resep masakan.

Adapun contoh paragraf eksposisi proses adalah sebagai berikut:

 

Untuk membuat masker kentang, campur 3 sendok makan air kentang dengan 2 sendok makan madu. Aduk hingga merata, oleskan ke wajah dan leher. Biarkan selama 10 hingga 15 menit atau sampai mengering dan kemudian cuci bersih.

3. Paragraf Eksposisi Ilustrasi

Paragraf eksposisi ilustrasi adalah jenis paragraf eksposisi yang berfungsi untuk memberikan gambaran suatu topik disandingkan dengan topik lainnya yang memiliki kesamaan. Biasanya paragraf ini menggunakan kata penghubung “seperti” dan bagaikan.

Adapun contoh paragraf eksposisi ilustrasi adalah sebagai berikut:

 

Sebenarnya, kondisi ekonomi kita sudah relatif membaik. Indikatornya dapat dilihat dari berbagai aspek. Misalnya, dalam bidang otomotif. Setiap hari kita temukan aneka kendaraan melintas di jalan raya. Sepeda motor baru, mobil pun baru.

4. Paragraf Eksposisi Pertentangan

Paragraf eksposisi pertentangan adalah jenis paragraf eksposisi yang memberikan penjelasan dengan cara membandingkan satu hal dengan hal lain yang memiliki sifat yang berlawanan. Paragraf eksposisi pertentangan sering menggunakan kata penghubung “akan tetapi”, “sebaliknya”, “walaupun”, atau “meskipun begitu”.

Adapun contoh paragraf eksposisi pertentangan adalah sebagai berikut:

 

Planet Merkurius memang sangat menarik. Lama waktu rotasi dan revolusinya benar-benar bertolak belakang. Merkurius hanya butuh waktu 88 hari untuk melakukan revolusi mengelilingi matahari. Namun untuk berotasi di porosnya sendiri, planet ini butuh 59 hari. Sangat kontras dengan bumi yang hanya butuh waktu rotasi 1 hari saja.

5. Paragraf Eksposisi Perbandingan

Paragraf eksposisi pertentangan adalah jenis paragraf eksposisi yang menjelaskan sesuatu dengan gaya bahasa perbandingan. Penjelasan dalam paragraf eksposisi perbandingan biasanya melibatkan dengan membandingkan sesuatu dengan hal lain, baik itu berupa persamaan maupun perbedaan.

Adapun contoh paragraf eksposisi perbandingan adalah sebagai berikut:

 

Hukuman bagi para koruptor di Indonesia terbilang masih sangat lemah. Bahkan penegak hukum dengan mudahnya disuap untuk meringankan proses hukuman. Bayangkan saja, koruptor ratusan miliar hanya mendekam di penjara selama 3 tahun saja. Pantas saja korupsi di Indonesia semakin meningkat. Berbeda dengan pemerintahan China yang menerapkan hukuman mati bagi para koruptor. Sehingga tingkat pidana korupsi di China sangat sedikit.

6. Paragraf Eksposisi Laporan

Paragraf eksposisi laporan adalah jenis paragraf eksposisi yang bertujuan untuk menjelaskan informasi yang merupakan hasil laporan dari terjadinya suatu peristiwa. Bukan hanya itu, paragraf eksposisi laporan juga bisa memuat informasi dari sebuah penelitian. Contohnya pun dapat dilihat dengan jelas di media-media cetak seperti koran atau majalah, maupun media online.

Contoh lain dari paragraf eksposisi laporan adalah sebagai berikut:

 

Banjir bandang yang melanda kota Yokohama pada hari Kamis kemarin telah merendam ratusan rumah warga dan 7 orang dinyatakan hilang. Banjir tersebut terjadi pada dini hari di saat orang tengah terlelap. Banjir terjadi disebabkan hujan yang telah mengguyur kota dari pagi sampai sekarang belum berhenti. Akibatnya sungai tidak mampu menampung volume air.

7. Paragraf Eksposisi Klasifikasi

Paragraf eksposisi klasifikasi adalah jenis paragraf eksposisi yang menjelaskan tentang suatu topik dengan cara membagi atau mengelompokkan dalam beberapa kategori. Biasanya jenis paragraf ini disampaikan secara terstruktur dan rinci agar pemaparan klasifikasi yang dilakukan dapat dipahami secara jelas.

Salah satu contoh paragraf eksposisi klasifikasi adalah sebagai berikut:

Sistem penamaan jenis-jenis kritik sastra bervariasi, tergantung pada pendekatan yang digunakan. Pendekatan moral menekankan pada pertalian karya sastra dengan wawasan moral dan agama. Pendekatan historis, bekerja atas dasar lingkungan karya sastra yang berkaitan dengan fakta-fakta dari zaman dan hidup pengarang. Pendekatan impresionistik menjadi ciri khas aliran sastra romantik, menekankan pada efek personil karya sastra pada kritikusnya.
4 dari 4 halaman

Cara Menyusun Paragraf Eksposisi

Menyusun paragraf eksposisi sebenarnya tidak terlalu sulit. Namun, untuk menyusun paragraf eksposisi memang perlu memperhatikan beberapa hal, agar muatan informasi lebih akurat dan penjelasannya bisa tersampaikan dengan baik. Adapun cara menyusun paragraf eksposisi adalah sebagai berikut:

  1. Menentukan topik menarik yang akan dibahas di dalam tulisan.
  2. Menentukan target eksposisi.
  3. Membuat kerangka karangan lengkap dan berurutan (sistematis).
  4. Isi kerangka karangan mesti disesuaikan dengan target yang akan dituju penulis.
  5. Mengembangkan isi karangan cocok dengan kerangka baku.
  6. Paparan karangan mesti disertai dengan contoh, gambar, grafik yang dianggap perlu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat