uefau17.com

Sifat-Sifat yang Dimiliki oleh Umar bin Khattab adalah Adil, Cerdas, dan Peduli dengan Rakyatnya - Hot

, Jakarta Sifat-sifat yang dimiliki oleh Umar bin Khattab adalah suatu hal yang perlu dipahami dan diteladani oleh umat Islam. Umar bin Khattab adalah salah seorang sahabat Nabi Muhammad SAW dan Khalifah kedua setelah wafatnya Abu Bakar As-Siddiq.

Umar dilahirkan sekitar 586 M dan terkenal sebagai orang yang tinggi dan kuat, serta piawai menunggang kuda dan bergulat. Sebelum masuk Islam, dia adalah seorang orator ulung, pegulat yang tangguh, dan selalu diminta sebagai wakil sukunya bila menghadapi konflik dengan suku Arab yang lainnya.

Selama masa jabatannya, khalifah Umar amat disegani dan ditakuti negara-negara lain. Umar dikenal dari gaya hidupnya yang sederhana. Khalifah Umar meninggal pada 25 Dzulhijjah 23 H dan selanjutnya digantikan oleh Utsman bin Affan.

Sifat-sifat yang dimiliki oleh Umar bin Khattab adalah adil, penyayang, antusias, cerdas, teguh iman dan selalu sedia membela agamanya. Sifat-sifat tersebut tertanam mantap pada dirinya, tidak tersembunyi bagi orang yang memperhatikannya. (Abbas Mahmoud Al-Akkad, 1978)

Berikut rangkum dari ejournal.umri.ac.id dan berbagai sumber lainnya, Rabu (5/4/2023) tentang sifat-sifat yang dimiliki oleh Umar bin Khattab.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Adil

Sifat-sifat yang dimiliki oleh Umar bin Khattab adalah adil. Umar Bin Khattab adalah orang yang adil, karena dia mewarisi jabatan kadi dari kabilahnya serta orang tuanya. Umar Bin Khattab orang yang adil karena dia merupakan orang yang kuat lagi lurus sesuai dengan tabiatnya. Dia memiliki sifat tidak memihak karena tidak pernah merasa takut.

Pelajaran dan pengalaman telah membantu memantapkan sifat adil pada diri Umar Bin Khattab. Sifat-sifat yang dimiliki oleh Umar bin Khattab adalah adil sebagai yang paling utama. Ia tidak akan ragu untuk memberi hukuman bagi siapapun yang pantas mendapatkannya, begitu pula memberikan pujian. Sifat adil ini tentunya sangat penting dimiliki oleh seorang pemimpin.

 

2. Cerdas

Sifat-sifat yang dimiliki oleh Umar bin Khattab adalah cerdas. Kecerdasan Umar Bin Khattab, merupakan kekuatan jiwa yang potensial, menghasilkan kebijakan-kebijakan melalui ideologi yang cemerlang untuk kemajuan masyarakatnya. Tidak heran, pada masa kekhalifahan Umar, umat Islam berkembang sangat pesat.

Kecerdasaran Umar bin Khattab terlihat dari kepandaiannya dalam tulis menulis dan bidang sastra. Ia merupakan juru tulis Nabi Muhammad SAW dan juga orator yang andal dalam berdiplomasi. Ia bahkan telah memiliki kecerdasan ini sebelum memeluk agama Islam.

3 dari 4 halaman

3. Bertanggung Jawab

Umar sebagaimana pemimpin besar lainnya memiliki rasa tanggung jawab. Dia merasa bahwa Allah SWT akan menghitung segala hartanya. Rasa tanggung jawab Umar tercermin dengan kebijakan pintu terbuka, yaitu menerima setiap orang baik secara formal maupun informal. Sifat-sifat yang dimiliki oleh Umar bin Khattab adalah bertanggung jawab.

Umar mengadakan acara perkumpulan tahunan umat islam dari seluruh wilayah pada saat musim haji untuk mengkritisi beliau. Dia juga membuat kantor pengaduan. Dia juga sering mengunjungi kota-kota lainnya untuk melihat langsung warganya. Rasa tanggung jawab beliau juga sangat nampak dari apa yang beliau lakukan lebih jelas dari pada apa yang dia katakan.

 

4. Pemberani dan Tegas

Sifat-sifat yang dimiliki oleh Umar bin Khattab adalah pemberani dan tegas, namun memiliki hati yang lembut dan penuh kasih sayang. Sikap beraninya membuatnya dijuluki sebagai Singa Padang Pasir. Rasa bijaksana Umar Bin Khattab ini dikenal sangat ditakuti oleh orang yang mengenalnya. Bijaksana pada setiap hal yang harus dipertahankan oleh orang-orang yang mempunyainya.

Sikap pemberani dan tegas, namun tetap penuh kasih sayang yang tertanam dalam diri Umar Bin Khattab merupakan salah satu syarat yang harus dimiliki setiap pemimpin. Beliau memiliki sifat tersebut melalui pengajaran dan latihan yang tidak mengenal lelah, hasil itulah yang diterapkan kepada bawahan, pejabat, dan rakyatnya. Sehingga masyarakat merasa tentram bersama Umar Bin Khattab.

4 dari 4 halaman

5. Hidup Sederhana

Umar dikenal dari gaya hidupnya yang sederhana. Alih-alih mengadopsi gaya hidup dan penampilan para penguasa di jaman itu, ia tetap hidup sebagaimana saat para pemeluk Islam masih miskin dan dianiaya. Sifat-sifat yang dimiliki oleh Umar bin Khattab adalah tetap hidup sederhana walaupun sudah menjadi pemimpin atau khalifah umat Islam.

Bahkan, kehidupan Umar bin Khattab dari sebelum hingga setelah menjadi khalifah tidak berubah. Ia selalu hidup dalam kesederhanaan. Umar bin Khattab tidak khawatir pada seseorang serta tidak pula ingin menandingi orang kaya atau orang yang berkedudukan.

 

6. Setia Mengingat Allah SWT dan Mengikuti Ajaran Rasulullah SAW

Sifat-sifat yang dimiliki oleh Umar bin Khattab adalah loyal terhadap ajaran Nabi Muhammad SAW dengan selalu mengingat Allah SWT. Beliau sangat menghormati, menjunjung tinggi, dan mengikuti ajaran dari Nabi Muhammad SAW. Hal inilah yang membuat Khalifah Umar memiliki keberanian dan ketenangan dalam memimpin umat Islam pada masanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat