uefau17.com

Yang Tidak Diperbolehkan dalam Melakukan Gerakan Jalan Cepat adalah? Pahami Aturannya - Hot

, Jakarta Yang tidak diperbolehkan dalam melakukan gerakan jalan cepat adalah gerakan yang menyalahi aturan dalam jalan cepat. Jalan cepat sendiri merupakan salah satu cabang olahraga yang dalam aturannya tidak diperbolehkan dilakukan dengan langkah melayang atau membuat lompatan, dimana kaki harus tetap diatas tanah sekurang-kurangnya satu kaki harus selalu menginjak tanah.

Dari aturan tersebut dapat disimpulkan bahwa gerakan yang tidak diperbolehkan dalam melakukan gerakan jalan cepat adalah langkah melayang dan melompat. Selain dua gerakan ini, terdapat satu gerakan lagi yang yang tidak diperbolehkan dalam melakukan gerakan jalan cepat yaitu langkah kaki menyilang.

Hal ini karena jalan cepat adalah gerak maju dengan melangkah tanpa adanya langkah atau hubungan yang terputus dengan tanah. Jadi setiap kali melangkah, kaki depan harus menyentuh tanah sebelum kaki belakang meninggalkan tanah. Selain itu, saat kaki berada di tanah, kaki harus lurus dan tumpuan kaki juga dalam posisi tegak lurus. 

Untuk lebih memahami bagaimana olahraga jalan cepat dilakukan, berikut ini rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (18/1/2023). Pengertian Jalan cepat, sejarah cabang olahraga jalan cepat, serta aturan dan langkah-langkah melakukan jalan cepat.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Apa Itu Jalan Cepat ?

Apa Itu Jalan Cepat ?

Jalan Cepat adalah cabang olahraga lari kaki yang diklaim lebih sulit dari lari dan merupakan ujian konsentrasi dan daya tahan seorang atlet. Pertandingan olahraga jalan cepat biasanya berlangsung di jalan raya atau jalur lari dan bervariasi dari 3000 m hingga 100 km. 

Dua lomba lari jarak jauh yang dipertandingkan pada Olimpiade Musim Panas adalah:

1) Lomba lari 20 kilometer – Untuk pria dan wanita

2) Lomba lari 50 kilometer – Hanya untuk pria

Tujuan utama para peserta dalam olahraga ini adalah untuk berjalan dengan cepat menuju garis finis. Jalan cepat sangat populer di Uni Soviet dan sebagian besar peserta yang berpartisipasi dalam kompetisi tersebut berasal dari China, Korea, Jepang, Kazakhstan, Singapura, Malaysia, Vietnam, Thailand, India, Australia, Rusia, Australia, Rusia, dan lainnya.

 

Peralatan Jalan Cepat 

1) Kaos

Atlet mengenakan T-shirt atau atasan ringan, longgar, tanpa lengan atau lengan pendek yang menyerap keringat dan membuatnya tetap sejuk.

2) Celana pendek

Celana pendek yang longgar dan ringan dikenakan oleh atlet yang terbuat dari serat yang dapat bernapas untuk menghindari gesekan.

3) Sepatu

Atlet memakai sepatu ringan bersol tipis dengan tumit empuk yang mengurangi gesekan dengan tanah.

3 dari 5 halaman

Sejarah Jalan Cepat

Sejarah Jalan Cepat

Jalan cepat berakar dari abad ke- 17 dan ke-18 . Pesaing pertama adalah bujang yang akan berlari dan berjalan di sisi pelatih tuannya. Olahraga menjadi aktivitas profesional yang semakin populer selama abad ke-19 ketika dikenal sebagai 'Pejalan Kaki'. Perlombaan jalan cepat pertama kali muncul di Olimpiade pada tahun 1904 dengan perlombaan setengah mil yang merupakan bagian dari 10 acara 'kejuaraan serba bisa', nama sebelumnya decathlon. 

Diawali dengan perlombaan individu, awalnya jarak yang lebih pendek yang telah menjadi umum saat ini diperkenalkan di Pertandingan Selingan 1906, Athena, Yunani dan berharap Pertandingan Amsterdam 1928 ini telah dimasukkan dalam Pertandingan Olimpiade dan Kejuaraan Dunia sejak saat itu.

1. Lomba jalan cepat sejauh 20 kilometer adalah jarak terpendek dalam program jalan cepat kejuaraan internasional dan secara tradisional diadakan di jalur jalan melingkar.

Sejarah Jalan Cepat 20 km

Lomba lari 20 km telah dipertandingkan untuk putra di Olimpiade sejak 1956 sedangkan untuk putri berkompetisi untuk pertama kalinya di Olimpiade 1992 , awalnya lebih dari 10 km. Tapi, kemudian dilanjutkan dengan jarak 20 km di Olimpiade Sydney 2000. China telah menjadi salah satu negara yang dominan dalam lomba lari 20 km akhir-akhir ini, memenangkan empat dari enam medali putra yang tersedia di Olimpiade 2012 dan 2016.

2. Jalan cepat 50 Kilometer adalah acara lomba lari atletik terlama di Program Olimpiade dan secara tradisional diadakan di lintasan jalan melingkar.

Sejarah Jalan Cepat 50 km

Lari lari 50 km putra menjadi bagian dari Pertandingan Olimpiade sejak 1932 diharapkan pada Olimpiade 1976 di Montreal sedangkan wanita pertama kali berkompetisi di Kejuaraan Atletik Dunia 2017 diadakan di London untuk lari lari 50 km. Selain itu, lomba jalan kaki 50 km untuk wanita tidak ditampilkan sebagai bagian dari Program Olimpiade Tokyo 2020. Pejalan kaki 50 km terbaik dalam sejarah adalah Robert Korzeniowski dari Polandia yang telah memenangkan hat-trick gelar Olimpiade yang menakjubkan dari tahun 1996-2004.

4 dari 5 halaman

Teknik Jalan Cepat

Lintasan Jalan Cepat 

Perlombaan Jalan Cepat biasanya diadakan di jalan raya dimana perlombaan dimulai dari titik awal di stadion sampai titik akhir di stadion. Balapan jalan kaki dilakukan di musim panas sebagai acara jalan raya di mana para pejalan kaki membuat dua atau tiga sirkuit di trek sebelum meninggalkan stadion.

Seluruh jalur adalah satu putaran yang dilalui para atlet hingga mereka mencapai kilometer yang diperlukan. Perlombaan seperti untuk 10 km dijalankan dalam putaran hingga 1,5 km, sedangkan putaran untuk 20 dan 50 km dapat mencapai panjang maksimal 2,5 km.

Jalan cepat juga dapat dilakukan di lintasan lari karena permukaannya yang konsisten. Treknya dilapisi karet agar permukaannya seragam dan tidak terputus. Setiap jalur di lintasan memiliki lebar sekitar 122 cm dan panjang lintasan berkisar antara 200 m hingga 400 m.

 

Permainan dan Teknik Jalan Cepat 

Perlombaan berjalan melibatkan teknik yang sangat sulit yang digunakan atlet untuk bergerak maju secepat mungkin tanpa berlari. Tekniknya berbeda untuk jalan menanjak dan menurun. Saat memanjat, pejalan kaki memiringkan tubuh ke depan, mempersingkat langkah dan menekuk lengan sedikit lebih banyak serta menggunakannya lebih sedikit untuk menghemat energi dan kecepatan.

Sedangkan saat turun mereka bersandar, memanjangkan langkah dan menurunkan lengan bawah serta menggunakannya lebih banyak agar tetap menyentuh tanah. Berikut ini langkah-langkah yang harus diikuti untuk Jalan cepat yang baik dan benar : 

1) Relaksasi

Pada langkah pertama atlet mencoba untuk tetap sesantai mungkin dan menjaga tubuh bagian atas dalam posisi lurus untuk keseimbangan saat berjalan.

2) Propulsi

Pada langkah ini atlet mendorong kaki belakangnya dan merentangkan kaki lainnya ke depan dengan ayunan pinggul yang menyebabkan rotasi pinggul yang biasanya terlihat pada jalan cepat. Gerakan lengan yang energik memberikan amplitudo langkah maksimum karena membantu keseimbangan saat beban dipindahkan.

3) Kedua kaki di tanah

Pada langkah ini atlet meletakkan kaki lainnya di tanah sebelum kaki belakang meninggalkan tanah. Selain itu, pastikan kaki ditempatkan sedemikian rupa sehingga saling berhadapan membentuk garis lurus.

4) Tarik

Pada langkah terakhir atlet menggunakan otot kaki bagian atasnya untuk memindahkan pusat gravitasinya untuk menggerakkan tubuhnya ke depan. Biasanya, pejalan kaki elit berjalan lebih cepat dari 15 km per jam.

5 dari 5 halaman

Skor Jalan Cepat

Skor Jalan Cepat 

Atlet yang mencapai garis finish terlebih dahulu dinyatakan sebagai pemenang. Para Juri mengamati pejalan kaki dengan sangat hati-hati seperti:

1) Jika seorang peserta tidak melangkah dengan kaki lurus atau kehilangan kontaknya dari tanah lebih dari dua kali maka peserta tersebut didiskualifikasi.

2) Jika juri melihat pelanggaran untuk pertama kali maka peserta cukup diberi peringatan dan dibiarkan tetapi pada pelanggaran kedua maka peringatan diskualifikasi dipasang di papan yang terlihat oleh semua peserta. Tapi, jika tiga juri mendakwa seorang atlet dengan pelanggaran maka ini mengarah pada diskualifikasi.

 

Aturan Jalan Balap

Ada dua aturan berjalan utama dalam olahraga Jalan Cepat yaitu : 

1. Satu kaki harus bersentuhan dengan tanah sepanjang waktu 

2. Kaki penyangga harus lurus, tidak ditekuk di lutut, dari saat kaki menyentuh tanah sampai kaki penyangga lewat di bawah badan.

 

Diskualifikasi Jalan Cepat 

Terdapat tiga kartu merah dari tiga juri yang berbeda dan ada tiga pelanggaran peraturan yang dapat menyebabkan seorang atlet didiskualifikasi dari perlombaan.  

1. Kartu merah

Diberikan oleh juri jika ia percaya bahwa atlet tersebut melanggar aturan, baik aturan lutut atau aturan  kontak . Tidak ada juri yang boleh menyerahkan lebih dari satu kartu untuk setiap atlet. Papan skor yang ditempatkan di lapangan menunjukkan status pelanggaran para atlet.

2. Paddle Merah

Ditunjukkan oleh ketua juri kepada seorang atlet sebagai tanda diskualifikasi  jika ia yakin bahwa atlet tersebut melanggar peraturan dalam jarak 100 m terakhir pertandingan, terlepas dari jumlah kartu merahnya.

3. Paddle Kuning

Hal ini diperlihatkan kepada atlet ketika seorang juri tidak puas bahwa dia berjalan sesuai aturan. Itu adalah tanda peringatan dan tidak berkontribusi pada diskualifikasi atlet. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat