uefau17.com

Doa Penghilang Jerawat dalam Bahasa Arab, Latin, dan Terjemahannya - Hot

, Jakarta Doa penghilang jerawat penting untuk diketahui oleh Muslimah. Jerawat adalah masalah kulit yang sering menyerang banyak orang, baik laki-laki hingga perempuan. Kondisi ini membuat penderitanya menjadi tak percaya diri.

Dikutip dari Mayo Clinic, jerawat adalah kondisi kulit ketika folikel rambut menjadi tersumbat oleh minyak dan sel-sel kulit mati. Ini akan menyebabkan komedo putih, komedo atau jerawat. Jerawat biasanya muncul pada wajah, dahi, dada, punggung atas dan bahu.

Secara medis, jerawat dapat disembuhkan dengan berbagai metode, baik dengan alami maupun perawatan. Namun dalam Islam, ada doa penghilang jerawat yang bisa dilantunkan untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya.

Berikut ulas mengenai doa penghilang jerawat dalam bahasa Arab, Latin dan Terjemahan, serta cara menyembuhkannya secara alami yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (14/4/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Doa Penghilang Jerawat dalam Bahasa Arab, Latin, dan Terjemahannya

Berikut ini bacaan doa penghilang jerawat dalam bahasa Arab. Latin dan terjemahannya yang bisa anda amalkan:

اَللّٰهُمَّ مُطْفِىءَالْكَبِيْرِ وَمُكَبِّرِالصَّغِيْرِ اَطْفِىَٔهَاعَنِّيْ

Arab Latin: Alloohumma muthfi’al kabiiri wa mukbirash shogiiri athfi’haa annii.

Artinya: "Ya Allah dzat yang memudarkan yang besar dan membesarkan yang kecil, maka pudarkanlah (hilangkan) bisul atau jerawat itu dariku.” (HR. An-Nasa’i).

Bacaan doa penghilang jerawat tersebut telah diriwayatkan dari sebagian istri Nabi bahwa Nabi pernah bertanya, “Apakah engkau mempunyai bedak?” Kemudian ia menjawab “Ya”. Beliau lalu berdoa seraya meletakkan bedak tersebut di atas jerawat atau bisul kecil.

Sejatinya, doa penghilang jerawat di atas dapat dilantunkan sebagai usaha secara batin. Imam Nawawi dan sejumlah ulama lainnya telah sepakat bahwa doa tersebut bisa dibacakan sebagai doa permohonan supaya Allah SWT menghilangkan jerawat.

3 dari 4 halaman

2. Cara Menyembuhkan Jerawat Secara Alami

Dikutip dari laman Medical News Today dan Healthline, berikut ini terdapat beberapa cara menyembuhkan jerawat secara alami adalah:

a. Kompres air hangat

Jika komedo putih sudah terbentuk pada jerawat anda, anda bisa mengompresnya dengan air hangat. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu merendam waslap bersih dalam air panas. Setelah itu, usapkan waslap ke jerawat selama 10-15 menit dan anda dapat mengulanginya sebanyak 3-4 kali dalam sehari.

b. Es batu

Apabila anda baru saja memiliki jerawat, anda bisa menggunakan es batu untuk mengatasi jerawat tersebut. Pertama, cuci kulit wajah terlebih dahulu, lalu keringkan menggunakan handuk bersih. Kedua, bungkus es batu dengan kain lalu oleskan ke jerawat selama 5-10 menit. Setelah itu, istirahatkan selama 10 menit dan oleskan lagi selama 5-10 menit. Terakhir, anda bisa menambahkan penggunaan spot jerawat yang mengandung setidaknya 2% benzoil peroksida. Anda bisa melakukan ini sebelum tidur dan mungkin jerawat akan lebih baik pada pagi harinya.

c. Cuka sari apel

Kelebihan menggunakan cuka sari apel sebagai bagian dari cara menyembuhkan jerawat adalah harganya yang terjangkau dan mudah ditemukan. Akan tetapi, menggunakan cuka sari apel juga memungkinkan iritasi pada kulit. Penelitian menyebutkan kemampuan cuka sari apel, yang seperti cuka lainnya dapat melawan banyak jenis bakteri dan jamur.

Asam sitrat pada cuka sari apel disebut dapat membunuh P.acnes dalam hubungannya dengan seng oksida. Anda bisa mencampurkan cuka sari apel dan air dengan perbandingan 1:3. Setelah itu, oleskan pada kulit dengan kapas dan diamkan selama 5-20 detik sebelum dibilas dengan air. Anda bisa mengulanginya 1-2 kali per hari.

d. Masker madu dan kayu manis

Cara menyembuhkan jerawat bisa dilakukan dengan masker madu dan kayu manis. Sebuah penelitian pada tahun 2017 menyebutkan bahwa perpaduan madu dan ekstrak kulit kayu manis dapat bekerja sebagai anti bakteri terhadap P. acnes. Anda bisa mencampurkan dua sendok makan madu dan satu sendok teh kayu manis. Setelah dibersihkan, oleskan masker ke wajah dan biarkan selama 10 hingga 15 menit sebelum akhirnya dibilas.

e. Teh hijau

Kelebihan teh hijau untuk mengatasi jerawat adalah berbagai manfaat yang dimiliki, alami serta mudah dibuat. Pada dasarnya, teh hijau kaya akan antioksidan. Dengan meminumnya dapat meningkatkan kesehatan dan membantu mengurangi jerawat.

Menggunakan ekstrak teh hijau pada kulit secara signifikan dapat mengurangi produksi sebum dan jerawat. Untuk membuat perawatan jerawat dari teh hijau, anda dapat merendamnya dalam air mendidih selama 3 hingga 4 menit. Setelah itu, biarkan sampai dingin dan oleskan pada wajah menggunakan kapas atau dimasukkan ke dalam botol semprot. Biarkan hingga mengering, lalu bilas.

f. Lidah buaya

Lidah buaya mengandung asam salisilat dan belerang, yang bisa digunakan secara luas dalam pengobatan jerawat. Untuk menggunakannya, anda bisa langsung mengikis gel dari tanaman lidah buaya kemudian mengoleskannya pada kulit sebagai pelembab.

4 dari 4 halaman

3. Penyembuhan Jerawat dengan Bahan Alami

g. Minyak copaiba

Bahan yang menjadi bagian dari cara menyembuhkan jerawat selanjutnya adalah minyak copaiba. Minyak ini merupakan antiseptik tradisional dan memiliki sifat anti-inflamasi. Gel topikal minyak copaiba dapat dengan efektif melawan jerawat ringan serta mengurangi peradangan.

h. Kentang

Kandungan beberapa senyawa, seperti kalium, sulfur, fosfor, dan klorida pada kentang dapat mengobati jerawat dan bekasnya. Selain itu, kentang juga memiliki asam azelaic yang bisa mengurangi hiperpigmentasi yang disebabkan oleh jerawat ringan hingga sedang.

Anda dapat menggunakan kentang untuk menghilangkan jerawat dengan cara menghancurkan kentang mentah untuk mengekstrak sarinya. Setelah itu, rendam kapas dengan jus ini dan oleskan ke area bekas jerawat. Biarkan selama 10 menit sebelum dibersihkan.

i. Kunyit

Kunyit termasuk salah satu bahan yang memiliki antioksidan yang baik untuk pertumbuhan sel kulit baru. Selain itu, sifat anti-inflamasi kunyit juga dapat membantu mencegah peradangan jerawat. Kunyit akan membantu mempercepat penyembuhan jerawat sambil menyamarkan bekas jerawat yang ada.

j. Lemon

Lemon dapat membantu memudarkan bekas jerawat seiring waktu. Anda dapat menggunakan lemon dengan memeras jus dari setengah buah lemon dan mencelupkannya ke kapas. Kemudian, oleskan pada area berjerawat dan bilas setelah 10 menit. Anda bisa melakukannya 3-4 kali dalam seminggu. Penggunaan ini tidak disarankan bagi pemilik kulit sensitif karena dapat menyebabkan kemerahan dan iritasi.

k. Jojoba oil

Minyak jojoba dapat membantu mempercepat penyembuhan luka, termasuk lesi jerawat. Minyak yang satu ini juga bisa membantu mengurangi peradangan kulit. Anda bisa mencampur minyak jojoba dengan masker atau dioleskan langsung pada titik jerawat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat