uefau17.com

Bagaimana Nabi Muhammad SAW Menyambut Ramadhan? Ini Dalil-Dalilnya - Hot

, Jakarta Nabi Muhammad SAW biasa menyambut bulan Ramadhan dengan penuh kegembiraan dan antisipasi. Dia akan mempersiapkan diri secara fisik, mental, dan spiritual untuk bulan yang penuh berkah dengan meningkatkan ibadah dan doanya. Dalam salah satu sabdanya, Nabi Muhammad SAW bersabda: "Saat Ramadhan dimulai, pintu surga dibuka, pintu Neraka ditutup, dan setan dirantai." Hadits ini menyoroti pentingnya dan berkah bulan Ramadhan.

Nabi Muhammad SAW juga akan mendorong para sahabatnya untuk berpuasa dan memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk mencari pengampunan, rahmat, dan berkah Allah. Dia akan mengingatkan mereka untuk bersikap baik, penyayang, dan beramal kepada orang lain selama bulan ini. Selain itu, dia akan meningkatkan bacaan Al-Quran dan melakukan doa dan permohonan tambahan di malam hari. 

Nabi Muhammad SAW juga akan menekankan pentingnya menghabiskan waktu dalam pengasingan, refleksi, dan introspeksi untuk memperkuat hubungan seseorang dengan Allah. Singkatnya, Nabi Muhammad SAW menyambut bulan Ramadhan dengan sukacita dan antisipasi, dan dia mendorong para sahabatnya untuk memanfaatkan bulan yang penuh berkah ini dengan meningkatkan ibadah, doa, dan perbuatan baik mereka.

Lantas apa saja yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW untuk menyambut datangnya Ramadhan? Berikut ini telah rangkum dari berbagai sumber pada Senin (13/3/2023). Persiapan Nabi Muhammad SAW untuk menyambut Ramadhan dan dalil-dalilnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Persiapan Nabi Muhammad SAW untuk menyambut Ramadhan

Jika kita meninjau pengamatan Nabi tentang sifat bulan yang mendahului Ramadhan. Sudah pasti bahwa cara berpikir Nabi Muhammad SAW akan menonjol karena tingkat kearifan, ilmu dan keimanan-Nya. Perbedaan ini ditambahkan pada kepribadian-Nya. Dia merencanakan semua tindakannya dengan cara terbaik dan menemukan keseimbangan dan jalan tengah yang tepat antara kebutuhan jiwa dan tubuh.

Aisha berkata: “Rasulullah biasa berpuasa sampai kami mengatakan dia tidak berbuka puasa dan berbuka sampai kita mengatakan dia tidak berpuasa, dan aku tidak pernah melihat Rasulullah menyelesaikan puasa sebulan kecuali Ramadhan, dan aku tidak pernah melihatnya lebih banyak puasa di bulan lain daripada di bulan Sya'ban.” 

Diriwayatkan oleh Al-Bukhari, dan dalam sebuah riwayat oleh Muslim: “Dia biasa berpuasa sepanjang Shaban, dia biasa berpuasa Shaban kecuali sedikit. ”Sekelompok ulama, termasuk Ibn al-Mubarak dan lainnya, menyarankan bahwa Nabi, semoga berkah dan damai besertanya, tidak menyelesaikan puasa Shaban, melainkan dia biasa berpuasa sebagian besar.

Sedangkan Usama bin Zaid, berkata: Saya berkata, Wahai Rasulullah, saya belum pernah melihat Anda berpuasa di salah satu bulan Anda berpuasa dari Syaban, jadi dia berkata: “Itu adalah bulan yang dilalaikan manusia, antara Rajab dan Ramadhan, dan bulan yang dinaikkan amalnya kepada Tuhan semesta alam, dan aku suka diangkatnya amal ku saat aku berpuasa. ”

Nabi Muhammad SAW, menunjukkan bahwa Sya'ban datang di antara dua bulan besar, yaitu bulan suci Rajab dan bulan puasa, Ramadhan, dan bahwa orang sering disibukkan dengannya dan mengabaikan Sya'ban. Inilah yang membedakan orang pintar, bahwa mereka berpikir seperti orang berpikir, tetapi mereka tidak melupakan atau mengabaikan cara orang lain mengabaikan sesuatu.

Dapat dipahami pula dari sabdanya, keinginan untuk memanfaatkan waktu-waktu yang paling banyak diabaikan orang dalam ibadah. Hal ini dapat ditelusuri kembali pada perilaku para pendahulu, mereka akan melakukan sholat sunnah selama jeda antara dua sholat malam, dan akan mengatakan itu adalah jam kelalaian. 

3 dari 4 halaman

Puasa Nabi Muhammad SAW di Bulan Sya'ban 

Beberapa ulama menyimpulkan makna dari seringnya puasa di bulan Sya'ban, beberapa aturan dan tujuan adalah :

1. Nabi Muhammad SAW selalu sibuk dengan kegiatan lain, baik itu perjalanan atau hal-hal lain, dan tidak bisa menjalankan puasa tiga hari setiap bulan. Dia akan menggunakan bulan Sya'ban untuk mengqodho mereka.

2. Dikisahkan bahwa para wanitanya biasa mengqadha puasa Ramadhan di bulan Sya’ban, maka dia pun berpuasa untuk itu. Dan jika dia memasuki Sya'ban dan memiliki sisa puasa wajib untuk membayar, dia akan berpuasa di bulan Sya'ban sampai dia menyelesaikan puasa sunnahnya sebelum awal Ramadhan. Diriwayatkan bahwa Aisyah pada saat itu akan membayar kembali hari-hari wajib Ramadhannya yang terlewat, karena ketidakmampuannya untuk berpuasa selama menstruasi.

3. Nabi Muhammad SAW juga mengatakan sebagai bagian dari kebijaksanaan di balik praktik: “Ini adalah bulan yang diabaikan orang,” dan ini lebih mungkin karena hadits Usama sebelumnya disebutkan, di mana: “Ini adalah bulan orang lalai antara Rajab dan Ramadhan,” diriwayatkan oleh Al-Nasa'i.

4. Puasa di bulan Sya'ban seperti melakukan puasa Ramadhan; menghindari stres yang datang hari Ramadhan puasa tanpa persiapan yang tepat. Dia akan berlatih puasa dan menjadikannya kebiasaannya, sehingga dia akan memasuki Ramadhan dengan kekuatan dan semangat. 

Dan karena Sya'ban itu seperti pengantar Ramadhan, maka di dalamnya ada sesuatu yang terjadi di bulan Ramadhan, seperti puasa, membaca Al-Qur'an dan sedekah, Salamah bin Suhail menyebutkan bahwa: Diketahui bahwa bulan Sha 'Larangan adalah bulan para qari. Habib bin Abi Tsabit ketika Sya'ban masuk, dia akan berkata: Ini adalah bulan para qari. Menurut Amr bin Qais al-Mula'i, jika Sya`ban masuk dia akan menutup bisnisnya dan mengabdikan dirinya untuk membaca Al-Qur'an, dan biasa berkata: Berbahagialah dia yang memperbaiki dirinya sebelum Ramadhan

Ibnu Rajab al-Hanbali, mengatakan: Puasa Syaban lebih baik daripada puasa bulan-bulan suci, dan yang terbaik adalah yang dekat dengan Ramadhan sebelum dan sesudahnya, dan statusnya dalam puasa seperti sukarela shalat-shalat yang terkait dengan shalat-shalat wajib sebelum dan sesudahnya. Mereka melengkapi penyimpangan tugas wajib, serta puasa sebelum dan sesudah Ramadhan. Karena sunnah yang terkait ini lebih baik daripada shalat sunnah yang mutlak, maka puasa sebelum dan sesudah Ramadhan lebih baik daripada puasa selain itu.

4 dari 4 halaman

Dalil Lain Tentang Bagaimana Nabi Muhammad SAW Menyambut Ramadhan

Berikut ini beberapa hadits tentang bagaimana Nabi Muhammad SAW menyambut Ramadhan:

Diriwayatkan oleh Abu Huraira (RA): Rasulullah (SAW) bersabda, "Ketika bulan Ramadhan dimulai, pintu surga dibuka dan pintu neraka ditutup, dan setan dirantai." (Sahih Bukhari)

Diriwayatkan oleh Abu Huraira (RA): Rasulullah (SAW) bersabda, "Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadhan dengan iman dan mencari pahala dari Allah, akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (Sahih Bukhari)

Diriwayatkan oleh Abu Huraira (RA): Rasulullah (SAW) bersabda, “Ketika malam pertama Ramadhan tiba, setan dan jin pemberontak dirantai, pintu surga dibuka, dan tidak ada satu pun pintunya yang tertutup. Neraka ditutup, dan tidak ada satu pun pintunya yang dibuka. Dan seorang pemanggil memanggil, 'Wahai pencari kebaikan, mendekatlah!' Dan 'Wahai pencari kejahatan, berhenti sebentar!' Dan Allah memiliki orang-orang yang Dibebaskan dari Neraka, dan itu setiap malam.” (Tirmidzi)

Diriwayatkan oleh Abu Huraira (RA): Rasulullah (SAW) bersabda, "Ramadhan telah datang kepadamu. (Ini adalah) bulan yang penuh berkah, di mana Allah menutupimu dengan berkah, karena Dia menurunkan rahmat, mengurangi dosa dan mengabulkan doa Di dalamnya, Allah melihat pesaing Anda (dalam perbuatan baik), dan membanggakan tentang Anda kepada malaikat-Nya. Jadi, tunjukkan kebaikan Allah dari diri Anda, karena orang yang malang adalah orang yang dirampas (bulan ini) dari rahmat Allah , Yang Perkasa lagi Maha Tinggi." (Tabarani)

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah (RA): Rasulullah (SAW) bersabda, "Ada tiga orang yang doanya tidak ditolak: orang yang berpuasa saat berbuka, penguasa yang adil, dan doa orang yang tertindas; Allah mengangkatnya di atas awan dan membuka gerbang surga untuk itu. Dan Tuhan berkata: 'Dengan kekuatan saya, saya pasti akan membantu Anda, bahkan jika itu harus setelah beberapa saat.'" (Tirmidzi)

Hadits ini menyoroti pentingnya dan berkah Ramadhan dan bagaimana Nabi Muhammad SAW menyambut bulan suci ini dengan kegembiraan dan rasa syukur.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat