uefau17.com

Apa Itu Teks Eksposisi? Ini Pengertian, Struktur, Jenis dan Contohnya - Hot

, Jakarta Apa itu teks eksposisi menjadi salah satu pertanyaan yang dijumpai saat membahas materi bahasa Indonesia. Namun pada kenyataannya tidak hanya pada saat sekolah, teks eksposisi nyatanya merupakan teks yang sangat sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Jawaban dari apa itu teks eksposisi secara umum, dapat dijawab dengan jawaban berupa teks atau tulisan yang berisi informasi dan pengetahuan, yang berdasarkan pada fakta atau kejadian yang benar-benar terjadi. Dapat disampaikan dalam berbagai bentuk, teks eksposisi umumnya juga mengandung pendapat dari si penulis.

Dengan memahami apa itu teks eksposisi, pembaca akan memiliki sudut pandang yang lebih luas tentang berbagai isu-isu yang ada di masyarakat. Selain itu teks eksposisi juga dapat digunakan untuk menjelaskan tentang uraian ilmu pengetahuan sekaligus menjawab berbagai pertanyaan.

Lantas apa itu teks eksposisi? Lebih lengkapnya, berikut ini rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (13/12/2022). Pengertian teks eksposisi, struktur teks eksposisi, beserta dengan ciri, jenis teks eksposisi dan contohnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Apa Itu Teks Eksposisi?

Apa Itu Teks Eksposisi?

Teks ekspositori adalah teks yang bertujuan untuk menginformasikan dan menyebarkan konten tentang topik tertentu. Pada umumnya teks ekspositori tersusun atas informasi objektif, yang memuat rangkaian data yang dijelaskan secara tepat. Teks ekspositori seringkali memiliki deskripsi yang mendetail. 

Namun, mereka juga dapat berisi definisi dan perbandingan konsep, serta beberapa contoh. Demikian pula, teks eksposisi juga biasa ditemukan di majalah, surat kabar dan artikel ilmiah , ensiklopedia, halaman web dan di semua jenis manual, seperti dalam instruksi permainan papan, dalam penjabaran kerajinan tangan atau dalam resep memasak.

Kesimpulannya, dapat dikatakan bahwa teks ekspositori ingin mengajarkan sesuatu yang baru kepada para pembacanya, yang mendekati teks untuk menjawab pertanyaan mereka tentang topik tertentu. Selain itu, teks ekspositori sangat umum dan digunakan di banyak daerah, sehingga strukturnya dapat bervariasi sesuai dengan informasi yang dikandungnya.

3 dari 5 halaman

Ciri dan Struktur Teks Eksposisi

Ciri Teks Eksposisi

Terdapat beberapa ciri-ciri teks eksposisi yang bisa menjadi penanda untuk mengenali apakah suatu teks bacaan adalah teks eksposisi atau bukan, berikut ciri-cirinya:

– Menginformasikan pembaca

Teks ekspositori berusaha memberi informasi kepada pembaca atau penerimanya. Agar hal ini terjadi secara efisien, teks harus ditulis dengan jelas dan tepat.

– Objektivitas

Teks ekspositori umumnya objektif, karena biasanya tidak menyajikan pandangan penulis. Misalnya: “Materi adalah komponen utama dari semua benda dan dapat berubah. Itu bisa mengambil segala macam bentuk dan memiliki sifat fisik yang dapat dirasakan melalui indera. ”

- Menetapkan hubungan yang tidak setara antara pengirim dan penerima

Dalam teks ekspositori, penulis memiliki pengetahuan yang tidak diketahui oleh penerima (atau pembaca); tugas pengirim adalah untuk menginstruksikan penerima tentang hal tertentu. Jadi itu adalah hubungan yang tidak setara karena penerima mengabaikan informasi yang diketahui pengirim.

– Menggunakan bahasa dan struktur yang bervariasi tergantung pada audiens

Struktur teks ekspositori tidak kaku. Hal ini karena akan tergantung kepada khalayak kepada siapa informasi tersebut diarahkan. Itu terjadi dengan cara yang mirip dengan bahasa, karena dapat bervariasi menurut jenis pembaca.

 

Struktur Teks Eksposisi

Secara umum, teks ekspositori mengikuti struktur pengantar - pengembangan - kesimpulan yang khas. Namun, beberapa penulis mengusulkan bahwa jenis teks ini juga dapat memiliki bagian-bagian berikut:

- Pertanyaan

Teks ekspositori bersumber dari suatu masalah atau persoalan yang harus diselesaikan.

Misalnya: bagaimana asal usul kehidupan di bumi? 

– Resolusi

Teks ekspositori dimulai dengan jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh pembaca. Sebagai contoh:

Misalnya: “Tiga perempat permukaan bumi tertutup air , itulah sebabnya kehidupan dimulai di air. Ketika mekanisme makhluk hidup menjadi lebih kompleks, mereka berpindah ke darat tetapi mempertahankan air sebagai komponen utama tubuh mereka. ”

– Kesimpulan

Setelah menjawab keraguan atau pertanyaan, teks ekspositori dapat diakhiri dengan kesimpulan yang mencakup gagasan utama dari konten yang dipaparkan.

Misalnya: “Bumi adalah planet yang bermandikan air, yang membuatnya begitu istimewa. Oleh karena itu, air di planet kita identik dengan kehidupan. ”

4 dari 5 halaman

Jenis Teks Eksposisi

Jenis Teks Eksposisi

Terdapat beberapa jenis teks eksposisi yang dibagi berdasarkan beberapa kriteria, berikut ini adalah beberapa jenis teks eksposisi yang ada:

1. Menurut isinya.

- Pengungkapan

Jenis ini adalah teks yang kontennya ditargetkan untuk banyak orang. Bahasanya sederhana dan tidak memerlukan pengetahuan sebelumnya untuk memahaminya. Contoh teks informasi mungkin ensiklopedia.

- Terampil

Teks ekspositori khusus memiliki konten yang ditujukan untuk sekelompok orang tertentu dan karenanya membutuhkan pengetahuan sebelumnya. Hal ini terutama berlaku untuk teks ilmiah atau penelitian universitas yang lebih maju .

 

2. Menurut cara penyajian informasi

- Definisi atau Deskripsi

Mereka adalah orang-orang yang menyajikan informasi secara deskriptif melalui definisi dan konsep. Misalnya: “Fotosintesis adalah proses kimiawi yang terjadi pada tumbuhan, yang memungkinkannya mengubah bahan anorganik menjadi bahan organik dari sinar matahari.”

- Tipologi atau klasifikasi

Dalam hal ini, informasi disajikan dari klasifikasi. Misalnya: “ Hewan dapat diklasifikasikan sebagai vertebrata (seperti burung, ikan, reptil dan mamalia) atau invertebrata (seperti serangga, ubur-ubur atau siput); Mereka juga diklasifikasikan menjadi mamalia (seperti manusia, beruang, lumba-lumba dan kucing) atau ovipar (seperti burung dan ikan). ”

 

3. Menurut pendengarnya:

- Informatif

Mereka ditujukan untuk khalayak luas dan membahas topik-topik kepentingan umum dari perspektif yang sederhana dan demokratis, yang tidak memerlukan pengetahuan sebelumnya tentang subjek dari pembaca.

- Khusus

Teks khusus menggunakan bahasa teknis yang ditujukan untuk mereka yang berpengetahuan luas dalam masalah ini, yang menyiratkan tingkat kesulitan yang tinggi bagi pembaca yang tidak berspesialisasi dalam subjek tersebut.

5 dari 5 halaman

Contoh Teks Eksposisi

1. Petunjuk Penggunaan

Petunjuk penggunaan dirancang untuk menginformasikan secara cepat dan objektif, tanpa kemungkinan perdebatan, tentang cara menggunakan artefak atau layanan. 

Contohnya:

Untuk terhubung ke Jaringan Nirkabel, ikuti langkah-langkah berikut:

– Aktifkan perangkat Anda dan pilih jaringan yang disebut Universitas. 

– Tunggu untuk dialihkan ke halaman web. Itu tidak akan memerlukan kata sandi.

– Terima persyaratan layanan dan masukkan email anda. 

– Jelajahi dengan bebas.

 

2. Ulasan Biografi

Seperti yang muncul dalam buku atau catatan, mereka berisi kutipan ringkasan dari karir penulis, penghargaan penamaan, publikasi dan karir. 

Contohnya:

Gabriel Payares (London, 1982). Penulis Venezuela, Sarjana Seni dan Magister Sastra Amerika Latin, serta Penulisan Kreatif. Dia adalah penulis tiga buku cerita: When the waters fall (Monte Ávila Editores, 2008), Hotel (PuntoCero Ediciones, 2012) dan Lo tidak dapat diperbaiki (PuntoCero Ediciones, 2016). Dia telah mendapatkan penghargaan nasional dan internasional sebagai penulis cerita pendek dan saat ini tinggal di Buenos Aires.

 

3. Deskripsi farmakologis

Selebaran obat merinci isi dan cara penggunaan obat. Mereka tidak menimbulkan interpretasi, tetapi jelas, langsung dan objektif. 

Contohnya:

IBUPROFEN. Analgesik dan anti inflamasi. Diindikasikan untuk pengobatan kondisi yang menyakitkan, dengan peradangan yang signifikan, seperti rheumatoid arthritis ringan dan osteoarthritis atau penyakit muskuloskeletal. Diindikasikan untuk nyeri sedang pada periode pasca operasi, nyeri gigi, dismenore dan sakit kepala.

 

4. Teks ilmiah tertentu

Beberapa di antaranya, seperti entri ensiklopedia, terbatas pada melaporkan status suatu subjek, menampilkan atau menyusun hasil, memeriksa referensi, dan sebagainya. 

Contohnya:

Quasar atau quasar adalah sumber energi astronomi dari urutan elektromagnetik, termasuk frekuensi radio dan cahaya tampak. Namanya adalah singkatan dari "Quasi-Stellar Radio Source" dalam bahasa Inggris.

 

 

5. Brosur informasi

Brosur informasi biasanya berisi informasi kesehatan, nasihat hidup atau konten sosial yang tidak menyisakan ruang untuk debat atau sudut pandang. Mereka biasanya disampaikan di lembaga-lembaga publik dan memenuhi peran pendidikan dan informatif bagi warga negara. 

Contohnya:

Bagaimana cara agar kita terhindar dari DBD? Cara terbaik untuk memerangi demam berdarah, demam chikungunya, dan virus Zika adalah dengan mencegah reproduksi nyamuk yang menularkan penyakit, Aedes aegypti atau “kaki putih”, menghilangkan air limbah dan wadah tempat hujan dapat menggenang, karena serangga membutuhkan air yang tidak bergerak untuk pertumbuhan larvanya.

 

6. Laporan medis

Laporan medis adalah laporan objektif dari proses medis pasien. Mereka berisi secara rinci riwayat pasien dan prosedur yang dilakukan. Mereka berfungsi sebagai masukan untuk keputusan dan pendapat medis. 

Contohnya:

ANAMNESIS

Pasien: José Antonio Ramos Sucre

Umur: 39

Gejala: Insomnia persisten dengan episode psikotik minor yang sering tetapi singkat. Resistensi terhadap sebagian besar obat penenang alami dan ansiolitik kelas I.

Prosedur: Evaluasi neurologis lengkap diminta, penggunaan obat kronis dihentikan.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat